Embung Kledung Temanggung, Wisata Waduk Di Kaki Gunung Sindoro

Temanggung adalah salah satu kota di Indonesia yang berada di daerah dataran tinggi. Selain tembakau, kopi, rempah, sayur dan berbagai hasil perkebunan atau pertanian lainnya, Temanggung juga dikenal dengan kota yang memiliki potensi wisata menarik yang dapat dikunjungi oleh setiap wisatawan. Wisata alam dari mulai gunung, perkebunan teh sampai dengan embung atau dapat disebut dengan waduk buatan dapat juga ditemui di kota Temanggung ini. Salah satu wisata alam embung atau waduk buatan yang sangat mempesona di kabupaten Temanggung adalah Embung Kledung.

Embung Kledung Temanggung ini adalah sebuah waduk buatan yang berfungsi sebagai lokasi tampung air untuk pengairan warga yang berada disekitarnya saat musim kemarau datang. Waduk buatan ini dapat ditemui di kaki gunung Sindoro pada bagian selatannya. Meski memiliki fungsi sebagai tempat penampungan air, namun Embun Kledung tetap memiliki daya tarik tersendiri dari sisi wisatanya. Hal ini juga dikarenakan lokasi alam disekitarnya yang dikelilingi dengan perkebunan menghijau dengan view utama lereng gunung Sindoro bagian selatan.

Selain dapat melihat lereng gunung Sindoro secara dekat, dari Embung Kledung ini para wisatawan juga akan dihibur dengan pemandangan dari gunung Sumbing yang lebih tepatnya akan sangat tampak apabila dilihat dan diperhatikan melalui perbukitan yang berada disekitaran Embung Kledung Kabupaten Temanggung ini. Waduk buatan yang juga berfungsi sebagai lokasi wisata berlatar gunung ini dibangun pada awal mulanya pada tahun 2010 yang lalu. Waduk buatan ini dibangun di bekas lahan perkebunan tembakau milik warga yang memiliki luas secara keseluruhan sebesar empat hektar.

Embung Kledung Temanggung ini lebih tepatnya beada di desa Kledung, nama desa yang juga dijadikan nama dari waduk buatan ini, kecamatan Kledung, kabupaten Temanggung, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Para wisatawan yang tertarik untuk berkunjung demi menikmati keindahan alam yang sangatlah asri di waduk buatan ini, maka dapat memilih beberapa jalur yang diantaranya adalah jalur wisatawan apabila melalui kota Yogyakarta yaitu dengan melajukan kendaraan pribadi atau menaiki bus arah kabupaten Wonosobo.

Dari Wonosobo ini, para wisatawan dapat mengambil jalur untuk masuk ke kabupaten Temanggung dan kemudian menuju ke kecamatan Parakan dan lanjut masuk ke kecamatan Kledung, dan terus lanjut sampai ke desa Kledung. Setelah para wisatawan sampai dilokasi desa Kledung ini, maka selanjutnya tinggal bertanya dan meminta petunjuk dari warga lokal yang akan menunjukkan langsung lokasi embung yang berada di desa Kledung ini. Dibangunnya Embung Kledung ini juga memberikan peluanng kepada petani sekitar untuk menanam berbagai macam jenis sayur dan buah selain tembakau.

Embung Kledung Temanggung adalah salah satu pesona wisata Indonesia yang keberadaannya masih belum begitu dikenal luas dikalangan wisatawan. Keeksotisan lokasi dari Embung Kledung juga dapat diperoleh dengan adanya hamparan perkebunan teh segar yang berada di lahan yang amat sangat luas.

foto by;wahyu.kurniaji

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply