Pesona Wisata Gunung Bromo yang Terkenal
image of 1140x530

Obyek wisata Gunung Bromo di Jawa Timur sudah sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak hanya sekedar sunrise-nya saja yang menjadi daya tarik utama dari Gunung Bromo, karena ternyata masih banyak spot wisata di sekitaran Bromo yang belum digali oleh para wisatawan. Yang menjadi keunikan wisata Gunung Bromo adalah mayoritas obyek wisatanya memerlukan kendaraan bertipe 4 wd seperti land cruiser, jeep Toyota dan Hartop.

Terdapat beberapa obyek wisata di Bromo yang sering dilewatkan para wisatawan. Hal ini dikarenakan umumnya para wisatawan hanya berkunjung di empat tempat yakni kawah Bromo, sunrise, padang rumput savana serta bukit teletubbies.

 

Wisata Gunung Bromo yang Wajib Dikunjungi

Tentu sangat sayang jika Anda telah jauh-jauh ke Bromo namun melewatkan sejumlah obyek wisata disana. Untuk itu berikut ini daftar objek wisata yang wajib Anda kunjungi sesampainya di Taman Nasional Bromo.

  • Penanjakan 1

Tempat ini merupakan tempat tertinggi di kawasan wisata Gunung Bromo dan menjadi lokasi yang strategis untuk melihat sunrise atau sebagai view point matahari terbit. Berada di sebelah barat kawasan pegunungan Tengger, para pengunjung bisa mengaksesnya dengan menaiki jeep atau hartop mengingat rutenya yang curam dan berkelok tajam. Sebagai alternative bisa dengan menaiki sepeda motor namun dilarang berjenis matic. Usahakan berangkat berkisar pukul 3 dini hari supaya tak ketinggalan panorama sunrise.

  • Penanjakan 2

Kendati tak sepopuler Penanjakan 1, namun untuk Anda yang lewat rute Probolinggo bisa memilih Penanjakan 2 atau Bukit Seruni untuk menyambut sunrise. Karena lebih rendah dari Penanjakan 1 maka untuk mengaksesnya bisa dengan naik roda 2 atau roda empat biasa. Pada bulan – bulan tertentu di musim hujan view point Penanjakan 2 menyuguhkan pemandangan yang sangat mempesona. Jika di musim kemarau lebih baik ke Penanjakan 1 karena matahari terbit lebih lambat.

  • Padang rumput Savana

Padang rumput savana Bromo berlokasi di sebelah selatan timur Gunung Bromo. Hamparan lembah hijau dikelilingi tebing, padang rumput Bromo sangat luas sekali. Pemandangan yang ada membuat Anda lupa tengah berada di Bromo.

Sangat kontras!! Hal ini karena rute menuju savana berupa lautan pasir yang gersang. Tempat ini cukup mudah diakses via Malang atau Lumajang.

  • Bukit Mentigen

Masih ada alternatif spot ketiga untuk berburu sunrise selain Penanjakan 1 dan Penanjakan 2. Pengunjung bisa mengaksesnya dengan jalan kaki dari lokasi penginapan daerah Cemara Lawang Probolinggo. View point ini sangat cocok untuk para backpacker yang tak membawa kendaraan ke Bromo.

  • Bukit Teletubbies

Mengunjungi Bukit Teletubbies menjadi sebuah hal yang wajib dilakukan saat ke Bromo. Berada satu jalur dengan Padang Rumput Savana, kumpulan gunungan-gunungan kecil yang indah akan mengingatkan Anda dengan film Teletubbies.

  • Air Terjun Madakaripura

Masih berada di kawasan Gunung Bromo, Air Terjun Madakaripura yang terletak di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo cukup mudah diakses dari arah Probolinggo menuju Bromo. Jalannya pun cukup bagus untuk kendaraan roda 2 dan roda empat. Dengan ketinggian sekitar 200 m, keelokan Air Terjun Madakaripura membuat para wisatawan banyak mengunjungi tempat ini.

  • B 29 Argosari

Mungkin ada yang masih asing dengan spot wisata Bromo yang satu ini. B 29 Argosari merupakan salah satu tempat camping yang difavoritkan oleh para wisatawan. Dengan ketinggian melebihi Penanjakan 1, membuat udaranya lebih dingin dengan panorama alam yang sangat indah disertai aneka tumbuhan khas dataran tinggi.

Akses yang paling mudah adalah dengan lewat Sendurom Lumajang atau jalur selatan. Medan menuju Desa Argosari, Kecamatan Senduro sangat menantang dan cocok sebagai rute penyuka motorcross.

  • Bromo Milky Way

Hanya bisa didapatkan pada malam hari dengan mengunjungi spot-spot tertentu untuk mendapatkan foto dengan hamparan gugusan bintang yang menawan. Hal ini dikarenakan untuk menghasilkan sebuah karya Milky Way harus jauh dari sorot lampu kota. Anda pun harus menyiapkan kamera yang benar-benar bagus untuk menghasilkan sebuah foto yang sempurna.

  • Pasir Berbisik

Hanya ada di Gunung Bromo dan satu-satunya hamparan lautan pasir yang cukup luas.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply