Wisata Bahari di Tobelo
image of 1140x530

Provinsi Maluku Utara merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi pariwisata yang tinggi. Salah satu lokasi wisata di sini adalah di kabupaten Halmahera Utara, tepatnya berada di ibukota kabupaten tersebut yaitu Tobelo. Wilayah yang berbatasan dengan Galela di bagian utara dan Kao di bagian selatan ini memiliki beragam destinasi wisata alam terutama pantai dan spot diving di Tobelo. Tobelo memiliki suku asli yang bernama Tobelo yang berkomunikasi dengan bahasa Tobelo pula.

Sebagai kota pariwisata, kota Tobelo berada di dekat pegunungan Karianga. Kota ini merupakan daratan rendah yang sangat luas dimana banyak pohon-pohon kelapa. Alhasil kota ini memiliki komoditas utama dari hasil pohon kelapa tersebut.

Termasuk dalam kawasan Pulau Halmahera, kota Tobelo memiliki keunikan sendiri dari pada kota-kota lain. Di sepanjang garis pantai di Tobelo di kawasan tersebut terdapat kumpulan pulau-pulau kecil dengan kondisi alam yang terjaga. Daya tarik utama dari pulau-pulau kecil tersebut adalah pasir pantai yang putih bersih, kemudian air laut yang jernih dan tak lupa keindahan bahari di bawah permukaan laut.  Di sekitar pulau-pulau kecil inilah banyak ditemukan spot diving di Tobelo. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa lokasi wisata yang dapat kamu temui di kota Tobelo.

Pulau Tagalaya

Salah satu destinasi favorit di Tobelo adalah pulau Tagalaya. Kondisi alam dan laut di kawasan pulau ini begitu tenang. Ukuran pulaunya sendiri tidak terlalu besar, bahkan bisa dikelilingi hanya dengan berjalan kaki. Selain itu pasir putih beserta air laut yang jernih dapat mudah ditemui di setiap sisi pulau. Kemudian dengan arus laut yang tenang, pulau Tagalaya memiliki beberapa spot diving di Tobelo favorit. Keindahan biota laut dengan beragam jenis terumbu karang dan ikan-ikan merupakan daya tarik utama bagi para penyelam. Dengan kedalaman yang bervariasi dari 2 hingga 10 meter anda bisa memiliki snorkeling atau diving di kawasan pulau Tagalaya.

Pulau Kakara

Pulau Kakara juga tak kalah cantik dengan pulau Tagalaya. Pulau ini memiliki keindahan alam bagi di atas pulau atau di bawah laut. Di pulau ini banyak ditumbuhi pohon-pohon yang rindang baik di tengah atau disekitar pantai. Nah pohon-pohon rindang di samping pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat berteduh sembari menikmati indahnya pantai di Pulau Kakara.

Di pulau ini terdapat salah satu budaya khas yaitu budaya Hibualamo. Di sini terdapat rumah adat Hibualamo yang merupakan simbol pemersatu bagi masyarakat yang berada di Halmahera. Di kawasan ini juga disewakan beberapa pondok penginapan. Anda bisa menginap di penginapan tersebut yang di kelola oleh warga sekitar. Selain itu para warga sekitar juga tak segan untuk menawarkan masakan-masakan khas dari Tobelo.

Sedangkan untuk spot diving di Tobelo di kawasan pulau Kakara lokasi yang paling rekomended berada di tanjung timur Kakara. Untuk snorkeling atau diving waktu yang baik adalah saat laut sedang pasang, karena kedalaman yang tidak terlalu dalam saat surut justru karang-karang tersebut dapat anda nikmati tanpa harus menyelam. Ciri khas dari spot diving di Tobelo disini selain keragaman terumbu karang dan ikan laut adalah jumlah bintang laung yang banyak. Anda dapat dengan mudah menemukannya di setiap sisi dasar laut.

Pantai Kupakupa

Lokasi berikutnya merupakan lokasi yang mudah diakses karena kamu tidak perlu melakukan penyeberangan. Lokasi tersebut adalah pantai Kupakupa. Ciri khas dari pantai Kupakupa adalah terdapat banyak pohon beringin yang berada di pinggir pantai. Alhasil pohon-pohon beringin tersebut menjadi spot alami bagi anda yang ingin beristirahat di pinggir pantai. Anda juga bisa menyewa beberapa pondok yang disediakan warga sekitar untuk beristirahat.

Di pantai ini karena lokasinya berada di bagian dalam teluk, arusnya sangat tenang, tidak begitu banyak ombak besar. Oleh karena itu panta Kupakupa ini juga cocok menjadi lokasi berenang. Atau anda juga bisa menyewa kano untuk mengarungi bibir pantai di sini. Ada juga spot snorkeling dan spot diving di Tobelo jika anda ingin mengintip indahnya biota laut.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply