Taman Laut Bali Barat di Pulau Menjangan
image of 1140x530

Bali merupakan salah satu provinsi dengan potensi pariwisata yang sangat besar. Sudah banyak lokasi wisata di Bali yang terkenal di duni Internasional. Salah satu lokasi wisata di Bali yang populer baik di kalangan wisatawan lokal atau mancanegara adalah pantai Kuta. Tapi karena saking ramainya, pantai Kuta kini mulai sesak dengan para pelancong. Jika kamu bosan dengan Kuta, atau sedang mencari pantai alternatif lainnya solusinya berada di Bali Barat yaitu di pulau Menjangan. Selain pantai yang asri dengan beragam spot diving di Menjangan, pulau ini juga memiliki beragam destinasi wisata yang pastinya membuat liburanmu semakin istimewa.

Lokasi Menjangan

Sedikit informasi tentang pulau Menjangan, pulau ini berada di  sebelah barat Pulau Bali. Pulau ini diambil namanya dari penghuni utama di pulau yaitu binatang menjangan, sejenis rusa liar. Sebagai bagian dari Taman Nasional Bali Barat, pulau ini tidak berpenghuni alias benar-benar alami. Untuk mencapai titik penyeberangan dari Pulau Bali membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Kuta Bali.

Potensi Pariwisata di Menjangan

Alasan utama Pulau Menjangan dimasukkan ke dalam bagian Taman Nasional Bali Barat adalah potensi kekayaan alam di bawah lautnya yang luar biasa. Terdapat beragam spot diving di Menjangan. Banyaknya spot diving tersebut karena biota laut di Menjangan sangat beragam jenisnya. Al hasil, pulau Menjangan menjadi destinasi favorit para penyelam baik penyelam lokal atau pun di dunia. Terumbu karang yang cantik dan alami dalam jumlah banyak serta ikan warna-warni beragam jenis dapat dengan mudahnya di temukan di spot penyelaman.

Selain menyelam, terdapat pula spot yang cocok untuk scuba diving atau snorkeling. Karena laut di beberapa spot tidak terlalu dalam, maka keindahan bahari dapat dinikmati dengan snorkeling. Belum lagi dengan kualitas air laut yang jernih sehingga jarak pandang di bawah laut sangat ideal. Lokasi snorkeling biasa dilakukan di dekat dengan dermaga utama di Menjangan. Akan tetapi ikan dan terumbu karang di sini tidak terlalu banyak. Jika ingin mencari spot yang lebih eksotis, cobalah ke lokasi aga ke tengah laut karena akan semakin kamu temukan banyak biota laut.

Tapi kamu juga bisa menikmati keindahan bawah laut tanpa harus berbasah-basahan. Salah satunya berada di tebing di dekat dermaga Menjangan. Dari tebing ini kamu bisa melihat langsung salah satu spot diving di Menjangan dengan jelas. Dari atas kamu bisa melihat langsung ke dasar laut karena airnya yang jernih.

Kurang puas hanya melihat dari atas tebing, di sini ada alternatif lain untuk menikmati taman laut di Menjangan. Di sini terdapat fasilitas kapas selam Odyssey bagi anda yang ingin mengarungi indahnya bahari. Kapal selam yang dapat dimuati hingga 40 orang ini merupakan kapal selam wisata. Para wisatawan dapat melihat langsung bagaimana indahnya ikan-ikan di laut. Setiap sisinya dipasangi jendela kaca besar dan tebal sehingga para penumpang bisa melihat ke luar kapal selam.

Spot Diving di Menjangan

Dari pilihan wisata tersebut, Menjangan tetapi menjadi pilihan utama bagi para penyelam. Di sini terdapat beberapa spot diving yang terkenal. Spot diving yang paling terkenal di Menjangan adalah Eel Gardens.  Spot yang terletak di sebelah barat pulau Menjangan ini menawarkan pemandangan luar biasa dimana kamu dapat dengan mudah menemui garden eel dan juga sea fans. Dengan kedalaman dinding karang hingga 40 meter, Eel Gardens menawarkan biota laut yang beragam seperti gorgonia salah satunya.

Nah bagi kamu yang senang dengan macro diving, lokasi ini cocok untuk pilihan spot diving di Menjangan yaitu Secret Bay. Spot diving ini tidak terlalu dalam, malah bisa dibilang dangkal. Akan tetapi di dasarnya terdapat beragam biota laut, terumbu karang dan ikan-ikan dengan dasar berupa pasir berlumpur. Lokasi ini merupakan lokasi pasir vulkanis, oleh karena itu terdapat beberapa biota laut yang unik dan endemik. Sama seperti namanya yaitu Secret Bay, lokasi disini terbilang baru dan belum begitu banyak penyelam yang mengunjunginya.

 

 

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply