Warisan Situs Dunia Bunaken di Manado
image of 1140x530

Manado sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Utara merupakan salah satu destinasi wisata populer di  Indonesia Tengah. Sama seperti beberapa provinsi di Sulawesi lainnya, Sulawesi Utara memiliki potensi wisata bahari terutama di kawasan Manado. Kota yang terkenal dengan semboyannya “Torang Samua Basudara” yang berarti Kita Semua Bersaudara memang menegakkan semboyan tersebut. Kota ini terkenal dengan keramahannya terutama pada para pendatang yang berkunjung wisata di Manado. Manado merupakan kota yang biasa dijadikan sebagai tempat singgah bari para penyelam yang ingin mengunjungi spot diving di Manado yang terkenal di dunia, yaitu Taman Laut Bunaken. Akan tetapi selain bunaken, Manado juga memiliki beragam destinasi wisata.

Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken dikenal mancanegara karena memiliki alasan tertentu. Taman Laut ini merupakan salah satu Taman Laut di dunia yang sudah diakui sebagai situs warisan dunia. UNESCO menobatkan Taman Laut Bunaken sebagai situs warisan dunia tersebut pada tahun 2005 lalu. Berbeda dengan Taman Laut Indonesia lain yang masih bertaraf nasional, keanekaragaman hayati di Bunaken sungguh luar biasa. Beragam terumbu karang dan ikan dengan beragam jenis dan spesies dapat ditemukan di kawasan Bunaken ini. Tak heran Bunaken menjadi spot diving di Manado yang terkenal seantero dunia.

Bagi para penyelaman, Taman Laut Bunaken bagaikan surga yang tersendiri. Sudah acap kali Bunaken menjadi spot fotografi air dan masuk dalam majalah-majalah luar negeri. Tak hanya penyelam, Bunaken bisa dinikmati baik dengan berenang ataupun snorkeling.

Sampai saat ini terdapat 39 spot diving di bunaken yang sering menjadi kawasan penyelaman. Yakinlah tak cukup hanya sekali sesi penyelaman untuk menikmati keindahan taman laut Bunaken. Saking terkenalnya, di bunaken disediakan kapal selam wisata khusus bagi para wisatawan yang tidak bisa berenang atau menyelam sehingga mereka tetap bisa melihat secara langsung bagaimana keindahan situ warisan dunia ini.

Untuk mendapatkan momen yang tepat, sebaiknya kamu mengunjungi bunaken diantara bulan Mei dan Agustus. Pada masa ini cuacanya terbilang tenang dan kondisi air laut yang jernih. Dengan begitu kondisi penyelaman bisa ideal dengan jarak pandang yang baik. Jaraknya pun tidak terlalu jauh dari pelabuhan Manado yaitu sekitar 35 menit dengan menggunakan kapal cepat.

Pantai Lalalayang

Selain spot diving di Bunaken, di sini juga terdapat spot-spot diving lainnya salah satunya adalah Pantai Lalayang. Pantai yang berjarak 4 km dari kota Manado ini juga memiliki keindahan bawah laut yang patut dikunjungi. Meskipun tidak terumbu karangnya sebanyak di Bunaken, namun pantai Lalayang tetap menawarkan spot diving dengan keindahan alam laut yang bagus. Spot diving di Lalayang cocok untuk semua kalangan, entah penyelam pemula atau profesional sekalipun. Di sekitar pantai juga terdapat beragam penyewaan alat selam dan snorkeling.

Selain menyelam dan snorkeling, kamu juga bisa menikmati pantainya dengan pasir yang berwarna hitam. Di pinggiran pantai juga terdapat beragam pondok makan bagi kamu yang ingin mencicipi kuliner khas Sulawesi.

Arung Jeram Sawangan

Selain spot diving di Manado, di sini juga ada wisata air lainnya yang berada di Sawangan yaitu arung jeram. Sungai dengan arum yang terbilang cukup deras, menjadikan Sawangan tempat yang cocok sebagai adu nyali menantang jeram. Selama dua jam mengarungi jeram Sawangan sepanjang 9 km, kamu akan bertarung dengan arus dan bebatuan di sungai. Lokasi awal arung jeram dimulai dari Resort River Park desa Sawangan.

Air Terjun Kima Atas

Jika diving di Manado ataupun arum jeram terlalu ekstrem untuk anda, Air Terjun Kima Atas bisa menjadi alternatif anda untuk liburan di sini. Berada di Kelurahan Kima Atas, lokasi ini berjarak 15 km dari kota Manado. Di sini kamu akan menemukan air terjun yang berada di tengah-tengah rindangnya pepohonan. Suasana yang sejuk khas di desa sangat berbeda dengan suasana di pantai. Dengan arus yang tidak terlalu deras, banyak wisatawan yang berenang di bawah Air Terjun Kima Atas. Namun jika anda tak ingin berbasah-basahan, anda bisa menikmati indahnya air terjun di pondok makan yang berada di sekitar lokasi.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply