Siapa tak mengakui keindahan pantai di Gunungkidul? Salah satunya ialah Pantai Sarangan. Pantai ini mempunyai garis pantai yang pendek sekitar 200 meter dan berbentuk sedikit melengkung. Di sebelah kanan dan kirinya, terdapat tebing yang membuat daya tarik pantai ini semakin memancar. Meskipun tidak terlalu ramai, pantai Sarangan juga tidak terlalu sepi. Karakteristik pantai ini seperti pantai Krakal; berpasir putih bersih serta bebatuan di pinggir pantai. Biasanya, pengunjung bermain-main air dan mencari ikan-ikan kecil. Gelombang di pantai ini pun tidak terlalu besar, tidak seperti pantai baron dan Krakal. Pada saat pantai surut, karang-karang di sekitar pantai terlihat jelas dan berserakan. Ikan-ikan kecil yang berenang juga tampak cantik. Akan tetapi, pengunjung harus berhati-hati pada saat bermain-main di Pantai Sarangan.

Nah, bila ingin menikmati indahnya matahari terbit maupun tenggelam di Pantai Sarangan, maka pengunjung harus naik ke Puncak Bukit Giri dan Jujugan. Kedua bukit yang tinggi dan ditumbuhi tumbuhan liar ini mengapit Pantai Sarangan. Nah, dari Bukit Giri, para pengunjung juga bisa menikmati indahnya Pantai Krakal dan Sundak. Sedangkan, dari Bukit Jujugan, pengunjung bisa memancing di pinggir tebing karang sembari merasakan suasana pantai. Selain itu, pamtai yang jernih ini biasanya digunakan untuk camping bersama teman dan keluarga, menikmati panorama, menghidup udara laut, dan melepaskan beban sejenak. Nah, hal yagn perlu diperhatikan ialah harus selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam sekitarnya. Sehingga, Pantai Sarangan ini bisa tetap terjaga keindahannya.

Meskipun lokasi Pantai Sarangan jauh dari pusat kota, jalan menuju ke sana sudah cukup bagus. Alamat tepatnya di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Harga tiket masuk pantai ini pun murah, yakni sebesar 10.000,- rupiah per orang. Biaya ini termasuk tiket masuk ke pantai lain di sekitarnya, yakni Baron, Pok Tunggal, dan lain sebagainya. Sedangkan, untuk biaya parkir, pengunjung dikenakan biaya sebesar 3.000,- rupiah untuk sepeda motor, 5.000,- untuk mobil, dan 15.000,- untuk minibus. Dari segi fasilitas, pantai ini sudah memilliki fasilitas yang cukup lengkap yang membuat pengunjung nyaman, di antaranya warung makan, toilet umum, gazebo, area camping, penginapan, tempat parkir, dan tempat ibadah.

Jika ingin mengunjungi Pantai Sarangan atau destinasi wisata lainnya di Jogja, segera pesan paket wisata Jogja di campatour.com.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply