Yogyakarta memiliki banyak sekali destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Beragam jenis destinasi ada di kota pelajar ini. Sesuai dengan nama julukannya, yaitu kota pelajar, tentu saja terdapat tempat wisata yang mengedukasi. Destinasi tersebut yaitu Taman Pintar.

Taman Pintar yogyakarta adalah wahana wisata yang terdapat di pusat Kota Yogyakarta. Taman ini memadukan tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi.

Taman Pintar memiliki arena bermain sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona. Tempat rekreasi ini sangat baik untuk anak-anak pada masa perkembangan.

Taman Pintar menjadi alternatif tempat berwisata bagi masyarakat Yogyakarta maupun luar kota. Taman ini, khususnya pada wahana pendidikan anak usia dini, dilengkapi dengan teknologi interaktif digital serta pemetaan video.

Fasilitas modern ini diharapkan memacu imajinasi anak serta ketertarikan mereka terhadap teknologi.

Saat ini ada 35 zona dan 3.500 alat peraga permainan yang edukatif

Sejarah Taman Pintar Jogja

Sejak terjadinya ledakan perkembangan sains sekitar tahun 90-an, terutama Teknologi Informasi, pada gilirannya telah menghantarkan peradaban manusia menuju era tanpa batas. Perkembangan sains ini adalah sesuatu yang patut disyukuri dan tentunya menjanjikan kemudahan-kemudahan bagi perbaikan kualitas hidup manusia.Menghadapi realitas perkembangan dunia semacam itu, dan wujud kepedulian terhadap pendidikan, maka Pemerintah Kota Yogyakarta menggagas sebuah ide untuk Pembangunan “Taman Pintar”.
Disebut “Taman Pintar”, karena di kawasan ini nantinya para siswa, mulai pra sekolah sampai sekolah menengah bisa dengan leluasa memperdalam pemahaman soal materi-materi pelajaran yang telah diterima di sekolah dan sekaligus berekreasi.

Dengan target pembangunan Taman Pintar adalah memperkenalkan science kepada siswa mulai dari dini, harapan lebih luas kreatifitas anak didik terus diasah, sehingga bangsa Indonesia tidak hanya menjadi sasaran eksploitasi pasar teknologi belaka, tetapi juga berusaha untuk dapat menciptakan teknologi sendiri.Bangunan Taman Pintar ini dibangun di eks kawasan Shopping Center, dengan pertimbangan tetap adanya keterkaitan yang erat antara Taman Pintar dengan fungsi dan kegiatan bangunan yang ada di sekitarnya, seperti Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer dan Gedung Agung.

Relokasi area mulai dilakukan pada tahun 2004, dilanjutkan dengan tahapan pembangunan Tahap I adalah Playground dan Gedung PAUD Barat serta PAUD Timur, yang diresmikan dalam Soft Opening I tanggal 20 Mei 2006 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo.
Pembangunan Tahap II adalah Gedung Oval lantai I dan II serta Gedung Kotak lantai I, yang diresmikan dalam Soft Opening II tanggal 9 Juni 2007 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo, bersama Menristek, Kusmayanto Kadiman, serta dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pembangunan Tahap III adalah Gedung Kotak lantai II dan III, Tapak Presiden dan Gedung Memorabilia.
Dengan selesainya tahapan pembangunan, Grand Opening Taman Pintar dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2008 yang diresmikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

 

Fasilitas Taman Pintar Jogja

Fasilitas wisata edukasi di Taman Pintar sangat lengkap. Wajar saja, karena lokasi ini memang diproyeksikan akan menjadi taman edukais paling maju se-Asia Tenggara. Selain fasilitas pendukung umum seperti mushola, kamar mandi dan toilet, fasilitas khusus yang ada di tempat ini meliputi:

  • Alat – alat peraga IPTEK yang interaktif
  • Ruangan yang disewakan untuk umum
  • Food court, musholla, ruang kesehatan
  • Pusat informasi dan pelayanan pengunjung
  • Lift untuk pengunjung yang berkebutuhan khusus

 

Wahana Taman Pintar Jogja

Wahana wisata edukasi di taman pintar yogyakarta, sebagian besar didedikasikan untuk menumbuhkan minat pengunjung pada sains dan teknologi. Namun bukan berarti meninggalkan ketertarikan pada hal berbau budaya dan kesenian.

Pict by: jejakpiknik.com

Karena itu wahana di tempat ini selaian berbau sains, juga ada yang berbau budaya dan seni, seperti kreasi batik dan kreasi gerabah.

1. Gedung Oval
2. Gedung Kotak
3. Planetarium Taman Pintar
4. Play Ground
5. Dino Adventure Dan Teater 4D
6. Perpustakaan
7. Gedung PAUD
8. Science Theater
9. Kampung Kerajinan
10. Zona Budaya

 

Alamat Taman Pintar Jogja

Lokasi Taman Pintar Jogja sangat mudah dijangkau karena berada di dekat pusat kota Jogja.

Alamat tepatnya berada di Jl. Panembahan Senopati No.1-3, di kawasan Benteng Vredeburg, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Rute Menuju Taman Pintar Jogja

Rute menuju Taman Pintar Jogja sangat mudah dijangkau karena berada di dekat pusat kota Jogja.

Dari pusat kota Jogja hanya dengan berjalan kaki saja ke timur di Jl. KH. Ahmad Dahlan/Jl. Raya Jogja menuju ke Jl. Pangurakan akan sampai ke Taman Pintar Jogjakarta.

Jarak yang ditemuh dari pusat kota Jogja ke Taman Pintar Jogja sangat dekat yaitu sekitar 500 meter saja dengan berjalan kaki.

Jam Buka Taman Pintar Jogja 2020

Taman Pintar dibuka dari mulai hari Rabu – Minggu. Buka mulai jam 08.00 wib dan Tutup jam 15.00 wib.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply