Jejah Bahari di Pulau Naga Komodo
image of 1140x530

Pulau Komodo merupakan salah satu ikon wisata Indonesia yang telah diakui dunia.  Sampai saat ini Pulau Komodo menjadi destinasi favorit terutama di wilayah Indonesia Bagian Timur. Pulau Komodo termasuk dalam Kepulauan Nusa Tenggara. Beberapa Kepulauan di Nusa Tenggara termasuk sebagai Taman Nasional Komodo yaitu Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Pulau Motang, dan Pulau Padar. Pulau komodo terletak di perbatasan antara Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sampai saat ini wisata utama di sini adalah trekking di hutan pulau Komodo. Banyak pengunjung yang ingin menyaksikan hewan purba tersebut secara langsung. Beberapa atraksi adalah saat proses Komodo berburu makanan. Selain itu dalam hutan pulau Komodo juga terdapat beberapa hewan lainnya seperti rusa, kuda, musang, beruk dan lain-lain. Namun pulau  Komodo juga memiliki objek wisata bahari termasuk lokasi diving di Komodo.

Wisata Snorkeling dan Diving di Komodo

Ada beragam wisata yang dapat kamu lakukan di kawasan pulau Komodo tak melulu hanya melihat binatang eksotis tersebut. Kawasan di Komodo terdapat beragam pantai yang menarik untuk dikunjungi serta biota bawah lautnya yang menyimpan beragam keindahan bawah laut. Beberapa catatan tentang pulau Komodo menyebutkan bahwa pulau ini memiliki paling tidak 386 jenis terumbu arang serta 70 jenis bunga karang. Lautan di kawasan Komodo dihuni beragam mahluk laut seperti lumba-lumba, paus, hiu, penyu dan sebagainya.

Karena keberagaman yang dimilikinya ini Komodo menjadi salah satu destinasi diving terbaik di Indonesia. Spot diving di Komodo menjadi banyak incaran para penyelam professional. Di pulau Komodo terdapat tiga spot utama untuk diving. Spot tersebut dipilih karena memiliki beragam karang dan binatang laut.

Batu Samsia

Spot diving di Komodo yang pertama adalah Batu Samsia. Di spot ini kamu akan sering menemukan binatang laut besar seprti kura-kura dan lumba-lumba. Disini sangat mudah ditemukan mahluk laut karena memiliki serangkaian saluran air yang bisa kamu susuri.

Toko Toko

Spot diving di Komodo yang kedua bernama Toko Toko. Berbeda dengan spot yang pertama, spot ini berada di dasar laut dengan kedalaman 7 meter di bawa permukaan laut. Di sini anda dapat dengan mudah menemukan terumbu karang yang cantik. Selain itu juga terdapat banyak ikan dengan berbagai warna yang berenang diantara karang dan bersembunyi di balik karang. Spot ini cocok bagi kamu yang senang dengan tanaman laut.

Crystal Rock

Spot diving di Komodo yang terakhir adalah Crystal Rock. Dari namanya kita sudah bisa menebang apa yang dimiliki spot tersebut. Spot diving disini terdapat beragam terumbu karang yang memiliki wujud seperti batu-batu Kristal. Dengan kedalaman hanya 5 meter, menjadikan tempat ini cocok bagi penyeleman pemula sekalipun. Tak hanya itu disini kamu bisa menemukan beragam ikan-ikan unik seperti Parrot fish dan katak ikan.  Akan tetapi jika ingin mengunjungi spot ini pastikan datang pada waktu yang tepat yaitu sekitar bulan Maret hingga Desember. Pada bulan bulan tersebut kondisi arus, suhu air dan arah angin sangat mendukung untuk dilakukan penyelaman.

Pantai di Pulau Komodo

Selain spot diving, pulau Komodo juga memiliki pantai-pantai yang cantik. Salah satunya adalah Pink Beach. Artinya memang nama pantai tersebut adalah pantai merah muda. Akan tetapi warga sekitar menyebutnya sebagai pantai merah.  Pantai disebut sebagai pantai merah karena pasirnya yang berwarna merah, tidak seperti pasir pantai pada umumnya yaitu berwarna putih. Menurut penelitian warna merah pada pasir tersebut karena bercampur dengan pecahan koral yang terbawa oleh ombak. Pecahan tersebut bercampur dengan pasir putih sehingga seolah membuat warna merah muda. Sampai saat ini di dunia hanya terdapat tujuh pantai dengan warna pasir merah muda, salah satunya adalah pantai yang berada di pulau Komodo ini.

Transportasi Menuju Komodo

Ada beberapa transportasi untuk mencapai pulau Komodo. Untuk transportasi udara, kamu bisa berangkat dari Bandara Ngurah Rai Denpasar dengan tujuan Labuan Bajo. Jika menggunakan transportasi laut maka kamu bisa berangkat dari Tanjung Benoa ke Labuan Bajo. Perjalanan akan dilakukan dengan kapal ferry. Sedangkan jalur darat kamu bisa menggunakan bus tujuan Denpasar ke Labuan Bajo. Dari Labuan Bajo kamu harus berlayar kembali dengan kapal ferry untuk sampai di pulau Komodo.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply