Persiapan Liburan Bersama Keluarga di Pulau Sabang
image of 1140x530

Persiapan Liburan Bersama Keluarga di Pulau Sabang


Sabang merupakan salah satu pulau di Indonesia yang dikenal karena digunakan pada sebuah lagu kebangsaan Indonesia. Pulau yang terletak di ujung Barat ini merupakan titik 0 km di Indonesia. Jangan salah meskipun terletak di bagian terluar Indonesia, Pulau Sabang memiliki banyak destinasi wisata. Sebenarnya Sabang merupakan nama kota, sedangkan pulaunya sendiri bernama pulau Weh. Beikut ini beberapa tips wisata  keluarga di pulau Sabang.


Banyak hal menarik di pulau Sabang. Pulau kecil yang hanya memiliki satu kota ini merupakan Kota Tingkat II yang tidak memiliki traffic light. Di sini kendaraan bisa berjalan bebas tanpa harus takut macet, karena memang kawasannya yang tidak terlalu besar dan jumlah kendaraan yang tidak terlalu banyak. Sabang kini dikenal sebagai destinasi wisata. Kini di jalan-jalan utama banyak wisatawan yang berkeliling kota baik menggunakan sepeda, motor, atau mobil.

Cara Menuju Pulau Sabang

Bandara Sultan Iskandar Muda yang berada di Banda Aceh merupakan akses terdekat untuk mencapai pulau Sabang melalui jalur transportasi udara. Dari Banda Aceh anda bisa langsung ke pelabuhan untuk melanjutkan penyeberangan ke pulau Sabang. Untuk menyebrang sampai ke Pulau We, ada dua macam kapal penyeberangan yaitu kapal cepat dan kapal biasa.

Kapal Ferry Cepat yang bernama Bahari Express melayani penyeberangan dari Banda Aceh menuju Sabang. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke tujuan hanyalah 45 menit. Untuk tiketnya dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas Ekonomi seharga Rp 75.000, kelas Eksekutif Rp 85.000 dan kelas VIP seharga Rp 105.000.

Tips wisata  keluarga di Pulau Sabang adalah jika anda akan bepergian bersama keluarga, anda bisa memiliki kelas VIP. Pada kelas ini anda akan disediakan ruangan beserta tempat tidur dan televisi. Sedangkan untuk kelas ekonomi dan eksekutif berupa tempat duduk biasa. Jam keberangkatan kapal ini ada setiap hari dua kali yaitu pukul 9.30 serta 16.00. Akan tetapi pada musim liburan, kapal ini akan berangkat lebih pagi yaitu sekitar pukul 8.00.

Untuk penyeberangan dengan kapal biasa membutuhkan perjalanan waktu yang lebih lama yaitu sekitar 2 jam perjalanan. Namun harga tiketnya lebih terjangkau yaitu hanya Rp 25.000. Kapal ini berangkat dua kali setiap harinya melayani perjalanan pulang pergi pada pukul 11.00 dan pukul 16.00. Nah jika anda ingin tempat yang nyaman, kapal ini menyediakan ruangan VIP dengan harga Rp 50.000.

Kedua kapal cepat atau kapal biasa tersebut memiliki geladak di lantai atas kapal. Selama perjalanan anda bisa menikmati keindahan lautan dan jika beruntung anda bisa menyaksikan lumba-lumba.

Berkeliling di Pulau Sabang

Sesampainya di pulau Sabang, anda akan diturunkan di pelabuhan Balohan. Di sini ada tiga moda transportasi yang anda pilih yaitu becak, motor atau mobil. Jika anda tidak buru-buru tips wisata keluarga di pulau Sabang, becak bisa menjadi pilihannya. Anda bisa menikmati perjalanan selama menuju ke kota. Tapi jika barang bawaan anda dan anggota keluarga anda terlalu banyak, menyewa mobil bisa menjadi pilihan tepat. Untuk becak tarifnya sekitar Rp 20.000 hingga Rp 50.000. Sedangkan untuk mobil kisarannya dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000 tergantung tujuan akhir anda.

Penginapan di Pulau Sabang

Tips wisata keluarga di Sabang selanjutnya adalah memilih penginapan. Ada beberapa rekomendasi penginapan yang ada di Sabang yang cocok untuk anda beserta keluarga. Yang pertama adalah penginapan yang berada di dekat Pantai Gapang. Penginapan yang bernama Gapang Beach Resort ini menawarkan fasilitas yang lengkap dengan kamar yang nyaman. Lokasinya berada di Jalan Sabang 1B. Dari resort ini anda tidak membutuhkan transportasi lagi untuk sampai di kawasan pantai di pulau Sabang. Selain di pantai Gapang, terdapat penginapan juga di Pantai Iboih yang bernama Fina Bungalow. Resepsionis yang buka 24 jam memudahkan anda untuk check in sewaktu-waktu.

Nah untuk rekomendasi kedua adalah Hotel Bintang 3 yang terkangkau yang bernama Nagoya Inn Sabang. Hotel yang berada di lokasi Jalan Cut Mutia No 34 ini berada di kawasan yang strategis, meskipun tidak dekat dengan kawasan pantai. Berada di tengah kota, anda bisa mendapatkan harga terjangkau dengan fasilitas murah, selain itu transportasi juga mudah anda dapatkan dari sini seperti becak, motor, atau persewaan mobil.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply