“Surga Kabupaten Majalengka, Curug Cipeuteuy”

Kabupaten Majalengka merupakan kabupaten di Tatar Pasundan, Provinsi Jawa Barat. Wilayah ini menyimpan surga wisata air terjun. Beberapa wisata air terjun tersebut adalah curug Muara Jaya, Curug Sawe, Curug Sempong, Curug Tonjong, Curug Baligo, Curug Cipeutey, Curug Leles, Curug Emas, dan Curug Santang.Salah satu objek wisata air terjun tengah populer dengan perairan super biru dan pemandangan alam indah yaitu Curug Cipeuteuy. Air terjun ini masih terletak dalam kawasan Gunung Ciremai. Oleh karena itu, lokasinya dikelilingi oleh lingkungan hutan yang masih asri.
Curug Cipeuteuy berlokasi di Jalan Dukuh pasir, Desa Bantaragung, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 24 kilometer dari Kota Majalengka dan 27 kilometer dari Cirebon.
Air terjun ini diberi nama dari tanaman petai. Dalam bahasa Sunda, tanaman ini disebut sebagai “peuteuy”. Menurut warga setempat, dahulu tanaman tersebut banyak tumbuh dan ditemukan di sekitar curug. Saat ini, wisatawan tidak akan menemukan tanaman petai, melainkan ruang rekreasi yang nyaman dan tenang di tengah hutan.Untuk menuju lokasi curug, wisatawan harus berjalan kaki. Jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 300 meter. Trek hiking ini juga kondisinya sangat baik dan ramah untuk kalangan amatir.Setelah melewati gerbang, pengunjung akan langsung disambut oleh area swafoto. Area ini dipenuhi platform kreatif berbentuk dermaga dan sayap kupu-kupu. Tak jauh dari sana, terdapat toko cinderamata yang terbuat dari bilik bambu.Jalan setapak akan membawa pengunjung menuruni beberapa anak tangga dan melintasi jembatan. Pengunjung akan melewati persimpangan yang memisahkan jalur ke curug dan bumi perkemahan. Sepanjang jalan, suasana hutan pinus yang sejuk akan menghibur mata sekaligus menyegarkan tubuh.
Air bersih dan dingin mengalir dari gunung Ciremai membelah hutan Cipeuteuy. Pemandian yang disekat jadi beberapa bagian membuat curug ini layaknya kolam renang. Bedanya air di sini murni dari gunung Ciremai, sehingga bersih dan segar. Tanpa tedeng aling-aling Amir dan Yudha langsung nyebur.Berkunjung ke Cipeuteuy tidak hanya untuk mandi di tengah alam yang asri. Aktivitas lain yang bisa dilakukan di sini adalah melihat langsung habibat elang jawa. Trekking menyusuri hutan pinus atau bahkan camping di bumi perkemahan Awilega, yang letaknya tidak jauh dari Curug.Masuk Curug Cipeuteuy cukup membayar Rp. 15.000 saja per orang untuk dewasa. Untuk anak-anak Rp. 5.000. Tidak perlu membawa makanan dari luar karena warung makan dengan harga murah ada di sepanjang jalan masuk Curug.
Jadi, kapan nih Curug Cipeuteuy masuk dalam list liburan akhir pekan anda?

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply