Perpaduan Eksotik Harmonisnya Air Terjun dan Laut di Pantai Jogan

Salah satu pantai terunik di Kawasan Gunungkidul ialah Pantai Jogan. Kenapa? Sebab, tidak hanya keindahan bentangan laut yang tampak, bahkan aliran Air Terjun di bibir pantai mampu membius hati para wisatawan. Air Terjun di Pantai Jogan mengalir dari tebing di bibir pantai setinggi 10 meter, air mengalir dari sungai, jatuh membasahi batuan karang yang tersebar di bawah tebing dan bermuara langsung ke laut. 

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Pantai Jogan wajib untuk mengetahui kondisi dan rute menuju kesana supaya liburan anda lebih berkesan dan aman, Yuk simak ulasannya berikut ini yaa.. Jangan sampai terlewatkan karena ada banyak keindahan di sini

Rute dan Kondisi Jalan di Pantai Jogan

Jalan menuju Pantai Jogan searah dengan jalan menuju Pantai Siung, hanya saja jalan menuju Pantai Jogan masih berkonblok berbeda dengan arah menuju ke Pantai Siung yang sudah beraspal. Ketika anda menggunakan motor, memerlukan waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai ke Pantai Jogan dari arah Jogja dengan menyusuri jalanan aspal mulus berkelok-kelok membelah batuan karst di kawasan Gunung Kidul. Bila kita sampai di Pos Retribusi Pantai Siung, pertanda lokasi Pantai Jogan Jogja sudah dekat, sebab, sekitar 400 meter dari pos itu, akan terlihat papan kayu penunjuk arah menuju Jogan. Jalan aspal berganti menjadi jalan setapak yang akan memandu perjalanan selanjutnya. Tambah asyik lagi, anda akan di dampingi dengan dua sungai kecil di sisi kiri yang nantinya akan menyatu dan menjelma menjadi air terjun. 

Tiket masuk ke Pantai Jogan

Tiket masuk di Pantai Jogan per orang harus membayar retribusi sebesar 10.000 rupiah, dan untuk tiket parkir sepeda motor sebesar 3.000 rupiah, mobil 5.000 rupiah dan bus sebesar 20.000 rupiah.

Fasilitas di objek wisata ini pun cukup memadai, di antaranya gazebo, kamar mandi, warung, dan tempat parkir.

Ada banyak sekali aktivitas seru yang dapat anda lakukan disini, diantaranya

1. Menikmati kesegaran air yang jatuh dari atas tebing

Keunikan Pantai Jogan terletak pada tebing air terjun yang airnya mengalir ke laut. Oleh karena itu, kamu harus merasakan kesegaran air terjun yang membasahi seluruh tubuh. Air sungai yang jatuh dari tebing setinggi 10 m tak berbahaya untuk tubuh, mengingat debit air yang tak begitu deras. Usai puas menikmati kesegaran air terjun, jangan lewatkan kesempatan berfoto di bawah tebing.

Bagi yang tak ingin bermain air terjun, kamu bisa menceburkan kaki ke air jernih yang menyegarkan. Selain itu, kamu juga bisa duduk santai di batu karang sambil berfoto. Jangan buru-buru pulang, tunggulah momen matahari terbenam di sini dan saksikan sendiri keindahannya!

2. Memacu adrenalin dengan rappelling

Kamu juga bisa melakukan rappelling saat berkunjung ke Pantai Jogan. Rappelling adalah aktivitas menuruni tebing dengan menggunakan perlengkapan khusus. Biasanya, rappelling dilakukan oleh para pencinta alam di tebing yang tak begitu tinggi atau ekstrem.

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan tebing yang ada di Pantai Jogan untuk melakukan aktivitas seru ini. Uniknya, jika melakukan rappelling di sini kamu akan mendapat tantangan baru menuruni tebing, sekaligus air terjun!

Rappelling akan lebih menantang jika kamu melakukan aktivitas ini pada musim hujan. Hal ini disebabkan karena debit air terjun yang mengalir dari sungai akan bertambah besar, sehingga alirannya pun akan semakin deras. Jadi, bagi yang berjiwa petualang, pastikan kamu mencoba rappelling di Pantai Jogan, ya!

Baiknya kamu datang ke Pantai Jogan di hari kerja atau low season. Selain lebih leluasa menikmati air terjun, kamu pun tak akan mendapati orang berlalu lalang di belakangan saat mengambil foto bersama pemandangan pantai.

Adapun saat yang tepat untuk menikmati keindahan air terjun adalah di akhir musim hujan, yakni sekitar April – Juni. Ketika akhir musim hujan, debit air yang mengalir di air terjun juga semakin deras, sehingga kamu akan lebih puas menikmati air deras yang jatuh “menghantam” tubuh.

Pastikan saat kamu Tour Jogja, untuk bisa berkunjung dan menikmati keindahan dari Pantai Jogan.

Jika tertarik dan ingin mengunjungi Pantai Jogan atau destinasi wisata lainnya di Jogja, segera pesan paket wisata Jogja di campatour.com.

Jika Anda menginginkan beberapa paket tour jogja bisa dipilih di tautan sebagai berikut:

  1. Paket Tour Jogja 3H2M Pantai Timang Murah
  2. Paket Tour Jogja 3H2M promo
  3. Paket Tour Jogja 3h2m Super Murah (Rafting Sungai Elo)

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply