Aktivitas Alam Desa Wisata Kembang Arum menunjang peningkatan Inteligensi dan Motorik Anak

Sebelum didirikan beberapa wisata ramah anak di Jogja, telah hadir beberapa desa yang dikembangkan menjadi wisata edukasi… Yap! Salah satunya adalah Desa Wisata Kembang Arum. Desa Wisata Kembang Arum terletak di Kembangarum 13, Donokerto, Turi, Wetan Kali, Donokerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551. Pemukiman yang indah ini memiliki lahan yang cukup luas sekitar 22 hektar dan desa ini juga mendapatkan penghargaan menjadi pemenang juara 1 dalam Festival Desa Wisata tahun 2008. Nah dari situ, mulailah semakin dikembangkan berbagai kegiatan sebagai wisata beredukasi sehingga belajar ke alam secara langsung akan membuat inteligensi dan motorik anak berkembang.

Seperti apa aktivitas kegiatan alam di Desa Wisata Kembang Arum ?

Suasana Desa Kembang Arum yang tenang, asri, dengan udara segar, dan suasana pedesaan yang masih khas menjadi daya tarik tersendiri, sehingga kerap kali desa ini dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai event. Maka dari itu, desa ini memiliki 1 rumah yang khusus digunakan untuk penyelenggaraan event. Aktivitas yang ada di lokasi wisata ini bermacam – macam seperti aktivitas alam, aktivitas wahana dan lain – lain. Aktivitas yang telah di sediakan dapat anda nikmati bersama dengan keluarga untuk bersenang – senang, memberikan edukasi ke anak, serta menghabiskan waktu bersama yang akan menyatuhkan keluarga. Berbagai wahana yang dimiliki salah satu nya yaitu wahana outbound. Apa saja wahana outbound itu?

  • Flying Fox

 

 

 

 

(Arsitayogyakarta.com)

 

Permainan yang satu ini ditujukan untuk memacu adrenalin anda dan anak, dari ketinggian sekitar 5 meter, ditambah lagi anda dapat merasakan segarnya udara desa dengan pemandangan yang indah hlo. Tapi tenang, tentunya wisata ini aman karena dibantu oleh pemandu profesional dan menggunakan peralatan standard.

  • Jembatan Layang

(kotajogja.com)

Pada kegiatan kali ini akan dihadapkan pada sebuah jembatan yang berada di atas kolam air, dan anda akan ditantang untuk melewati jembatan tersebut. Yak tentunya kegiatan ini akan membantu anda dan anak anda dalam menjaga keseimbangan tubuh, fokus, melatih konsentrasi, dan masih banyak lagi kegiatan outbound dalam meningkatkan fokus anak. Selain itu, anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan ini bersama teman kantor lho, dan pastinya akan terasa lebih seru sembari ditemani oleh suasa pedesaan.

Selain kegiatan outbound ada pula berbagai permainan tradisional. Nah bagi anda yang datang kesini bersama rekan kerja dan keluarga bisa sembari bernostalgia nih, dan untuk anda yang kesini bersama anak, anda dapat mengajarkan dan mengenalkan berbagai macam permainan tradisional yang lebih seru dibandingkan sekedar memegang gadget. Apa sajakah permainan tradisional itu? diantaranya 

  • Bermain Egrang

(Kotajogja.com)

Permainan ini dilakukan dengan berjalan menggunakan sebilah bambu yang telah dimodifikasi, sehingga akan melatih keseimbangan tubuh anda dan anak. Melatih ketanggapan refleks diri anda ketika akan terjatuh. Nanti jika sudah bisa anda akan merasa enjoy bisa berjalan menggunakan bambu, yukk dicoba dan berusahalah sampai bisa yaaa..

  • Bermain Dakon

Permainan Dakon ini menggunakan alat satu paket dengan kecik. Yapp alat tersebut memang namanya dakon. Pada jaman dahulu permainan ini dimainkan dengan memindahkan kecik-kecik dari satu lobang ke lobang yang lainnya sampai habis dan mati, dan terdapat pula sistem pikul dan tembak, nah dipermainan ini anda akan dilatih untuk berfikir sehingga otak kanan dan kiri anda bergerak. 

  • Bermain Engklek

Engklek atau yang sering disebut juga Ingkling ini juga merupakan salah satu permainan tradisionalyang juga memberikan pelajaran mengenai keseimbangan tubuh anda. 

  • Bermain Gobag Sodor

Kalau untuk Gobag Sodor ini sendiri anda perlu memainkan secara bersama-sama, terbagi menjadi 2 kelompok dan harus ada yang menjaga di setiap garisnya. Fungsinya adalah menjaga sebagaimana mestinya supaya team lawan tidak bisa sampai di garis finish. Nah pada permainan kali ini anda bisa melatih konsentrasi, kerjasaama, kecepatan dan ketepatan, sekaligus untuk berolahraga. Pastinyaa akan seru jika anda melakukannya bersama sama. 

Edukasi lain yang dapat diikuti adalah kegiatan bercocok tanam, yakni menanam padi. Tidak hanya melihat dan mengamati, pengunjung dapat langsung terlibat dalam kegiatan bercocok tanam, mulai dari membajak sawah, mencabut benih, hingga menanam padi. Tentu saja, ini bukan hanya menyenangkan, tetapi juga sarana edukasi kepada anak-anak yang sangat nyata dan mudah. Dengan terlibat langsung dalam proses penanaman padi, diharapkan anak-anak jadi lebih menghargai nasi yang telah dihidangkan oleh orang tuanya.

Biaya Tiket Masuk Desa Wisata Kembang Arum

Harga tiket masuk pun bervariasi, untuk outbound di lokasi ini cukup terjangkau untuk outbound seperti flying fox dengan harga tiket sebesar Rp 25.000,- per orang. Selain itu, juga terdapat lomba mencari ikan dengan harga tiket senilai Rp 20.000,- per orang, dan rata-rata permainan adalah Rp 15.000,- per orang. Selain itu, Desa ini memiliki perlombaan traditional yang di gemari berbagai kalangan terutama anak-anak seperti egrang, balap bakiak, adu tarik tambang di lumpur, balap dingklik, bambu pancuran, gebuk bantal dan tampah bola. 

Fasilitas di Desa Wisata Kembang Arum

Fasilitas di desa ini juga cukup memadai, di antaranya tempat parkir, kamar mandi, tempat ibadah, warung.

Jika ingin Tour ke Jogja, Desa Wisata Kembang Arum, dan berbagai tempat wisata menarik lainnya, segera pesan tours reguler Jogja di campatour.com. Kami telah membawa banyak tamu di penjuru dunia.

Baca Paket kami lainnya

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply