Tempat Wisata di Tanjung Bira

Tanjung Bira merupakan wilayah yang berada di provinsi Sulawesi Selatan yang berada paling pojok timur Pulau Sulawesi. Destinasi wisata yang terkenal adalah Pantai Tanjung Bira yang memiliki pasir yang sangat putih dan memiliki alam bawah laut yang indah serta pemandangan senja yang tidak ada duanya. Pantai Tanjung bira juga menawarkan matahari terbenam yang langsung dilihat dan tenggelam menuju ke lautan lepas. Ciri khas utama yang dimiliki Tanjung Bira adalah pasir pantai yang sangat halus, bahkan sangat kecil sehingga terasa seperti tepung. Karena keindahan dan keunikan Pantai Tanjung Bira, pantai ini terkenal hingga ke mancanegara.

1. Pantai Bara
Pantai Bara adalah pantai tersembunyi yang ada di Bulukumba, sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati pantai yang sunyi dan tenang. Pasir putih nan lembut berpadu dengan gradasi air laut yang berwarna biru hingga hijau tosca mampu menghipnotis siapapun yang memandangnya. Banyak terdapat pohon kelapa di sini yang dijadikan ayunan oleh pengunjung karena memiliki rata-rata tumbuh dengan kemiringan mencapai 45 derajat. Pesona keindahan di sekitar Pantai Bara terasa masih sangat alami. Lokasinya terpencil, jauh dari perkotaan dan diapit tebing karang. Selain itu, sepanjang pantai Bara ini ditutupi oleh tebing karang yang makin menegaskan bahwa pantai ini terisolasi. Tak heran jika destinasi ini kerap dijuluki ‘Secret beach di Sulawesi.’

2. Pantai Tanjung Bira
Tanjung Bira terletak sekitar 40 km dari Kota Bulukumba atau 200 km dari Kota Makassar dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam lamanya. Tak hanya dikenal karena pesona keindahan pantainya saja, Tanjung Bira juga merupakan rumah pembuatan kapal tradisional khas Sulawesi Selatan dan kita dapat melihat proses pembuatan kapal tersebut di pinggiran pantai.
Pantai Tanjung Bira merupakan pantai pasir putih lembut yang terkenal akan keindahan dan kenyamanannya dari lokal hingga ke mancanegara. Ada banyak hal yang dapat dilakukan di kawasan wisata Tanjung Bira, salah satunya yaitu snorkeling maupun diving sembari menikmati keindahan bawah lautnya di beberapa spot yang ada di pantai ini.

3. Pulau Kambing
Pulau Kambing, Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan merupakan surga bagi para pecinta kegiatan diving dan snorkeling. Pulau kambing ini sangat istimewa, selain pemandangan bawah laut yang indah, tebing-tebing terjal pada dinding pulau membuat pulau ini tampak eksotik. Di Pulau Kambing kita juga dapat menikmati keindahan panorama Pulau Kambing dengan menaiki bukit tebing terjal tersebut.
Lokasi snorkeling biasanya berada di dekat tebing dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam. Pemandangan di bawah laut memang luar biasa, lebih berwarna-warni karang, koral dan ikannya. Di Pulau Kambing terdapat lokasi yang menjadi favorit, di sini ada beberapa dive spot dan sepertinya daerah ini merupakan daerah hiu dan tidak akan menutup kemungkinan penyelam akan menjumpai hiu-hiu di sekitar perairan ini.
Pulau Kambing dinamakan kambing karena konon dahulu sebagai tempat pengembalaan kambing dan hingga saat ini masih ada kambing liar yang dulu dari lepasan penggembala.

4. Pulau Liukang
Liukang yang berarti “banyak kayu hitam” pulau ini juga sangat terkenal dengan hamparan pasir pantainya sangat putih dan lembut serta pemandangan bawah lautnya yang juga sangat indah. Pulau Liukang merupakan pulau batu yang ditutupi gugusan batu karang yang berpusat di tengah pulau.
Pantai Liukang Loe adalah sebuah pulau kecil yang terletak tidak jauh dari Pantai Bira. Keindahan pesona alam bawah laut Pulau Liukang memang tidak perlu diragukan lagi, pulau ini sudah menjadi destinasi favorit bagi para penikmat alam yang hendak berkunjung ke Tanjung Bira, Sulawesi Selatan.
Di Pulau Liukang Loe, kita tidak hanya dapat menikmati keeksotisan terumbu karang tapi juga dapat menikmati aneka kuliner dan membeli cendera mata khas masyarakat Liukang Loe berupa sarung tenun Bangkuru Bira, Bulukumba. Dan di Pulau Liukang kita akan melihat penangkaran penyu yang menjadi salah satu pusat konservasi penyu di daerah Tanjung Bira dan sekitarnya.

5. Pantai Pusahelu
Pantai Pusahelu terletak di belakang Pantai Bara yang belum banyak diketahui keberadaannya. Sehingga pantai indah ini terkesan masih sepi ketika dikunjungi. Kawasan Pantai Pusahelu terdiri dari pantai dengan sebagian besar adalah pantai dengan pinggir karang. Pantainya berupa pantai cekungan yang tidak terlalu lebar, panjang pantainya mungkin hanya belasan meter, karena hanya berada diantara karang yang menjorok masuk kepinggir laut. Ketika berkunjung salah satu sensasi main ke pantai ini adalah duduk di atas batu karang sambil menikmati gradasi warna antara putih, hijau tosca dan biru laut.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply