Wisata Banyuwangi Bersama Keluarga
image of 1140x530
Wisata Banyuwangi Bersama Keluarga
Kawah Ijen, tour Ijen dan Banyuwangi

Panduan Wisata Bersama Keluarga di Banyuwangi


Banyuwangi yang terletak di ujung timur Indonesia, merupakan salah satu kota yang mulai banyak dikunjungi wisatawan. Beragam jenis destinasi ada di Banyuwangi seperti wisata alam pendakian gunung dan festival Banyuwangi yang sudah terkenal di kancah Internasional. Tak hanya itu keindahan kota Banyuwangi juga menarik untuk dikunjungi. Kini Banyuwangi tidak hanya sebagai kota transit sebelum berkunjung ke Bali, namun juga sebagai destinasi utama.


  • Transportasi Menuju Banyuwangi

Tips yang pertama adalah memilih jenis transportasi. Ada dua moda transportasi yang dapat anda gunakan bersama keluarga jika berasal dari luar provinsi atau luar pulau. Yang pertama adalah transportasi udara. Banyuwangi  memang memiliki bandara bernama bandara Blimbingsari, akan tetapi tidak semua penerbangan langsung menuju Banyuwangi. Sebelum ke Banyuwangi, anda biasanya akan transit terlebih dahulu di Surabaya. Nah dari Bandara Juanda Surabaya, banyak maskapai penerbangan langsung menuju Banyuwangi dengan keberangkatan paling pagi pukul 01.00 dan paling malam pukul 23.00. Akan tetapi jika anda dan keluarga ingin transportasi yang lebih terjangkau, anda bisa menggunakan kereta.  Keberangkatan kereta menuju Banyuwangi terdapat dua macam kereta yaitu Ekonomi dan Eksekutif. Kereta eksekutif bernama kereta Mutiara Timur dengan titik keberangkatan Surabaya menuju Banyuwangi.
Sedangkan untuk kereta Ekonomi yaitu kereta Sri Tanjung berangkat dari Yogyakarta melewati Surabaya kemudian Banyuwangi. Berikut ini jadwalnya : KA Sri Tanjung Yogyakarta – Banyuwangi keberangkatan pukul 07.30 dan
Banyuwangi – Yogyakarta keberangkatan pukul 6.45.
KA Mutiara Surabaya – Banyuwangi keberangkatan pukul 09.00 dan 22.00 kemudian Banyuwangi – Surabaya dengan jam yang sama.

  • Transportasi Menuju Kota Banyuwangi

Jika anda menggunakan transportasi udara, maka sesampainya di Bandara Blimbingsari terdapat layanan Bus Damri yang akan mengantar anda ke Kota Banyuwangi dalam waktu sekitar 30 menit. Tarifnya cukup murah hanya Rp 20.000 setiap penumpang. Sedangkan jika anda naik kereta, anda akan turun di Stasiun Banyuwangi yang lokasinya berdekatan dengan pelabuhan Ketapang. Dari stasiun anda bisa memilih becak, ojek, atau taksi untuk menuju penginapan langsung.

  • Penginapan

Tips wisata keluarga di Banyuwangi jika anda menggunakan kereta, sebaiknya anda sudah memesan penginapan yang dekat dengan staisun, mengingat sebagian besar kereta tujuan Banyuwangi sampai pada malam hari. Nah di
dekat stasiun terdapat penginapan favorit di kalangan wisatawan yaitu Ketapang Indah Hotel. Dari Stasiun anda hanya membutuhkan 10 menit untuk sampai ke hotel ini. Fasilitasnya lengkap dengan harga yang relatif terjangkau dan memiliki restoran dan kolam renang. Akan tetapi terdapat penginapan yang lebih sederhana yaitu Mirah Hotel. Hotel ini sering digunakan para backpacker, karena tarif sewa kamarnya yang sangat terjangkau dari mulai Rp 170.000. Selain kedua penginapan tersebut yang dekat dengan stasiun, ada juga beberapa penginapan lain yang berada di kota seperti Berlian Barat Hotel, Catimor Homestay, Ijen Hotel, Ijen Guest House, Mayar Hotel, Giri Indah Hotel dan sebagainya.

  • Destinasi Wisata Keluarga

Tips selanjutnya adalah memilih destinasi yang cocok bagi anda dan keluarga. Yang pertama dan paling terkenal adalah Pantai Bedul. Pantai ini merupakan ikon wisata di Banyuwangi. Dengan keindahan panorama alam, pantai ini cocok dikunjungi bersama anda dan anak-anak. Sebenarnya pantai Bedul ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Pantai Bedul adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Taman Nasional ini. Jarak Taman Nasional ini dari kota Banyuwangi adalah 2 jam. Di sini terdapat beberapa  destinasi lain selain Pantai Bedul yaitu

  • Pantai Pancur
  • Pantai Trianggulasi
  • Pura Giri Selaka
  • Situs Kawitan
  • Hutan Mangrove Bedul

Hutan Bambu
Mungkin sehari tidak cukup untuk mengunjungi situs wisata yang berada di Taman Nasional ini. Untuk sampi ke sini anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Pilihan satu-satunya adalah menyewa mobil jika anda datang bersama keluarga, karena tidak ada Transportasi Umum. Rute menuju taman nasional ini adalah Rogojampi – Srono – Muncar – Tegaldlimo – Alas Purwo. Jangan lupa setiap pengunjung dikenakan retribusi Rp 5.000.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply