Spot Diving di Togean
image of 1140x530

Sulawesi merupakan salah satu pulau besar di Indonesia yang menyimpan banyak keindahan alamnya. Salah satu keindahan yang berada di Sulawesi adalah Kepulauan Togean yang terletak di Sulawesi Tengah. Kepulauan ini bagaikan surga yang tersembunyi karena letaknya yang kurang strategis. Akan tetapi pesonanya tidak akan mengecewakan anda terutama wisata baharinya bagi anda yang ingin menikmati sensasi diving di Togean.

Keberadaan wisata di kepulauan Togean mulai diperhatikan pemerintah setempat. Untuk mendongkrak wisatawan agar mau berkunjung, tepat setahun yang lalu pada 2016 Menteri Pariwisata Arief Yahya melaksanakan Festival Bahari Pesona. Festival tersebut dilakukan di Kepulauan Togean sebagai ajang promosi wisata di Sulawesi Tengah. Selain itu festival ini juga menjadi ajang penyebaran informasi mengenai Togean sebagai objek wisata yang terbilang masih berkembang.

Lokasi Kepulauan Togean

Sedikit informasi mengenai Togean, adalah wilayah ini merupakan kepulauan dimana terdapat beberapa gugusan pulau-pulau yang berada di kawasan Teluk Tomini di Sulawesi Tengah. Lusa dari kepulauan tersebut sekitar 362.05 hektar yang terdiri dari perairan dan juga hutan. Kepulauan Togean termasuk dalam kawasan Perlindungan Taman Nasional Kepulauan Togean. Adanya perlindungan di kawasan ini karena Togean memiliki keindahan bahari berupa biota laut dan terumbu karang yang harus di jaga dan dilestarikan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa anda harus diving di Togean untuk menyaksikan sendiri bagaimana indahnya alam bawah laut di kepulauan Togean.

Wisata di Kepulauan Togean

Sebagai kepulauan, Togean memiliki berbagai macam aktivitas yang dapat anda nikmati selama liburan disana. Terdapat beragam sport destinasi wisata seperti jelajah hutan untuk menikmati flora dan fauna di pulau-pulau sekitar Togean. Atau jika anda senang dengan wisata di perairan ada beragam aktivitas seperti berlayar, berenang, memancing, snorkeling, bahkan diving di Togean. Semuanya bisa anda lakukan dengan mudah di kepulauan Togean. Satu lagi daya tari Togean adalah adanya rumah adat asli dari peninggalan suku Bajo yang telah ditinggal para pemiliknya. Rumah-rumah tersebut dibangun tanpa paku satu pun. Bagi anda yang ingin mengunjungi Togean berikut ini daftar pulau yang menyajikan panorama yang eksotis.

Pulau Togean

Pulau pertama yang wajib anda kunjungi adalah pulau utama yaitu Pulau Togean itu sendiri. Disini terdapat beberapa bukit yang saling berjajar. Bukit-bukit togean bahkan membelah Teluk Tomini. selain itu terdapat hutan-hutan yang asri menutupinya. Lokasi inilah yang biasa dilakukan jelajah hutan. Namun pulau Togean juga memiliki pantai cantik nan indah yang berada di desa Katupat.

Pulau Una-Una

Pulau Una-Una terkenal dengan pasir hitamnya. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang berada di Togean, Pulau Una memiliki peninggalan letusan gunung api kolosal dalam bentuk pasir hitam tersebut. Gunung api tersebut bernama Gunung Colo yang tercatat sebagai gunung api yang masih aktif.

Pulau Kadidiri

Pulau ini merupakan spot yang cocok bagi anda yang ingin snorkeling atau diving di Togean. Lautan di sekitar pulau Kadidiri dipenuhi dengan karang barrier. Karang Barrier sendiri memiliki bentuk yang tajam namun memiliki tampilan yang cantik. Belum lagi dengan beragam terumbu karang yang mayoritas berada di sini. Lokasi ini cocok bagi anda yang berburu wisata bahari bawah laut.

Pulau Batudaka

Pulau Batudaka bias menjadi alternatif pilihan wisata bahari. Selain itu lokasinya lebih mudah dicapai dari Pulau Togean karena merupakan pulau terbesar dari Kepulauan Togean. Kawasan wisata di pulau Batudaka berada di Desa Bomba. Di desa ini anda bisa berenang atau snorkeling. Terdapat satu objek wisata yang anda harus sambangi yaitu Goa Kelelawar. Disini anda juga bisa menyaksikan Suku Bajo yang terkenal dengan sebutan manusia perahu.

Dinding Taipi

Dinding Taipi merupakan spot diving di Togean. Lokasinya berada di sebelah selatan pulau Kadidiri sekitar 4 km. Sebagai spot diving di Togean terdapat satu objek yang harus anda saksikan yaitu terdapatnya dinding karang vertikal. Dinding tersebut memanjang dari selatan ke utara. Dinding inlah yang disebut sebagai dinding Taipi. Dengan kedalaman bervariasi dari 5 hingga 30 meter, spot ini cocok untuk para penyelaman baik pemula atau profesional.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply