Pulau Leti, Pulau Terluar Indonesia

Pulau Leti merupakan sebuah Pulau yang terletak di Laut Timor dan sekaligus perbatasan dengan Timor Leste. Secara administrative, Pulau Leti berada di wilayah pemerintahan Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Di Pulau ini terdapat kurang lebih 10.549 penduduk yang mendiami pulau kecil, dikelilingi lautan dan sangat indah. Pantai di sekitar pulau ini sangat indah dan menarik untuk dikunjungi untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari.

Akses menuju Pulau Leti terbilang masih sangat minim meski sudah bisa dijangkau dengan kapal laut maupun udara. Jika menggunakan jalur udara, yang digunakan adalah pesawat regular rute Ambon – Kisar. Perjalanan dilanjutkan dari Kisar menuju ke Pulau Leti dengan mengunakan kapal cepat yang memerlukan waktu sekitar 5 jam. Jalur laut yang paling dekat adalah dari Kupang. Dari Kupang ini bisa menggunakan kapan Pelni maupun kapal Perintis yang menuju ke Nusa Tenggara Timur dan Maluku. Rute dari Kupang adalah Kupang – Wetar – Kisar – Leti, dengan waktu tempuh menghabiskan sekitar 34 jam.

Meski sangat lama dan terkesan sangat melelahkan, perjalanan yang jauh seolah dibayar dengan keindahan alamnya yang begitu memanjakan mata. Pantainya didominasi dengan pantai berpasir putih dan berkilau. Jika bersantai di pantainya, suasana tenang langsung menyerbu ke dalam diri. Perlu diketahui bahwa di Pulau Leti ini belum terdapat banyak fasilitas yang memadai. Jangan membayangkan di sana semua penjuru terdapat listrik dan alat komunikasi bisa digunakan dengan baik. Hanya beberapa wilayah saja yang dijangkau oleh listrik dan alat komunikasi sangat terbatas untuk digunakan.

Salah satu minuman khas di Pulau Leti adalah ‘sagero’ yang dalam bahasa Jawa biasa disebut ‘legen’. Minuman ini terbuat dari buah pohon aren atau buah siwalan yang memiliki rasa manis dan berwarna putih. Jika berkunjung ke Pulau Leti, jangan lupa mencicipi manisan buah mangga dan madu pohon yang merupakan makanan khas Pulau Leti yang dibuat secara alami. Jangan lupa membawa bekal makanan ringan dan minuman yang cukup jika berkunjung ke Pulau Leti, karena di pulau ini masih sangat jarang orang berjualan.

foto by; nurrezarachman

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply