Panduan Berwisata di Pulau Banda Naira Bersama Keluarga
image of 1140x530

Panduan Berwisata di Pulau Banda Naira Bersama Keluarga



Pesona wisata di Indonesia Timur memang tiada habisnya untuk dibahas. Salah satu lokasi wisata di Indonesia Timur adalah Banda Naira yang berada di Maluku Tengah. Nah sebelum anda berkunjung ke Banda Naira, berikut ini tips wisata keluarga di pulau banda Naira.


Menuju Banda Naira

Lokasinya yang berada di Kepulauan, salah satu akses transportasi yang memungkinkan adalah pesawat. Untuk mencapai ke Banda Naira, anda harus mencari pesawat dengan tujuan Ambon. Dari Ambon, anda akan bertolak dari bandara menuju pelabuhan Tulehu. Pelabuhan ini melayani penyeberangan langsung menuju Banda Naira.

Tips wisata keluarga di pulau Banda Naira, pastikan anda memesan jadwal penerbangan di hari adanya penyeberangan dari Tulehu menuju banda Naira karena tidak setiap hari terdapat kapal yang menyeberang menuju Banda Naira.

Kapal penyeberangan dari Ambon menuju Banda Naira biasanya berangkat pada hari Sabtu sekitar pukul 09.00 – 10.00. Untuk mengantisipasi agar tidak terlambat, sebaiknya anda memilih penerbangan sehari sebelumnya pada hari Jum’at malam. Atau anda bisa berangkat paling telat pada Sabtu tengah malam sekitar pukul 00.30 WIB sehingga anda akan tiba di Ambon pada pukul 06.00 – 07.00. Terdapat waktu sekitar 3 jam untuk anda bersiap menuju pelabuhan dan membeli tiket penyeberangan. Dari bandara menuju Pelabuhan Teluhu anda masih akan melakukan perjalanan darat selama 1,5 jam. Cukuplah untuk beristirahat sebelum sampai di pelabuhan. Pastikan anda memilih mobil jemputan yang nyaman untuk anak-anak anda.

Tips wisata keluarga di Banda Naira, sesampainya anda di pelabuhan Tulehu ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Yang pertama bagilah tugas antara membeli makanan bekal dan membeli tiket. Yang pertama anda akan menyeberang menuju banda Naira selama 6-7 jam. Pastikan bekal anda cukup selama di atas kapal. Yang kedua antrean tiket sangat banyak dan tidak kondusif karena terbatasnya keberangkatan kapal. Tiketnya dipatok harga sekitar Rp 400.000 perkepala. Pastikan anda segera membeli sesampainya di pelabuhan.

Keberangkatan Kapal Express Bahari yang melayani penyeberangan Tulehu menuju Banda Naira hanya ada dua kali yaitu hari Rabu dan Minggu. Kemudian untuk jadwal kepulangan dari Banda Naira adalah Selasa dan Sabtu. Jika anda tidak mendapat tiket, mau tidak mau harus menginap di dekat pelabuhan selama 4 hari. Oleh karena itu rencanakan perjalanan anda sebaik-baiknya agar anda tidak menghabiskan waktu terlalu banyak karena harus menunggu jadwal kapal penyeberangan.

Destinasi Wisata

Meskipun aksesnya membutuhkan waktu yang lama, namun destinasi wisata yang dimiliki Banda Naira akan terbayarkan.

  • Benteng Belgica

Benteng yang sudah berdiri sejak zaman VOC ini masih kokoh. Lokasinya yang berada di pusat kota menjadikannya mudah diakses. Benteng ini bisa dikunjungi dari pagi hingga sore. Anda dan anak-anak bisa mengelilingi benteng dan bisa naik ke bagian atas sembari melihat lautan yang terlihat jelas.

  • Pulau Hatta

Pulau yang aslinya bernama pulau Rosengian ini dikenal sebagai pulau Hatta karena merupakan saksi sejarah dimana dulu bung Hatta pernah di asingkan di pulau ini. Selain nilai sejarah, pulau ini memiliki keindahan pantai. Dengan ombak yang tenang anda bisa bersantai dan anak-anak bisa bermain di pinggir pantai dengan aman. Untuk sampai di pulau Hatta, anda harus naik kapal selama 2 jam. Selain pulau bung Hatta terdapat pulau cantik lainnya yaitu Pulau Thun, Pulau Nailaka dan Pulau Pisang. Jika anda hoby snorkeling, pulau pisang merupakan destinasi yang harus anda kunjungi karena terdapat beragam batu karang cantik yang berada di dekat pantai. Anda tak perlu repot harus diving untuk melihat biota di bawah laut di Pulau Pisang.

  • Desa Lontoir

Desa ini terkenal karena memiliki hutan yang unik. Hutan ini ditumbuhi oleh pohon pala yang berukuran besar. Selain itu terdapat beberapa destinasi lain seperti Sumur Air, Kebun Kenari, dan juga Benteng Holandia.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply