Wisata Sejarah di Kompleks Candi Kembar, Plaosan
image of 1140x530

Jawa Tengah terkenal dengan salah satu objek wisata candinya adalah candi Borobudur yang berada di kota Magelang, sedangkan di Yogyakarta lebih terkenal dengan candi Prambanan yang terletak daerah perbatasan dengan kabupaten Klaten. Akan tetapi, kawasan Prambanan tidak hanya satu situs candi saja. Terdapat beberapa situs candi di kawasan ini yang salah satunya adalah Candi Plaosan. Candi yang terkenal dengan wisata Gerobak Tour Candi Plaosan ini memiliki ciri khusus yaitu memiliki candi utama yang kembar.

Lokasi Candi Plaosan berada sekitar 1 km ke arah utara dari Candi Prambanan. Berbeda dengan candi Prambanan yang sudah go internasional, Candi Plaosan masih belum terlalu ramai. Tiketnya pun terbilang sangat terjangkau hanya Rp 3.000 rupiah saja. Candi yang dibangun oleh Rakai Pikatan ini menurut cerita di persembahkan untuk permaisurinya yang bernama Pramudyawarnadi. Candi yang terletak di kawasan Dusun Bugisan ini memiliki arsitektur perpaduan antara Budha dan Hindu.

Wilayah Candi Plaosan dibagi menjadi 2 kompleks, Wilayah yang pertama adalah Candi Plaosan Lor yang terletak di sebelah utara kawasan candi sedangkan Candi Plaosan Kidul terletak di sebelah selatan kawasan candi. Kedua candi tersebut sama-sama memiliki teras dengan bentuk segi empat dan dikelilingi oleh dinding. Anda akan menemukan sebuah tempat berbenduk seperti gardu  di bagian barat yang merupakan tempat bersemedi sedangkan di sisi lainnya terdapat stupa. Jika dilihat sekilas kedua wilayah candi tersebut memiliki kemiripan, oleh karena itu Candi Plaosan sering disebut sebagai Candi Kembar.

Pada wilayah Candi Plaosan Lor terdapat halaman tengah yang disekitarnya terdapat dinding. Sedangkan pintu masuknya berada di sebelah barat. Di bagian halaman ini terdapat pendopo dengan ukuran 21,62 m x 19 m. Di sebelah timur pendopo terdapat 3 altar yaitu altar selatan, timur, dan utara. Pada wilayah Candi Plaosan Kidul memiliki bentuk yang sama dengan pendopo. Akan tetapi di sekeliling pendopo terdapat 8 candi kecil yang bertingkat. Seluruh kompleks Candi Plaosan terdapat 50 candi perwara dan 116 stupa perwara.

Sebenarnya kompleks candi Plaosan tidak hanya kawasan di sekeliling dinding bagian di bagian utara atau di timur. Jika diamatai lebih jelas, anda akan menemukan pagar keliling dengan panjang 460 m yang melintang dari selatan ke utara sedangkan lebarnya adalah 290 m dari barat ke timur.

Nah yang unik adalah kawasan Candi Plaosan yang begitu asri karena di sekitarnya terdapat area persawahan. Candi Plaosan tidak hanya menawarkan wisata untuk melihat kecantikan candinya saja. Lokasi di candi Plaosan sering digunakan sebagai tempat outbound. Makan jika anda berkunjung kesini kemungkinan bertemu kelompok-kelompok yang sedang outbound. Berbeda dengan kawasan candi utama di Prambanan, kawasan candi Plaosan begitu sejuk karena ditumbuhi beberapa pepohonan disekitarnya.

Di candi Plaosan ada beberapa jenis wisata lain yang bisa anda nikmati seperti berkeliling di desa. Tapi yang menarik adalah moda transportasinya karena anda tidak akan diajak berjalan atau pun naik kendaraan melainkan anda akan diajak berkeliling desa dengan gerobak sapi.

Gerobak tour candi plaosan ini sedang populer di kawasan ini. Kawasan desa di sekitar candi ini, terdapat banyak warga yang memiliki gerobak sapi yang dulunya digunakan untuk alat transportasi untuk keperluan bertani. Namun seiring perkembangan jaman, penggunaan gerobak sapi semakin berkurang.

Untuk meningkatkan potensi wisata di kawasan candi plaosan serta memberikan tawaran wisata yang unik, beberapa warga di sini menawarkan wisata Gerobak tour candi plaosan. Para penumpang akan diangkut dengan gerobak yang ditarik sapi. Tentu saja gerobaknya sudah dihias sedemikian rupa sehingga nyaman bagi wisatawan. Setelah itu para wisatawan akan diajak berkeliling, tidak hanya di kawasan candi Plaosan namun juga kawasan desa di sekitar candi. Selain itu para wisatawan juga akan diajak ke beberapa tempat makan tradisional disini yang salah satunya adalah soto batok, dimana penyajian soto menggunakan tempurung kepala. Ayo apa lagi, segera kunjungi candi plaosan untuk menikmati sensai berkeliling desa dengan gerobak sapi.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply