Pesona Labengki dan Sombori di Kendari
image of 1140x530

Kota Kendari, Sulawesi Tenggara memang cukup terkenal dengan obyek wisata bawah lautnya, Wakatobi. Taman Nasional Wakatobi memang mampu menarik minat para wisatawan untuk berkunjung  karena merupakan salah satu tempat yang diprioritaskan dalam konservasi laut di Indonesia. Akan tetapi Kendari tak hanya mempunyai Wakatobi. Faktanya masih banyak destinasi wisata lain yang tidak kalah mengagumkan dari Wakatobi yang telah terkenal tersebut.

Pulau Labengki dan Sombori memang masih belum sepopuler Wakatobi. Banyak wisatawan lokal maupun asing yang belum mengenal Labengki dan Sombori. Untuk menuju ke Pulau Labengki dan Sombori para wisatawan bisa berangkat lewat Pelabuhan Kendari. Yang unik adalah adat saat buang air kecil penduduk sekitar dimana mewajibkan memakai sarung dikarenakan tidak mempunyai ruangan yang memadai.

 

Wisata Andalan Pulau Labengki

Perjalanan wisata dari Pelabuhan Biru Kendari menuju Pulau Labengki kira – kira membutuhkan waktu 5 jam perjalanan. Ya lumayan lama sih…. Namun jika beruntung Anda akan dapat melihat sekawanan lumba – lumba di perjalanan menuju Pulau Labengki. Dengan catatan jika beruntung karena memang tak dapat dipastikan Anda bisa menemukan kawanan lumba – lumba sepanjang perjalanan. Anda akan merasakan banyak pengalaman baru saat mengunjungi Pulau Labengki

  1. Keramahan Suku Bajo

Jangan heran saat tiba di Perkampungan Suku Bajo. Para wisatawan akan langsung disambut oleh anak – anak kecil yang berkerumun senang menyambut kedatangan kapal Anda. Jangan lupa siapkan uang seribuan untuk dilemparkan ke laut dan diperebutkan anak – anak kecil tersebut. Mereka sangat senang dengan para tamu yang datang dan cukup welcome kok!

  1. Snorkling di area mercusuar

Jangan risau masalah penginapan karena untuk yang berbudget cekak bisa menginap di rumah – rumah warga. Umumnya mereka sangat ramah dan tak memasang tarif menginap. Salah satu spot andalan di Labengki adalah spot mercusuar. Spot ini sangat cocok untuk berselfi ria dan foto-foto. Namun untuk snorkeling masih kurang bagus mengingat karang-karangnya yang sedikit.

  1. Sunrise di mercusuar

Tentu menarik foto sunrise dengan background mercusuar…Wow luar biasa bukan dan jarang ditemukan di tempat lain.

  1. Teluk Cinta

Teluk Cinta merupakan objek wisata andalan di Pulau Labengki. Pemandangan teluknya sangat indah apalagi jika fotonya diambil menggunakan drone. Disebut Teluk Cinta karena bentuknya yang memang menyerupai bentuk hati. Teluk Cinta pun memiliki area snorkeling yang cukup bagus. Pemandangannya cukup cantik sehingga wajar jika kerap disamakan dengan Raja Ampat. Namun Anda harus hati – hati karena batunya sangat tajam sehingga harus memakai sepatu atau sandal gunung. Teluk Cinta memang terdiri dari gugusan pulau kecil menyerupai Raja Ampat.

 

Sombori Raja Ampat di Sulawesi

Kepulauan Sombori di Sulawesi Tengah diprediksi akan menjadi sebuah destinasi wisata baru yang populer. Ada beberapa spot wisata yang menjadi andalan Pulau Sombori. Keindahannya tak perlu dipertanyakan lagi. Sepanjang perjalanan para wisatawan akan disuguhi gugusan pulau kecil nan menawan.

  1. Pulau Dua

Objek wisata pertama yang dapat dikunjungi adalah Pulau Dua. Para wisatawan akan disuguhi keindahan gugusan pulau kecil bak Raja Ampat. Jangan sampai lupa untuk mencicipi menu kuliner andalan khas Pulau Sombori yaitu ikan Jigo bakar. Sebuah perjalanan wisata tak akan lengkap jika belum mencicipi kuliner andalannya.

  1. Pulau Koko

Pulau Koko menjadi andalan wisata di Kepulauan Sombori. Para wisatawan pasti akan teringat dengan keindahan pantai pada film ‘Beach’ yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio. Pantainya sangat mirip dengan Maya Bay. Terdapat dua pantai yang cukup indah lengkap dengan hamparan pasir putihnya. Pengunjung dapat dengan bebas berenang sepuasnya di dua pantai tersebut.

  1. Pulau Kayangan

Keindahan Kepulauan Sombori kian nyata saat menyaksikannya dari Pulau Kayangan. Namun perjalanan menuju puncak Kayangan bukanlah hal yang mudah dan perlu perjuangan ekstra. Para pengunjung harus berjuang keras menaklukkan tebing terjal bermaterikan batuan granit dan karang. Selain itu di pulau ini juga tidak mempunyai daratan datar sebagai pijakan. Tapi pemandangan eksotis yang didapatkan setimpal dengan jerih payah yang harus dilakukan.

 

Demikianlah berbagai destinasi wisata Labengki dan Sombori. Dengan keindahan yang ditawarkan di Labengki dan Sombori, sangat wajar jika destinasi wisata di Labengki dan Sombori bakal menjadi spot favorit di tahun – tahun mendatang.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply