Rekomendasi dan Tips Berwisata di Raja Ampat
image of 1140x530

Rekomendasi dan Tips Berwisata di Raja Ampat


Raja Ampat yang terkenal dengan Taman Bawah Lautnya sudah dikenal oleh para wisatawan bahkan sampai mancanegara. Sebagai orang Indonesia, tentunya ingin sekali-kali berlibur ke tempat yang katanya memiliki dunia laut paling indah sedunia. Liburan akan terasa menyenangkan apalagi bersama keluarga dan anak-anak. Tapi tunggu dulu, perhatikan tips wisata  di raja Ampat berikut ini sebelum berangkat ke Papua Barat.


Transportasi Menuju Raja Ampat

Kebanyakan dari wisatawan domestik pasti memiliki transportasi udara menuju Raja Ampat. Bandara terdekat dari Raja Ampat berada di Sorong yaitu Bandara Domine Eduard Osok. Harga tiket umumnya dari kawasan Jawa menuju Sorong adalah sekitar Rp 3 juta hingga Rp 6 juta tergantung jenis pesawat.

Jika anda akan terbang ke Sorong, pastikan jadwal penerbangan anda sudah sampai sebelum pukul 12.00 WIT. Karena dari Sorong anda masih harus menyebrang ke Waisai menggunakan perahu  cepat yang akan berangkat pukul 14.00 WIT. Jika anda sampai di Sorong terlalu mepet, kemungkinan besar anda tidak dapat tiket untuk menyebrang, sehingga mau tidak mau harus menunggu keesokan harinya. Penyebrangan ini berangkat lebih cepat jika kapal sudah penuh. Biayanya adalah sekitar Rp 120.000 setiap orang. Selain kapal biasa terdapat pula kapal cepat dengan harga Rp 150.000 per orang. Rekomendasi saya adalah pilihlah kapal biasa, karena anda bisa jalan-jalan di atas kapal.

Tips wisata  di Raja Ampat yang pertama adalah masalah transportasi. Jika anda berlibur bersama keluarga dan kemungkinan membawa anak-anak, sebaiknya ikut paket wisata yang sudah mengkover seluruh transportasi terutama di Sorong menuju Raja Ampat. Mengingat banyaknya wisatawan yang mengunjungi Raja Ampat, paket wisata akan memudahkan anda beserta keluarga agar sampai ke Raja Ampat dengan aman.

Penginapan di Waisai Raja Ampat

Perjalanan penyebrangan dari Sorong menuju Waisai membutuhkan waktu aga lama yaitu sekitar 3 jam. Setelah sampai di Waisai, anda kira-kira akan sampai sekitar jam 17.00. Setibanya di pelabuhan sebaiknya anda segera mencari penginapan agar tidak terlalu malam. Di pelabuhan anda akan menemukan banyak mobil yang disewakan. Harganya bervariasi dari mulai Rp 100.000. Mobil ini bisa anda sewa sekeluarga untuk mencari penginapan yang sekiranya cocok dengan kebutuhan anda. Di Waisai banyak penginapan dari yang paling murah hingga yang paling mahal sekelas hotel. Harga ditawarkan paling murah sekitar Rp 250.000 per kamar, namun untuk penginapan biasa pada hari biasa anda bisa menawar harga tersebut. Gunakan waktu sehari ini untuk anda beristirahat penuh, karena besok anda masih harus mencari pemandu wisata di Raja Ampat.

Menacari Pemandu Wisata Lokal

Untuk langkah awal, anda bisa bertanya resepsionis apakah penginapan menyediakan pemandu wisata. Beberapa penginapan sudah bekerja sama dengan pemandu lokal. Jika tidak ada, anda bisa dengan mudah mencari pemandu wisata di jalan-jalan besar. Pemandu wisata biasanya menawari paket wisata beserta transport dan tiket masuk. Tarif paket wisata beragam dari mulai Rp 3,5 Juta hingga Rp 12 Juta. Hal ini tergantung berapa jumlah destinasi wisata dan paket wisata apa saja yang anda inginkan seperti snorkeling dan diving yang membutuhkan biaya sewa alat.

Tips wisata di Raja Ampat adalah sebaiknya anda jangan datang sendiri ke lokasi wisata jika anda tidak benar-benar mengetahui lokasinya. Yang pertama biaya transport dan tiket bisa membengkak. Dengan adanya pemandu wisata pengeluaran anda akan lebih pasti.

Destinasi Wisata Keluarga di Raja Ampat

Terdapat beragam destinasi wisata di Raja Ampat. Terdapat beberapa kepulauan yang terkenal dikunjungi oleh para wisatwan yaitu Kepulauan Wayag, Kepulauan Misool, dan Kepulauan Salawati. Pulau-pulau tersebut menarik dikunjungi karena memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Akan tetapi tips wisata di Raja Ampat untuk keluarga adalah destinasi stasiun pencucian Pari Manta. Di spot laut tertentu di kawasan Raja Ampat, terdapat lokasi dimana Pari Manta muncul di permukaan untuk membersihkan tubuhnya. Di sini dapat dengan mudahnya kita melihat pari manta yang sedang berdiam di permukaan laut.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply