Pesona Bahari di Pulau Terluar Indonesia
image of 1140x530

Sebelum membahas lebih dalam tentang spot diving di Morotai, akan saya jelaskan sedikit tentang Morotai. Morotai merupakan salah satu pulau di Indonesia yang letaknya berada paling utara. Pulau Morotai masuk ke dalam Halmahera Kepulauan Maluku Timur.

Bentang Pulau Morotai ini adalah 1.800 kilometer persegi. Dari utara ke selatan, luasnya sekitar 80 kilometer dan dari timur ke barat bentangnya sekitar 42 kilometer. Di pulau ini terdapat kota besar yang bernama kota Daruba. Lokasinya sendiri berada di bagian pantai selatan pulau. Sebagian besar aktivitas diving di Morotai berada di kota ini. Sebagian besar pemukiman dan desa-desa yang berada di Pulau Morotai ini merupakan pemukiman pesisir. Dari antar pemukiman tersebut dihubungkan dengan jalan-jalan aspal yang juga melewati Daruba sampai ke bagian pesisir timur pulau. Di bagian timur ini terdapat kota utama bernama Berebere. Jarak dari Berebere hingga Daruba sekitar 68 kilometer. Diantara pulau Morotai dan Halmahera terdapat selat Morotai sepanjang 10 kilometer.

Wisata Bahari di Morotai

Morotai sampai saat ini terkenal dengan wisata baharinya. Oleh karena itu banyak penyedia wisata seperti snorkeling dan diving di Morotai. Sudah banyak wisatawan lokal hingga mancanegara mengunjungi spot-spot diving di Morotai. Selain keindahan alam bahari, beberapa spot diving di sana juga terdapat saksi sejarah perang dunia ke II yaitu bangkai-bangkai kapal dan pesawat tempur yang tenggelam di dasar laut.

Wisata yang dapat anda temukan tidak hanya di pulau utama Morotai, namun juga bisa ada temukan di pulau-pulau kecil di sekitar pulau utama. Berikut ini lokasinya.

Pulau Sumsum

Pulau sumsum ini merupakan salah satu pulau yang memiliki panorama alam yang indah namun juga menyimpan banyak saksi sejarah. Di pulau inilah dahulu pernah dijadikan markas serta tempat istirahat Jendral Douglas Mac Arthur. Jendral tersebut merupakan pemimpin dari pasukan sekutu pada kawasan Asia Pasifik. Oleh karena itu pulau Sumsum juga dikenal sebagai Mac Arthur Island.

Selain nilai sejarah, pulau ini dikelilingi dengan pantai pasir putih yang cantik. Kemudian lautnya juga tak kalah cantik, dimana perairan yang jernih dan bersih. Cocok untuk lokasi snorkeling ataupun diving.

Pulau Dodola

Pulau kedua yang merupakan salah satu spot snorkeling dan diving terbaik yang bisa anda temukan di Morotai adalah Pulau Dodola. Pulau ini memiliki sebutan sebagai mutiara di bibir pasifik. Sebutan tersebut diberikan bukan tanpa karena alasan. Pulau ini sangat unik, dimana ketika laut pasang seolah terlihat dua pulau, yaitu Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil yang berjarak 500 meter. Akan tetapi saat laut surut kedua pantai tersebut akan terhubung menjadi satu. Dasar laut yang dangkal seolah menjadi daratan dengan pasir putih yang cantik. Pada pukul 10.30 hingga 19.00 adalah waktu dimana kedua pulau tersebut menyatu. Terdapat “jembatan” yang seolah seperti rangkaian kristal putih yang sesekali berdebur ombak kecil dari samping kiri-kanan. Di Dodola besar terdapat beberapa pondok kecil yang disiapkan bagi wisatawan. Anda bisa menikmati keindahan laut disekitar pulau Dodola baik dengan snorkeling ataupun diving. Hal inilah yang menjadi pulau Dodola menjadi salah satu spot cantik diving di Morotai.

Spot Diving Utama

Jika anda menginginkan diving yang lebih seru dan menantang, terdapat 28 spot diving di Morotai untuk anda. Hampir di sepanjang pesisir pulau Morotai terdapat spot diving. Akan tetapi spot yang paling banyak adalah di sekitar pesisir selatan hingga pesisir timur. Di situlah terdapat beragam pesona bahari seperti karang-karang cantik beserta para penghuninya.

Akan tetapi masih ada daya tarik utama dari spot-spot diving tersebut di lautan Morotai. Sebagai saksi sejarah, banyak di beberapa titik spot diving di Morotai terdapat bangkai kapal dan pesawat tempur. Salah satu uang paling terkenal peninggalan perang dunia II adalah bangkai pesawat jenis Bristol Beuford yang dulu miliki Australia. Pesawat tersebut tenggelam di kedalaman 40 meter. Sedangkan di sekitar Dodola dan Buho duko terdapat pesawat sekutu dan mobil jib. Kemudian terdapat beberapa spot diving yang merupakan taman laut seperti di Dodola, Sumsum, Rao dan Pulau Lungu Lungu.

 

 

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply