Surga di Ujung Utara Indonesia
image of 1140x530

Perkembangan infrastruktur di daerah terluar Indonesia memang terbilang sangat lambat dibandingkan dengan daerah pusat. Fasilitas umum dan akses transportasi masih sulit di lokasi-lokasi terluar. Akan tetapi daerah terluar juga memiliki kelebihan. Justru karena tidak terjamah oleh modernisasi, kondisi alam daerah terluar Indonesia tersebut masih asri dan terjaga. Oleh karena itu kini banyak wilayah terluar Indonesia justru menjadi tujuan favorit pariwisata termasuk di Natuna. Ciri khas dari wilayah terluar di Indonesia adalah memiliki beragam keindahan alam dari mulai pantai, pemukiman yang asri, dan juga kecantikan yang tersembunyi di bawah permukaan laut. Hampir sama seperti di Papua dan Maluku yang memiliki taman laut, terdapat pula taman laut yang menjadi spot diving di Natuna.

Lokasi Natuna

Natuna terletak di bagian utara terluar di Indonesia yang berbatasan langsung dengan perbatasan wilayah negara Vietnam dan Kamboja. Sebagian kawasan lautan di sekitaran Natuna merupakan akses jalur pelayaran internasional Taiwan, Korea, Jepang, dan Hongkong. Uniknya, justru Natuna kini banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dari pada wisatawan lokal. Tanah yang terkenal dengan sebutan cuilan surga memang lokasinya aga jauh di jangkau, oleh karena itu jarang wisatawan lokal untuk berlibur di Natuna. Akan Natuna memiliki beragam lokasi wisata yang patut untuk dikunjungi.

Pantai Batu Kasah

Pantai Batu Kasah sampai saat ini merupakan lokasi paling banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan pantai ini disebut sebagai pantai tercantik di Natuna. Pantai yang memiliki nama lain pantai Cemaga ini terdapat di kecamatan Bunguran. Sama seperti gambaran ideal pantai pada umumnya, di sekitaran bibir pantai Batu Kasah ditumbuhi pohon-pohon kelapa yang nyiur melambai. Belum lagi tebaran batu granit di pantai yang menjadikan pantai ini sebuah pantai tropis ideal.

Dengan bibir pantang yang memanjang sejauh 5 km, serta pasir putih dan air laut yang jernih, menyusuri pantai Batu Kasah akan memberikanmu pengalaman yang menakjubkan. Keasrian lingkungan di sekitar Batu Kasah benar-benar terjaga karena tidak terlalu banyak pemukiman. Namun jika kamu berkunjung ke lokasi ini jangan lupa membawa bekal sendiri, mengingat aga sulit menemukan warung di sekitaran pantai Batu Kasah. Namun kamu bisa menikmati indahnya lautan di pantai Batu Kasah dengan berenang, snorkeling bahkan diving sekalipun. Terdapat beberapa spot diving di Natuna yang masih di kawasan pantai batu kasah.

Pesisir Batu Sindu

Lokasi yang kedua ini terbilang unik dimana pesisirnya tidak terdapat pasir melainkan batu granit yang berukuran besar. Batu-batu tersebut disebut sebagai batu Sindu oleh warga sekitar. Lokasi batu Sindu berada di sebelah timur dari kota Ranai. Kamu tak hanya dapat menikmatinya langsung, namun juga bisa menyaksikan pesisir Batu Sindu dari ketinggian di atas Mercusuar. Di lokasi ini terdapat Mercusuar yang sering digunakan wisatawan untuk melihat pemandangan sekitar.

Berbeda dengan pantai Batu Kasah, pesisir Batu Sindu benar-benar masih alami. Belum ada fasilitas umum yang di bangun di lokasi ini.

Alif Stone Park

Alif Stone Park memiliki karakteristik yang mirip dengan pesisir Batu Sindu. Alif Stone Park atau bisa juga disebut Taman Batu Alif merupakan salah satu lokasi di dekat kota Ranai yang memiliki batu granit yang bergerombol dalam ukuran besar. Akan tetapi disini juga terdapat bibir pantai dimana menjadikannya peraduan antara pasir pantai dan sekelompok batu-batu granit besar. Batu-batu tersebut tak hanya berada di bibir pantai, namun beberapa diantaranya ada yang berada agar menjorok kelautan. Hal inilah yang menjadikan lokasi ini di-ibaratkan bagai taman batu. Di tempat ini terdapat satu fasilitas yaitu jembatan kayu yang dapat mengantarkan para wisatawan untuk berkeliling disekitaran taman batu. Beberapa spot di taman batu ini merupakan lokasi yang cocok untuk snorkeling dan berenang. Anda juga bisa memilih beberapa spot diving di Natuna yang berada di Alif Stone Park.

Pantai Sisi

Pantai Sisi merupakan destinasi yang harus anda coba. Berbeda dari pantai sebelumnya, pantai sisi memiliki hamparan pasir yang luas. Selain itu ombak yang dimiliki sangat tenang. Tak jarang lokasi ini menjadi lokasi pilihan untuk snorkeling dan diving di Natuna.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply