Tips Wisata Keluarga di Pulau Rote
image of 1140x530
Salah satu keindahan Rote, Pantai Oeseli. (Ari Hendra L./Campa Tour)
Salah satu keindahan Rote, Pantai Oeseli. (Ari Hendra L./Campa Tour)

Tips Wisata Keluarga di Pulau Rote : Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi yang sudah terkenal karena memiliki beragam destinasi wisata. Salah satu yang terkenal adalah Pulau Rote. Pulau ini bahkan dikenal para peselancar dunia karena memiliki ombak yang cocok untuk olahraga selancar. Namun selain peselancar, pulau ini juga cocok dikunjungi keluarga yang ingin pergi liburan. Berikut ini adalah beberapa tips wisata keluarga di pulau Rote.


Transportasi Menuju Pulau Rote

Kota besar terdekat dari pulau rote adalah kota Kupang yang memiliki Bandara El Tari. Meskipun memiliki bandara, tidak semua penerbangan langsung ada di kota ini. Pesawat yang langsung menuju Kupang titik keberangkatannya adalah dari Bali. Oleh karena itu anda harus menuju Bali sebelum menuju Kupang.

Tips wisata keluarga di pulau Rote, sesampainya anda dan keluarga di Kupang ada dua pilihan yaitu langsung menuju pelabuhan Tenau atau anda menginap di Kupang. Jika anda sampai di Kupang tidak terlalu sore anda bisa langsung menuju pelabuhan yang hanya membutuhkan waktu 30 menit. Dari pelabuhan menuju pulau Rote anda masih meyebrang selama 3 sampai 4 jam. Pastikan anda sampai di pulau Rote tidak terlalu malam, karena akan kesulitan untuk mencari penginapan dan transportasi.Oleh karena itu jika anda sampai di Kupang sudah sore atau malam, sebaiknya menginap terlebih dahulu dan berangkat keesokan paginya.

Dari pelabuhan Tenau terdapat kapal cepat yang hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam maksimal. Akan tetapi keberangkatan kapal tersebut tidak ada setiap hari, hanya pada hari tertentu.  Sesampainya di Pulau Rote anda akan diturunkan di Pelabuhan Pantai Baru

Menuju Pulau Rote dengan Pesawat

Sejak setahun lalu Pulau Rote memiliki bandar udara yang baru dirombak. Karena banyaknya wisatawan yang menuju pulau rote, akhirnya terdapat penerbangan dari Kupang menuju pulau Rote. Bandara di kawasan Kabupaten Rote Ndao ini bernama Bandara David Constantia Saudale ang sudah dirombak oleh Kemenhub. Bandara DC Saudale sudah memiliki fasilitas standar bandara dari Kemenhub, sehingga memberikan kenyamanan dan kemanan bagi para pengunjung yang mengunjungi pulau Rote.

Penerbangan dari Kupang menuju Pulau Rote dilayani oleh beberapa maskapai penerangan dengan pesawat ATR seperti Trans Nusa, Susi Air dan Wings Air. Ketiga penerbangan tersebut melayani jam keberangkatan menuju Pulau Rote setiap hari. Nah ini bisa menjadi pilihan anda yang tidak ingin repot menghabiskan waktu berlama-lama menyeberang laut. Hanya dalam waktu 25 menit anda bisa sampai menuju pulau Rote dari Kupang.

Transportasi di Pulau Rote

Pulau Rote memiliki dua terminal yang terdapat kendaraan umum, terminal tersebut adalah Terminal Laitasi dan Terminal Metina. Terminal ini menghubungkan penumpang ke daerah-daerah di wilayah kabupaten Rote Ndao. Tips wisata keluarga di pulau Rote, sebaiknya anda menyewa kendaraan untuk mengunjungi objek wisata selama di pulau rote. Selain lebih mudah juga lebih efisien untuk mengunjungi setiap destinasi wisata yang ada.

Destinasi di Pulau Rote

Setiap detik di pulau Rote bagi anda sangat berharga karena kawasan ini memiliki beragam objek wisata dengan keindahan dan panorama alam yang luar biasa. Bebeberapa destinasi yang bisa anda kunjungi adalah seperti pantai Nembrala, pantai Bo’a, bukit Mando’o, Gerbang Batu Pantai Oeseli, Labirin Pantai Mulut Seribu, Benteng alami di pantai Laviti, dan Danau Laut Mati.

Yang wajib anda kunjungi adalah Pantai Nembrala. Di pantai inilah anda akan menemukan banyak peselancar dari seluruh penjuru dunia. Pantai ini memiliki ombak bertaraf internasional untuk olahraga selancar. Namun tidak hanya itu, pantainya juga cantik dengan pasir putih. Di sini sudah banyak saung-saung yang berada di pinggir pantai. Cocok digunakan untuk bersantai bersama anda dan keluarga. Anda juga bisa menikmati makanan khas seafood di sini. Namun selalu perhatikan anak-anak untuk tidak terlalu dekat ke lautan karena banyak peselancar lalu lalang, dan ombak yang relatif besar. Selain pantai Nembrala, pantai Bo’a juga menjanjikan suasana pantai yang indah. Bahkan pantai ini disebut-sebut sebagai pantai yang memiliki sensasi seperti di Hawaii.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Richard
December 28, 2018
Maaf, tolong di ralat. Kapal Cepat Express Bahari ke Pulau Rote 2 kali pelayaran dalam sehari. Pkl. 09:00 dan Pkl. 14:00 dan berlabuh di Pelabuhan Ba'a bukan Pelabuhan Pantai Baru (Pelabuhan Kapal Ferry). Penerbangan Ke P. Rote hanya di layani Oleh Wings Air dengn 2 X penerbangan, Pkl. 06:30 dan 15:10
admin
December 31, 2018
terimakasih pak masukannya..akan segera kami ralat

Leave a Reply