7 Tips Mengunjungi Pantai Siung Supaya Mendapatkan Foto Terbaik

Siapa tak kenal Pantai Siung? Kini, pantai ini terkenal dengan keindahannya di jajaran pantai di Gunungkidul. Pantai yang bersih, hamparan pasir putih, dan tanaman pandan di pinggir pantai membuat turis domestik maupun mancanegara tertarik.Terletak di antara batuan besar beserta pegunungan, Pantai Siung menawarkan keindahan yang alami dan olah raga panjat tebing. Pengunjung bisa menaiki bukit di sebelah timur pantai. Di sana, terdapat jalan setapak yang telah diperbaiki oleh pengelola, sehingga memudahkan dan mampu menuntun pengunjung menuju bukit.

Dari atas bukit, Pantai Siung terlihat kecil. Meskipun begitu, pengunjung dapat melihat panorama pantai dan sekitarnya yang eksotis, seperti tanaman padi milik warga Purwodadi dan laut lepas biru yang bersih. Angin sepoi yang khas di atas bukit ini juga mampu membangkitkan suasana pantai. Jangan lupa untuk berfoto guna mengabadikan moment ini. Kembali lagi ke pantai, pengunjung bisa bermain air dan pasir. Lantaran terdapat karang datar di sepanjang pantai, berenang di pantai ini cukup aman, kok. Kedalaman airnya saja hanya sekitar 1 meter pada bagian tepi. Mengasyikkan, bukan?

Nah, ada yang unik di Pantai Siung, yakni bebatuan dan pegunungannya. Bebatuannya berbentuk runcing dan tajam. Dari bebatuan inilah, nama Pantai Siung berasal. Pasalnya, ada bebatuan besar seperti gigi kera atau Siung Wanara. Sehingga, terciptalah nama Pantai Siung. Hingga kini, batu itu menjadi ikon pantai ini. Ingin camping di Pantai Siung? Bisa, kok. Pasir putihnya bisa menjadi kasur alami. Bahkan, pada akhir pekan, biasanya banyak pencinta alam yang berkemah di sini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kelestarian dan kebersihannya, ya. Untuk berkemah di sini, pengunjung dikenakan biaya sebesar 10.000,- rupiah.

Rute Menuju ke Pantai Siung

Pantai Siung berada di Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, DIY. Jika Anda dari Kota Yogyakarta Anda bisa mengambil arah ke Kota Wonosari melalui jalan ring rod selatan atau melalui jalur tengah yaitu perempatan SGM, dilanjut ke Kebun Binatang lalu kearah ring road timur dan tembus jalan wonosari. Kemudian ikuti jalan menuju ke Kota wonosari, setelah kota belok ke kanan dan ikuti petunjuk arah ke pantai-pantai Gunung Kidul atau Kecamatan Tepus.

Harga Tiket Pantai Siung

Untuk memasuki pantai ini, pengunjung harus membayar tiket sebesar 10.000,- per orang. menariknya, harga tersebut sudah termasuk untuk wisata di Pantai Jogan dan Nglambor. Sedangkan, untuk biaya parkit, pengunjung hanya membayar sebesar 2.000,- rupiah untuk motor, 5.000,- rupiah untuk mobil, dan 10.000,- rupiah untuk bus.

Fasilitas di area Pantai Siung

Fasilitas di pantai ini sudah memadai, di antaranya penyewaan penginapan murah mulai dari harga 150.000/kamar hingga 350.000/kamar sesuai dengan fasilitas penginapan, biasanya jika full Anda bisa menginap di pondok pemajat berupa rumah panggung. Sejumlah rumah makan yang menyajikan aneka kulineran khas Gunung Kidul seperti sego abang, seafood dan tentunya yang banyak tersedia adalah olahan mie instand dan kelapa muda. Area tersebut juga tersedia kamar mandi atau kamar bilas dan toilet, area parkir luas, mushala, dan pendopo. Anda bisa menyewa pendopo untuk berbagai kegiatan gathering atau kegiatan seperti outbond dan tentunya harus izin dengan pihak pengelola pantai Siung.

Tips Berkunjung ke Pantai Siung Agar Mendapatkan Foto Terbaik

  1. Usahakan Mengambil Momen sunset karena itu moment terindah di Pantai Siung
  2. Datang saat bulan kemarau karena keindahan langit yang cerah menambah hasil foto anda semakin cantik
  3. Explore dan hunting foto melalui sisi tebing agar mendapatkan foto panorama yang keren
  4. Bawa Kamera yang tepat seperti miroles atau dslr yang tepat pengaturannya
  5. Jika Anda mempunyai drone akan semakin baik untuk mengambil sisi-sisi yang sulit jika memakai kamera darat
  6. Tentukan baju yang sesuai dengan tema pantai agar menambah foto semakin keren
  7. Rame-rame agar lebih aman dan yang pasti bisa bantu fotoin.
    Jika tertarik dan ingin mengunjungi Pantai Siung atau destinasi wisata lainnya di Jogja, segera pesan paket wisata Jogja di Campa Tour.
    Jika Anda menginginkan beberapa paket tour jogja bisa dipilih di tautan sebagai berikut:
    1. Paket Tour Jogja 3H2M Pantai Timang Murah
    2. Paket Tour Jogja 3H2M promo
    3. Paket Tour Jogja 3h2m Super Murah (Rafting Sungai Elo)
    4. Paket Tour Jogja 4h3m Gua Jomblang Diskon
    5. Paket Tour Jogja 4H3M Murah (Pantai Timang dan Wedi Ombo)

     

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply