Tips Berwisata Bersama Keluarga di Derawan
image of 1140x530
bereneang bersama ubur-ubur di derawan
bereneang bersama ubur-ubur di derawan

Tips Berwisata Bersama Keluarga di Derawan


Derawan merupakan kepulauan yang termasuk dalam Kalimantan Timur. Keindahan alam yang dapat ditemui di kepulauan derawan adalah pantai dengan pasir putih, lautan biru yang jernih, dan biota laut yang beragam jenis. Kepulauan Derawan berada di seberang Tanjung Redeb atau berada di sebelah barat laut Sulawesi. Beraga objek wisata yang dapat anda lakukan bersama keluarga seperti berenang dan snorkeling di kawasan pantai yang memiliki ombak tenang. Tak perlu susah-susah untuk melihat terumbu karang karena dapat ditemukan dengan mudah di sekitaran pantai-pantai. Nah berikut ini tips wisata  di Derawan bersama keluarga untuk membantu anda merencanakan liburan di kepulauan Derawan.


Akses Menuju Kepulauan Derawan

Bandara terdekat dari Derawan yaitu bandara yang berada di Balikpapan, Kalimantan Timur. Dari bandara ini anda bisa menuju kota terdekat untuk melakukan penyebrangan ke kepulauan Derawan yaitu Tarakan atau Berau. Transportasi menuju Tarakan atau Berau bisa anda lakukan dengan transportasi udara dengan pesawat kecil. Akan tetapi khusus menuju Berau terdapat transportasi darat. Dari Balikpapan menuju Berau dengan transportasi darat membutuhkan waktu sekitar 2.5 jam. Sedangkan penerbangan dari Balikpapan menuju Berau hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai di bandara Kalimarau di Berau. Perjalanan kemudian dilanjutkan penyebrangan menuju Derawan dengan waktu sekitar 20 menit.

Penyebrangan di Berau, Pelabuhan Tanjung Batu

Sesampainya di Berau tepatnya di penyebrangan menuju Derawan di pelabuhan Tanjung Batu, anda  pasti bertemu dengan banyak rombongan wisatawan. Pada musim liburan pelabuhan ini selalu ramai oleh wisatawan yang akan menyebrang ke Derawan. Tips wisata di Derawan, pada saat masa libur sekolah sebaiknya anda memiliki paket wisata yang menawarkan terusan dari bandara Kalimarau sampai penyebrangan. Pada saat liburan anda bisa menunggu aga lama untuk antrian penyebrangan ke kepulauan Derawan.

Destinasi Wisata di Derawan

Ada beragam destinasi favorit di Derawan, akan tetapi salah satunya yang cocok untuk wisata bersama keluarga dan anak-anak anda adalah di kepulauan Maratua. Kepulauan ini memiliki Resort yang berada di atas laut yang bernama resort Maldives. Harganya juga relatif terjangkau sebagai tempat menginap bersama keluarga. Belum lagi keindahan pantai-pantai yang dimilikinya dengan pasir putih yang dihiasi nyiur pohon kelapa. Anda juga bisa menjelajahi pulau Maratua karena tidak terlalu besar bersama keluarga. Tips wisata di derawan memilih pulau Maratua karena memiliki ombak yang tenang dan bibir pantai yang dangkal sepanjang 200 meter. Sangat aman untuk digunakan lokasi berenang bersama anak-anak anda.

Kemudian tips wisata di Derawan kedua adalah destinasi wisata di sebuah danau yang terkenal karena kerjernihan airnya, danau tersebut bernama Danau Labuan Cermin. Danau yang lokasinya ada di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau ini sangat populer menjadi destinasi wisata di Derawan. Jika anda melihat foto-foto keindahan danau ini, air danaunya sangat jernih bahkan anda bisa melihat ke dasar laut tanpa harus menyelam. Lokasinya memang aga jauh dari ibukota Berau, yaitu membutuhkan perjalanan hingga 6 jam. Akan tetapi akan terbayarkan ketika anda sampai di lokasi ini dengan kecantikan alam yang dimilikinya. Untuk menuju lokasi ini sudah banyak penyedia travel dari Berau yang akan mengantarkan ke lokasi Danau Labuan Cermin. Anda bisa berangkat dari Bandara Bandara Kalimarau atau dari pelabuhan Tanjung Batu.

Aktivitas yang dapat anda lakukan di Danau Labuan Cermin adalah berenang, snorkeling dan naik perahu. Diantara ketiganya, wisata naik perahu di danau Labuan Cermin Paling cocok bagi anda bersama keluarga. Dari atas perahu anda bisa menyaksikan ikan-ikan yang berada di dalam laut tanpa harus menyelam. Biaya sewa perahu adalah Rp 100.000 setiap orang. Di sini juga disediakan persewaan perlengkapan berenang atau snorkeling seperti snorkle, pelampung, dan kaki katak.

Penginapan di Derawan

Jika anda hanya akan berliburan di kepulauan Derawan saja, anda bisa menginap di penginapan yang berada di pulau utama Derawan. Di sana terdapat beragam penginapan, resort bahkan villa. Namun jika berencana mengunjungi objek wisata di kawasan Berau, sebaiknya menginap di kota Berau karena harganya juga lebih relatif murah.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply