Tips Wisata Keluarga di Jogja
image of 1140x530

Yogyakarta merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang menyimpan beragam destinasi wisata. Lokasi-lokasi wisatanya tidak melulu untuk anak muda atau dewasa, namun juga banyak lokasi wisata yang menarik dikunjungi bersama anak-anak anda. Beberapa contoh destinai wisata yang cocok bagi keluarga adalah seperti lokasi bersejarah dan museum. Tapi jangan salah, banyak museum di Jogja yang unik-unik dan pastinya menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Nah berikut ini adalah beberapa tips wisata keluarga di Jogja.

  • Lokasi Wisata

Tips Wisata Keluarga di Jogja yang pertama adalah memilih lokasi-lokasi wisata yang ramah bagi semua anggota keluarga anda, terutama bagi anak-anak. kota ini menawarkan beberapa lokasi wisata keluarga favorit seperti Prambanan dan Keraton. Kedua lokasi ini merupakan destinasi wisata ikon Yogyakarta. Kedua lokasi ini selain sebagai tempat wisata, bisa juga sebagai tempat bagi anak-anak anda untuk belajar mengenai sejarah. Di Prambanan sudah tersedia banyak papan informasi mengenai candi-candi yang terdapat di kawasan tersebut. Sembari jalan-jalan, anda bisa sedikit bercerita kepada anak-anak anda tentang asal-usul candi Prambanan. Selain Prambanan, Keraton juga wajib dikunjungi sebagai destinasi wisata yang edukatif. Di sini anda bisa menemukan beragam rumah-rumah kecil yang terdapat beragam barang-barang bersejarah keraton dari mulai perangkat Gamelan, hingga peralatan khas di dalam keraton. Setiap wisata keraton juga terdapat penjelasan singkat mengenai sejarah.

  • Waktu Berkunjung

Mengingat Prambanan dan Keraton merupakan destinasi yang terkenal, ada sedikit hal yang perlu anda pertimbangkan mengingat anda akan berlibur dengan anak-anak. Sejak mulai Jum’at malam, jalanan di kota Jogja akan sangat padat dengan banyaknya wisatawan yang datang. Untuk menghindari kemacetan, pastikan anda mengunjungi-nya di pagi hari. Jalanan di pagi hari sudah mulai ramai namun belum terlalu macet.

Puncak kemacetan di Yogyakarta adalah saat hari Sabtu hingga menjelang tengah malam. Suasana jalan akan sangat ramai. Pada saat ini hindari berada di jalanan, terutama pusat kota di sekitar kawasan Tugu dan Malioboro. Lokasi tersebut menjadi sangat ramai yang menurut saya sangat kurang ramah untuk anak-anak. Jika ingin mengunjungi lokasi Tugu dan Malioboro, sebaiknya datang sejak sore untuk menghindari kemacetan parah.

Jangan lupa untuk memesan penginapan jauh-jauh hari. Pastinya saat weekend, penginapan dan hotel di Jogja akan sangat penuh. Pilihlah penginapan yang tidak terlalu jauh dari pusat kota agar anda lebih mudah mengunjungi destinasi wisata.

  • Destinasi Alternatif

Selain Candi Prambanan dan Keraton, terdapat beberapa destinasi alternatif yang cocok untuk wisata keluarga di Jogja.  Yang sedang populer adalah Museum De Mata Trick Eye dan Upside Down World Jogja. Yang pertama adalah Museum Tiga Dimensi yang bernama De Mata Trick Eye. Berbeda dengan museum-museum lain, museum ini memamerkan gambar-gambar tiga dimensi. Di sini terdapat 120 koleksi gambar bergaya tiga dimensi yang cocok menjadi lokasi foto untuk keluarga. Selain terdapat beragam foto, tiket masuknya juga relatif murah yaitu Rp 35.000.

Lokasi museum tiga dimensi ini berada di kawasan XT Square, tepatnya di Basement Gedung Umar Kayam. Gedung ini berada di Jalan Veteran Yogyakarta. Jam operasional museum ini adalah buka dari jam 10.00 hingga 22.00.

Nah destinasi wisata keluarga di Jogja selanjutnya adalah Upside Down World. Konsepnya hampir sama dengan museum 3D sebelumnya, namun lokasi ini menawarkan ruangan-ruangan unik yang didesain sedemikian rupa sehingga seolah-olah barang-barangnya terpasang terbalik. Lokasi ini juga menarik dikunjungi anda bersama keluarga. Barang-barang furniture yang berada di setiap ruangannya adalah furniture asli. Namun memang sengaja dipasang terbalik. Harga tiketnya adalah Rp 60.000 untuk dewasa sedangkan untuk anak-anak dengan tinggi dibawah 135 cm hanya perlu membayar Rp 40.000.  Para pengunjung akan ditemani guest assistance yang memandu pada setiap ruangan yang anda dan juga dapat membantu anda untuk mengambil momen unik bersama keluarga.

Lokasi Museum dunia terbalik ini berada di Sleman, tepatnya di Jalan Ring Road Utara, Maguwoharjo, Depok. Lokasi museum tepat berada di depan atau seberang dari Indomaret Casa Grande. Jam operasional museum ini adalah dari jam 10 pagi hingga jam 7 malam saja.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply