Gunung Api 666 Mdpl Di Banda Naira

Gunung Api Di Banda Naira merupakan satu satunya gunung berapi aktif yang berada di Kepulauan Banda, Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Tepat di wilayah Pulau Gunung Api, Gunung Api Banda Naira berada. Gunung Api Di Banda Naira ini pernah mengalami 5 kali letusan di masa lalu. Tahun pertama letusan gunung api ini adalah pada tahun 1614 lalu selanjutnya 1720, 1810, 1891 dan yang terakhir adalah pada tanggal 8 Mei 1998 lalu. Gunung api yang masih aktif ini memiliki ketinggian 666mdpl.

Letusan terakhir yang disebabkan oleh Gunung Api Banda Naira ini menyebabkan kerusakan parah pada wilayah yang ada di sekitarnya. Lava, batu pijar, awan panas menyembur dari dalam Gunung Api ini sehingga di masa lalu, penduduk yang bermukim di wilayah Banda harus mau diungsikan menuju ke Ambon. Letusan terakhir ini menyebabkan wilayah sekitar harus di kosongkan selama beberapa minggu. Meskipun demikian, pada saat ini Gunung Api Di Banda Naira ini bisa menjadi salah satu destinasi menarik terutama juga untuk kalangan wisatawan lokal maupun asing yang senang dengan pendakian.

Dapat dikatakan meski tinggi gunung yang hanya 666mdpl, namun jalur pendakian yang disediakan merupakan jalur pendakian yang lumayan sulit. Jalanan yang dipenuhi dengan kerikil serta pasir menyebabkan perjalanan mendaki lebih sulit daripada mendaki pegunungan biasa. Dari puncak gunung ini, para wisatawan lokal ataupun asing bisa melihat indahnya kepulauan Banda bersamaan dengan lautan yang menghampar luas.

Gunung Api Di Banda Naira, adalah satu dari sekian banyak lokasi tujuan destinasi para wisatawan lokal ataupun asing yang dapat dikunjungi saat melakukan perjalanan wisata ke Kepulauan Banda. Gunung Api ini dapat dicapai oleh para wisatawan dengan menggunakan kapal kapal yang berlabuh di pelabuhan Banda Naira. Perjalanan menyenangkan para wisatawan berlayar dari pelabuhan Banda Naira sampai dengan mendarat di kaki Gunung Api tersebut sekaligus bisa melihat secara langsung bayangan gunung yang merupakan satu satunya Gunung Api aktif di Kepulauan Banda, Maluku, Indonesia.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply