Wisata Kampung Betawi Setu Babakan
image of 1140x530

Membahas liburan, tentu yang terbayang dalam benak kita suasana adem dan menenangkan tanpa hiruk pikuk kemacetan serta dikejar – kejar pekerjaan. Kita bisa berlibur ke pantai, pedesaan, gunung, sungai atau manapun yang memiliki nuansa alami.

Tahukah Anda jika ternyata tempat seperti itu juga dapat ditemukan di Jakarta. Jika tak percaya silahkan Anda membuktikannya dengan berkunjung ke Kampung Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Setu Babakan menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik saat ini. Setu Babakan sendiri telah ditetapkan oleh Pemerintah DKI Jakarta sebagai Cagar Budaya Betawi. Setu Babakan pun langsung berubah wajah menjelma menjadi sebuah Kampung Betawi nan asri.

Kampung Setu Babakan terletak di Kelurahan Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan. Pemerintah DKI Jakarta telah melakukan penataan ulang terhadap kampong masyarakat asli Betawi ini. Seperti yang diketahui, Budaya Betawi bisa dikatakan sebagai budaya asli Jakarta. Seiring dengan kemajuan jaman, budaya lokal mulai tergerus oleh besarnya arus urbanisasi yang terjadi di Jakarta.

Berdasarkan informasi resmi dari Pemerintah DKI Jakarta, Kampung Betawi Setu Babakan berdiri di atas lahan seluas 32 hektar. Di perkampungan Setu Babakan para wisatawan pun dapat menemukan sebuah danau buatan atau lebih dikenal dengan sebutan Setu. Sumber air Setu Babakan berasal dari aliran Sungai Ciliwung.

Seru kan..sebuah kampung berdiri di belantara metropolitan dengan ribuan gedung pencakar langitnya.

 

Ragam Wisata Kampung Wisata Setu Babakan

Saat berkunjung ke Kampung Betawi Setu Babakan para traveler akan disuguhi aneka hiburan dan wisata sepertui wisata alam, wisata budaya maupun wisata kuliner yang cukup lengkap. Para traveler bebas berjalan – jalan dan bersenang – senang menghabiskan waktu di Setu Babakan.

Kita akan mencoba mengulas wisata di Kampung Betawi Setu Babakan satu persatu dalam artikel ini.

  • Wisata Alam

Kita akan disuguhi suasana yang masih asri dan alami saat mengunjungi Setu Babakan. Semenjak ditetapkan sebagai cagar budaya Betawi, Kampung Setu Babakan langsung berubah menjadi kawasan pedesaan dengan lingkungan alam dan budayanya yang dilestarikan dengan baik. Untuk itu jangan heran jika Anda masih menemui banyak pohon rindang di rimba Ibukota Jakarta saat dating ke Setu Babakan. Para traveler dapat menghabiskan waktu di danau sembari menyaksikan aktivitas penduduk Setu Babakan. Para warga biasanya memanfaatkan danau tersebut untuk memancing dan bahkan menjala ikan.

  • Wisata Air

Terdapat sejumlah alternatif wisata air yang ditawarkan di Setu Babakan. Para traveler dapat menikmati bermain sepeda air. Para traveler dapat menyewa sepeda air untuk berkeliling danau sembari menikmati pemandangan kampong dari air.

Selain sepeda air, para pengunjung juga bisa naik perahu naga untuk mengelilingi danau. Tentu sangat asyik bersama keluarga naik perahu naga bersama – sama. Selain itu, Setu Babakan juga menjadi surganya untuk mancing mania. Para pemancing bebas memancing di Setu Babakan tanpa biaya sepeser pun dan membawa hasil pancingannya pulang ke rumah. Untuk Anda yang memiliki hobi memancing, kampung Setu Babakan menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi.

  • Wisata budaya

Para traveler dapat menikmati aneka pertunjukan seni khas betawi di Kampung Betawi Setu Babakan. Di Setu Babakan telah tersedia beberapa panggung yang memang sengaja dibangun untuk pertunjukan seni asli Betawi. Kita akan disuguhkan berbagai seni khas Betawi seperi tari Narojeng, cokek, tari topeng, marawis, lenong, ondel – ondel dan berbagai pertunjukan khas Betawi lainnya. Berbagai pertunjukan khas Betawi tersebut biasanya bakal digelar setiap weekend atau hari libur nasional.

Selain aneka pertunjukan seni para traveler juga dapat menelusuri budaya betawi lebih dalam dengan mengelilingi Kampung Setu Babakan. Anda bisa menemukan 3 macam rumah khas Betawi yakni Betawi Gudang (kandang), Betawi Kebaya (Bapang) serta rumah Joglo mirip rumah khas Jogja. Traveler juga bisa menemukan sejumlah prosesi adat Betawi jika beruntung.

  • Wisata Agro

Anda juga bisa melakukan wisata agro saat berkeliling kampung. Pengunjung bisa menemukan kebun dan pertanian milik warga. Traveler juga bisa menikmati buah – buahan yang ada di pelataran warga tentu dengan membelinya terlebih dulu.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply