Mengenal Lebih Dekat Pulau Ndao yang Indah Bak Negeri Dongeng

 

Pulau Ndao adalah salah satu pulau yang ada di Nusa Tenggara Timur yang indah dan jauh dari hingar binger perkotaan. Pulau kecil yang masuk dalam Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao, BTT ini berada persis di sebelah barat Pulau Rote. Tak kalah dengan keindahan Pulau Rote, Pulau Ndao juga sangat menakjubkan tiap mata yang memandangnya.

Lokasi yang menarik untuk dikunjungi di Pulau Ndao adalah keindahan lautnya. Di sana terdapat pantai berpasir putih dengan panjang sekitar 7 km dan lebar 3 km. Sejauh mata memandang, akan dimanjakan dengan pamandangan laut yang alami, biru, bersih dan segar dipandang mata. Kombinasi biru kehijauan warna air laut dengan birunya langit membuat siapa saja enggak beranjak dari negeri dongeng ini.

Selain disuguhi dengan pemandangan pantai yang apik, ada hal lain yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Di Pulau Ndao wisatwan bisa menjumpai penduduk yang sedang membuat kain tenun sebagai salah satu mata pencahatian mereka. Selain itu, jika wisatawan berkunjung pada bulan Novenber, mereka beruntung bisa menyaksikan masyarakat setempat tengah membuat tenun emas dan perak. Meski hanya bisa dilakukan pada bulan November, wisatawan bisa melihat pembuatan tenun ikat pada bulan-bulan lainnya.

Penduduk asli di Pulau Ndao sangat ramah dan sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Tak banyak penduduk yang mendiami pulau ini, yaitu hanya sekitar 4.000 jiwa saja. Perlu diketahui bahwa meski pulaunya kecil, tetapi sejak tahhun 2015 lalu listrik udah menerangi pulau ini. Keunggulan Pulau Ndao yang sangat potensial adalah adanya pembuatan gula cair dari buah lontar. Pembuatan gula cair yang masih alami ini tentu tidak mengandung bahan kimia yang membahayakan. Biasanya gula ini dicampurkan pada kelapa atau air kelapa. Masyarakat belum bisa menggunakan gula cair ini sebagai alat untuk menaikkan perekonomian karena belum dikembangkan lebih lanjut.

Akses menuju ke Pulau Ndao sangat mudah untuk dijangkau. Silahkan mulai perjalanan dari Kupang kemudian menuju ke Nemberela dan kemudian ambil jalur menuju ke Ndao.

foto by; armayadoremi

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply