Tips Wisata Keluarga di Lombok
image of 1140x530
  • Berwisata di Lombok Bersama Keluarga

Kecantikan dan keindahan alam di pulau Lombok kini disebut-sebut menyaingi di Bali. Memang Lombok memiliki beberapa pantai cantik yang tak kalah dari Bali. Oleh karena itu kini Lombok menjadi salah satu destinasi populer baik bagi kalangan dewasa ataupun keluarga. Nah kali ini saya akan berbagi mengenai tips wisata keluarga di Lombok. Ada beberapa hal terkait destinasi dan akomodasi yang harus anda tahu jika akan merencanakan liburan bersama keluarga di pulau Lombok.

  • Wisata Alam bersama Keluarga di Lombok

Selain Bali, Lombok juga memiliki pantai bernama Kuta. Sayang rasanya jika tak mengunjungi pantai cantik ini jika telah sampai di Lombok. Dengan kecantikan dan keeksotisan alamnya, serta pasir putih yang menghampar luas dan ombak yang tenang menjadikan Kuta Lombok menjadi destinasi yang sayang dilewatkan.

Pantai Kuta ini berada di desa Kuta kecamatan Pujut yang termasuk dalam Kabupaten Lombok Tengah. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari Bandara Internasional Lombok. Hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk mencapai pantai Kuta dari Senggigi. Selama perjalanan Senggigi ke Kuta, anda akan melewati Kota Mataram, yang sebenarnya juga memiliki destinasi wisata keluarga yang nanti akan saya jelaskan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai Kuta adalah sekitar pukul 09:00 – 16:00. Mengingat kondisi jalanan di sekitar pantai yang terbilang sepi, jangan datang terlalu sore. Sebaiknya anda datang lebih pagi, sehingga anda bisa mengunjungi pantai-pantai di sekitar pantai Kuta seperti pantai Mawun, dan pantai Belanak.

Akan tetapi di sekitaran pantai Kuta terdapat fasilitas umum seperti rumah makan, homestay, dan hotel. Jika anda berencana menginap bersama keluarga Tips wisata keluarga di Lombok, sebaiknya pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari pantai Kuta. Jika anda menginap anda bisa menikmati sunset di pantai Kuta Lombok.

Namun perlu diingat, sebaiknya sebelum pukul 18:00, anda sudah beranjak dari lokasi ini. Seperti yang saya katakan, kondisinya yang sepi sebaiknya ada tidak terlalu malam meninggalkan pantai Kuta. Lokasi terdekat adalah kota Mataram, dimana terdapat destinasi wisata lainnya.

Nah bagi anda yang berencana menikmati objek wisata di pantai Kuta bersama keluarga seperti snorkeling, berenang, atau bahkan berselancar atau berenang, anda dapat dengan mudah menemukan beragam penyewaan di sekitar pantai. Ingat harga di sini bisa ditawar. Paling tidak tawar hingga 30%.

  • Beristirahat di Resort Rinjani

Tips wisata  keluarga di Lombok selanjutnya adalah sebuah lokasi resort berupa tempat peristirahatan yang berada di kaki Gunung Rinjani. Resort ini cocok dikunjungi bersama keluarga dan juga tempat hiburan yang menarik bagi si buah hati. Di sini terdapat sebuah kolam renang yang bernama infinity pool. Kolam renang ini dapat dinikmati bagi buah hati karena memiliki bagian khusus untuk anak-anak yang tidak terlalu dalam. Kolam renang yang lokasinya terbuka ini langsung menghadap ke kawasan kaki gunung Rinjani. Alhasil selain menikmati kesegaran air kolam, anda juga bisa menikmati keindahan alam di latar belakang. Lokasi Resort ini berada di Jalan Pariwisata Senaru Bayan di Lombok Utara. Tarif resort ini per malamnya mulai dari Rp 800.000 an untuk kamar Deluxe Double.

  • City Tour di Kota Mataram

Setelah beristirahat di resort Rinjani, tips wisata keluarga di Lombok selanjutnya adalah mengunjungi lokasi wisata di kota Mataram. Sebagai ibu kota Lombok, terdapat beragam destinasi wisata di kota Mataram yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Yang pertama adalah Pura Taman Air Mayura. Kawasan pura ini dikelilingi oleh taman yang luas. Di dalamnya terdapat dua wilayah yaitu wilayah taman air dan wilayah pura. Di bagian taman air, anda akan menemukan sebuah kolam yang di tengah-tengahnya terdapat suatu bangunan yang mirip dengan pendopo. Sedangkan di kawasan pura anda bisa melihat empat pura yaitu Pura Gedong, Pura Padmasana, Pura Ngelurah dan Pura Gunung Rinjani.

Destinasi kedua masih berupa Pura di kawasan sama yaitu Cakranegara yaitu Pura Meru. Pura yang dibangun pada sekitar tahun 1720 ini merupakan pura hindu yang paling besar yang berada di pulau Lombok. Keunikan dari pura ini adalah gaya arsitekturnya yang merupakan campuran antara Lombok dan Jawa kuno. Meskipun kebanyakan warga Lombok islam, Pura ini masih difungsikan sebagai tempat beribadah bagi para pemeluk hindu, tapi dibuka untuk umum kecuali hari besar Hindu.

Selain kedua kawasan pura tersebut, destinasi city tour di kota Mataram adalah museum Negeri Nusa Tenggara Barat dan kawasan kota tua Ampenan. Kedua lokasi ini menyimpan banyak saksi sejarah perkembangan kota Mataram yang pastinya cocok untuk anda dan buah hati.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply