Tips Wisata Keluarga di Kepulauan Seribu
image of 1140x530

Tips Wisata Keluarga di Kepulauan Seribu


Tips Wisata di Kepulauan Seribu
Pak Dahlan yang semangat menunjukkan spot-spot terbaik Mulut Seribu. (Fitri Utami Ningrum/Campa Tour)

Tips Wisata di Kepulauan Seribu : Pulau seribu merupakan alternatif  bagi warga ibu kota yang ingin berliburan merasakan suasana pulau yang alami dan indah tanpa harus jauh-jauh pergi ke wilayah Indonesia Timur. Pulau seribu merupakan destinasi wisata yang cocok anda kunjungi bersama anak-anak. Selain jaraknya yang tidak terlalu jauh, juga terdapat beragam transportasi menuju pulau seribu. Untuk lebih jelasnya berikut ini tips wisata di kepulauan seribu.


Transportasi Menuju Pulau Seribu

Tips wisata di kepulauan seribu yang pertama adalah memilih transportasi menuju pulau seribu. Untuk mencapai kepulauan cantik ini, pertama anda harus datang ke Jakarta, tepatnya Jakarta Utara. Dari sini terdapat empat pilihan penyeberangan bagaimana anda bersama keluarga menuju kepulauan seribu. Pilihan tersebut adalah kapal tradisional, kapal feri, kapal PELNI dan kapal cepat.

Jika anda ingin menyeberang menggunakan kapal feri, kapal cepat atau kapal tradisional maka anda harus pergi ke Pelabuhan Kaliadem yang berada di Muara Angke tepat di belakang pasar ikan. Selain itu anda juga bisa menggunakan speedboat yang berangkat dari Dermaga Marina Ancol. Sedangkan kapal PELNI akan berangkat dari pelabuhan Sunda Kelapa.

Tips saya bagi anda yang membawa keluarga sebaiknya pilih transportasi kapal Kerapu atau kapal Feri. Kedua kapal tersebut sudah cukup nyaman untuk melakukan penyerangan bersama anda dan keluarga terutama untuk anak-anak. Harganya di kisaran Rp 25.000 hingga Rp 50.000 per orang.

Untuk kapal Kerapu tiketnya hanya Rp 40.000 dan Rp 50.000 tergantung zona pulau. Jadwal keberangkatan juga setiap hari ada yaitu pembelian tiket puluk 6.30 – 7.30 dan keberangkatan pada pukul 09.00 dan 11.00. Sedangkan untuk kapal Feri Kundur harganya tergantung tujuan pulau dan tiket dewasa dan anak-anak. Untuk keberangkatan dari Kaliadem hanya pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 07.00.

Jika kedua jenis kapal tersebut kurang nyaman, anda bisa memiliki kapal PELNI Express Bahari dengan tiket Rp 75.000 bisnis, Rp 100.000 eksekutif, dan Rp 125.000 VIP. Fasilitas kapal lebih lengkap dan kapasitas lebih banyak. Untuk jadwal keberangkatan adalah hari Senin, Rabu dan Sabtu pada pukul 08.00 dan 13.30.

Akomodasi di Pulau Seribu

Di kepulauan seribu terdapat dua macam pulau yaitu pulau berbasis resort dan pulau non-resort. Tips wisata keluarga di kepulauan seribu, anda tinggal memilih ingin mengunjungi pulau yang mana. Mayoritas pulau-pulau besar merupakan pulau resort yang terdapat hotel dengan fasilitas mewah. Akan tetapi jika anda ingin menekan pengeluaran, di pulau-pulau wisata yang non resort terdapat penginapan berupa homestay yang disediakan warga sekitar. Meskipun sederhana fasilitasnya cukup baik seperti dapur, springbed, dan AC.

Untuk harga homestay bervariasi tergantung kelengkapan fasilitas. Jika anda menyewa hanya kamar, tarifnya berkisar antara Rp 200.000 – Rp 400.000 setiap harinya. Akan tetapi jika anda menyewa satu rumah tarifnya mulai dari Rp 1.000.000 dengan tiga kamar. Tips wisata keluarga di kepulauan seribu menyewa homestay satu rumah bisa menjadi solusi bagi anda dan anak-anak anda agar lebih nyaman.

Makan dan Penyewaan Kapal

Karena anda berlibur bersama keluarga, pastinya masalah konsumsi menjadi hal yang penting, terutama untuk buah hati. Sebenarnya di setiap pulau yang berpenghuni terdapat warung makan. Tapi saran saya jika anda menginap homestay, kebanyakan homestay juga menawari layanan catering makanan dengan tarif yang terjangkau mulai dari Rp 15.000 untuk setiap porsinya. Anda juga bisa memesan lauk sesuai selera anda. Anda tidak perlu repot pergi mencari warung, sehingga waktu anda bersama keluarga lebih efektif untuk berlibur.

Tips wisata di kepulauan seribu selanjutnya adalah menyewa kapal. Karena lokasi kepulauan seribu terpisah oleh lautan, mau tidak mau satu satunya cara anda mengunjungi objek wisata di kepulauan seribu adalah menyewa kapal. Harga sewanya sekitar Rp 300.000 untuk kapal kecil yang muat 6 orang dan Rp 400.000 untuk 10 orang setiap harinya. Disetiap pulau besar terdapat warga lokal yang menyewakan kapalnya untuk mengunjungi objek wisata di pulau seribu.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply