Pulau Romang, Salah Satu Pulau di Maluku Barat Daya yang Wajib Disinggahi

Jika berwisata ke Indonesia Bagian Timur, ada baiknya melirik berbagai pulau yang ada di Kabupaten Maluku Barat Daya. Sebagian besar kawasan ini terdiri dari wilayah pesisir yang indah dan tersembunyi di balik hamparan laut yang luas. Salah satu Pulau yang ada di Kabupaten Maluku Barat Daya yang indah dan berpenduduk ramah adalah Pulau Romang. Letaknya perisis di tengah-tengah antara Pulau Wetar dan Pulau Damer.

Pulau Romang tersohor dengan adanya aktivitas pertambangan emas yang mendominasi di Pulau ini. Namun dengan alasan merugikan warga asli di Pulau Romang, aktivitas pertambangan emas menjadi perdebatan antara ditutup atau harus dilanjutkan. Selain adanya aktivitas pertambangan, di pulau ini memiliki pantai yang sangat luas, berpasir halus dan putih. Kenyamanan dan kealamian pantainya tidak bisa diragukan lagi. Pulau ini sangat cocok untuk dijadikan tempat menenangkan diri sejenak dari hingar bingar perkotaan.

Pulau Romang masuk dalam Kecamatan Pulau – Pulau Terselatan. Beberapa pulau yang masuk dalam Kecamatan Pulau – Pulau Terselatan bersama dengan Pulau Romang adalah Pulau Juga, Kisar, Laut, Mitan, Limtutu, Maopora, Nyata, dan Lirang. Namun pada tahun 2012 lalu, Kecamatan Romang sudah berdiri mandiri dan merupakan pemekaran dari Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan. Masih sangat minim akses menuju ke Pulau Romang ini. Transportasi udara belum tersedia hingga Pulau Romang, melainkan hanya sampai pada Pulau Kisar. Hanya transportasi melalui laut dengan kapal perintis atau kapal feri (ASDP) dengan lama perjalanan 2-3 hari dari Pulau Wetar ke Pantai Nama di Pulau Kisar. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan kapal motor kayu selama kurang lebih 4-6 jam menuju ke Pulau Romang. Akes ini dibilang sangat minim karena hanya ada satu kali dalam sebulan dan itupun jika kondisi alam sedang bersahabat (tidak terjadi gelombang tinggi).

Potensi wisata yang dapat dinikmati antara lain adanya pantai berpasir putih yang berikilau dan memiliki kedalaman yang sedang. Pengunjung bisa bersantai di pantai di Pulau Romang dan juga bisa menikmati keindahan dasar laut dengan snorkeling. Selain wisata alam, di Pulau Romang juga ada pula wisata yang berupa pertunjukan adat, tarian tradisional, tenun khas warga Romang, dan berbagai wisata budaya asli adat istiadat penduduk di Pulau Romang. Kecamatan Romang memiliki 9 pulau, namun hanya Pulau Romang yang berpenduduk.

foto by; pesona_mbd

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply