Tips Berwisata Bersama Keluarga di Flores
image of 1140x530

Tips Berwisata Bersama Keluarga di Flores

komodo


Salah satu destinasi yang terkenal yang berada di Flores adalah Pulau Komodo. Pulau yang dikenal karena memiliki hewan purba yang masih hidup yang dipercaya merupakan turunan dari hewan mistis naga yaitu kadal raksasa komodo. Pulau Komodo tak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan baik dari mancanegara ataupun domestik. Bagi anda yang berencana berlibur bersama keluarga, berikut ini beberapa tips wisata  keluarga di Flores di pulau Komodo.


  • Perlengkapan dan Kebutuhan

Tips wisata keluarga di Flores yang pertama adalah persiapkan perlengkapan dan kebutuhan anda. Pulau komodo benar-benar pulau yang ‘liar’ karena tidak ditinggali oleh manusia. Akan tetapi Komodo sebagai taman Nasional dikelola dengan baik oleh penjaga-penjaganya. Beberapa persiapan yang harus anda siapkan adalah pakaian dan perlengkapan untuk tracking. Jangan lupa bawa obat-obatan ringan.

  • Persiapan Memasuki Pulau

Pulau Komodo bagaikan sangkar alam dimana terdapat pulau kecil yang terdapat ribuan hewan Komodo. Setiap pengunjung yang akan mengunjungi pulau komodo akan di pandu oleh Tour Guide yang berpengalaman. Perhatikan aturan-aturan yang sudah ditetapkan untuk keamanan anda bersama keluarga. Nah jika anda memiliki anak di bawah 6 tahun, sebaiknya anda tidak mengajaknya. Paling tidak anak anda harus 9 tahun keatas.

  • Safari di Pulau Komodo

Selama di pulau Komodo, anda beserta keluarga akan di ajak bersafari melihat komodo di habitat aslinya. Pastikan tidak terlalu jauh meninggalkan rombongan, dan tidak terlalu mendekati komodo.

Untuk menuju pulau komodo terdapat dua rute. Rute yang pertama adalah  dari Lombok langsung menuju pulau Komodo. Atau anda juga bisa dari Kupang menggunakan minibus ke Ende tepatnya di Labuhanbajo. Dari sini perjalanan menggunakan speedboat menuju pulau Komodo. Tiketnya adalah Rp 90.000 per orang sudah termasuk biaya tracking dan retribusi pulau Tadar dan Rinca.

  • Alternatif Wisata di Flores

Bagi anda yang khawatir dengan keamanan anak anda, ada beberapa alternatif tips wisata  keluarga di Flores. Yang pertama yang terkenal adalah Pantai Pink. Pantai yang terkenal dengan warna pasirnya berupa merah muda ini merupakan lokasi yang cocok bagi wisata keluarga. Pantai yang aslinya bernama pantai Tangsi ini lebih dikenal sebagai pantai Pink karena warna pasir pantainya. Pantai ini terletak di desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru. Dari kota Mataram, jarak yang diperlukan hanyalah sekitar 2 jam. Nah asiknya pantai Pink ini memiliki arus ombak yang tenang, sehingga anda sekeluarga bisa bermain air dengan tenang. Nah jika ingin lebih menikmati anda bisa snorkeling di sekitaran pantai.

Selain Pantai Pink, terdapat resort kecil yang berada di Pulau Kanawa sebagai Tips wisata keluarga di Flores. Pulau ini merupakan pintu masuk bagi yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Komodo. Lokasinya sekitar 10 kilometer dari Labuan Bajo. Pulau kecil ini merupakan tempat yang cocok bagi anda bersama keluarga untuk berlibur bersama. Anda bisa bermain air, pasir, bersantai, berjemur, bahkan snorkeling dan diving. Nah yang menjadikannya lebih menarik dikunjungi adalah Pulau Kanawa memiliki pondok minimalis berjumlah 13 yang bisa anda sewa. Berbeda dari kebanyakan pulau kecil lainnya, di pulau Kanawa ini anda bisa bermalam.

Tips wisata keluarga di Flores yang terakhir adalah lokasi wisata di Flores berupa tempat pemandian Air Panas Mangeruda. Berada di Desa Piga, Kecamatan Soa, tepatnya di Kota Bahawa, pemandian air panas ini merupakan pemandian alami. Sumber air panas berasal dari mata air di Gunung Inielika yang terdapat di Bajawa. Menurut warga sekitar, air panas di pemandian ini dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit kulit. Namun, pemandian air panas alami ini memiliki tingkat panas yang pas sehingga bisa menjadi destinasi yang unik sembari bersantai.

Kawasan Pemandian Air Panas Mangeruda ini berada di kawasan perkemahan. Sebelum anda mandi, anda bersama keluarga bisa jalan-jalan mengelilingi kawasan hutan yang rindang. Di sekitar lokasi ini juga terdapat fasilitas umum seperti rumah makan dan toilet. Dapat anda temukan mudah tempat menginap di kawasan ini.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply