Spot Diving di Kamrimunjawa Yang Musti Dicoba

Wisata kepulauan di Indonesia memang kebanyakan berada di Indonesia Tengah dan Indonesia Timur seperti di daerah Nusa Tenggara, Maluku, dan Sulawesi. Sedangkan di Pulau Jawa, wisata kepulauan masih terbatas. Meskipun destinasinya tidak sebanyak di Indonesia Timur, namun panorama yang ditawarkan Karimunjawa bisa diadu dengan keindahan kepulauan di Indonesia Timur. Sebagai kawasan wisata kepulauan, Karimunjawa menawarkan beragam objek wisata dari mulai pantai dengan pasir putihnya dan biota laut yang tersembunyi di balik permukaan laut. Alhasil, beragam spot diving di Karimunjawa mulai dicari untuk menarik wisatawan yang ingin menikmati indahnya kepulauan di utara pulau Jawa ini.

Saat ini Karimunjawa telah ditetapkan sebagai salah satu Taman Nasional Indonesia, yang sebelumnya didominasi oleh kawasan kepulauan di Indonesia timur. Keberagaman bahari dan keeksotisan pulau-pulau di Karimunjawalah yang akhirnya kini menjadikannya destinasi populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Karimunjawa merupakan kawasan yang termasuk dalam bagian administratif kota Jepara. Sebagai kepulauan, Karimunjawa memiliki 27 pulau. Dari pulau-pulau tersebut hanya terdapat lima pulau saja yang dihuni. Jarak antar pulau di kepulauan Karimunjawa terbilang dekat, jadi akses untuk mengunjungi antar pulau tidak terlalu sulit. Bahkan tak sedikit pelancong yang berkunjung ke Karimunjawa camping di beberapa pulau yang tidak berpenghuni tersebut.

Kekayaan Bahari

Lokasinya yang cukup jauh dari kota Jepara. Butuh waktu sekitar 4 hingga 6 jam untuk sampai ke kawasan Karimunjawa menggunakan kapal cepat dari Jepara. Akan tetapi karena jarak yang jauh tersebut, menjadikan Karimunjawa terbebas dari hiruk pikuk kota. Kawasannya yang masih benar-benar asri menjadikan ekosistem laut di Kariumjawa dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Sampai saat ini terdapat 5 spot diving di Karimunjawa, dan masih besar kemungkinan spot-spot diving baru ditemukan lagi. Spot-spot tersebut menawarkan beragam kekayaan bahari dari mulai beragam jenis terumbu karang yang katanya terdapat 90 jenis berbeda. Belum lagi beragam jenis ikan yang menurut informasi wisata terdapat 240 jenis ikan yang hidup di kawasan Karimunjawa.

Oleh karena itulah mayoritas pelancong yang berlibur di Karimunjawa pasti mengunjungi spot-spot diving di Karimunjawa. Ada yang hanya snorkeling bahkan menyelam. Tapi ada juga yang hanya berkeliling di spot diving tersebut menggunakan kapal yang bagian lambungnya dilapisi kaca. Berikut ini adalah beberapa spot diving di Karimunjawa yang terpopuler.

Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil merupakan ikon dari Karimunjawa. Pulau yang terletak di barat laut pulau utama Karimunjawa hanya membutuhkan waktu 20 menit menggunakan kapal cepat. Pulau ini tak pernah sepi dikunjungi wisatawan, baik yang ingin menikmati keindahan pulaunya atau ingin membuktikan sensasi diving di Karimunjawa. Pulau Menjangan Kecil merupakan tujuan utama baik wisatawan lokal atau wisatawan asing. Oleh karena itu hampir setiap hari ada wisatawan yang berkunjung ke sini.

Salah satu objek wisata di Pulau Menjangan Kecil adalah penangkaran hiu. Penangkaran yang dikelola oleh warga sekitar ini menjadi objek wisata yang menarik. Jangan khawatir dengan ganasnya hiu, disini kebanyakan hiu yang menjadi objek wisata adalah anak-anak ikan hiu yang masih kecil dan imut-imut.

Pulau Cemara

Nah destinasi spot diving di Karimunjawa selanjutnya adalah Pulau Cemara. Di sana terdapat dua pulau Cemara yaitu pulau Cemara Besar dan pulau Cemara Kecil. Lokasi ini menjadi lokasi pilihan setelah Menjangan Kecil.

Pulau Cemara ini letaknya lebih jauh dari Menjangan Kecil. Namun perjalanan jauh yang harus ditempuh pasti terbayarkan dengan keindahan bawah lautnya.

Pulau Cilik

Pulau Cilik hanya berjarak 30 menit dari pulau utama Karimunjawa. Meskipun tidak selengkap di Menjangan Kecil dan Cemara, pulau Cilik juga memiliki beberapa spot diving. Ciri khas dari spot diving di Karimunjawa pulau Cilik adalah ukuran terumbu karang yang besar-besar.

Pulau Tengah

Pulau ini hanya berjarak 15 menit dari pulau Cilik. Sama seperti pulau Cilik spot diving di Pulau Tengah memiliki ciri khas yaitu terdapat hard coral serta Anemone laut. Di lokasi ini banyak ikan-ikan hias yang berlindung dibalik anemone, salah satunya ikan nemo.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply