Indahnya Lautan di Ujung Barat Indonesia
image of 1140x530

Kawasan-kawasan di ujung Indonesia memang tak pernah ada habisnya untuk dibahas potensi wisatanya. Salah satunya adalah di Subang, sebuah kota yang termasuk dalam Provinsi Aceh yang berdekatan dengan kota Medan. Sabang sendiri tidak terletak di Pulau Sumatra, namun terletak di Pulau Weh. Nama pulau Weh ini sendiri memiliki arti yaitu pulau yang terpisah. Lokasi pulau ini berada di ujung barat Indonesia. Sebagai kota yang terdapat pada pulau, Sabang memiliki beragam potensi alam yang beragam, dari wisata city tour sampai diving di Sabang.

Untuk mecapai lokasi di Sabang, pertama kamu pergi ke Aceh dahulu. Setelah sampai di Aceh, anda harus pergi ke pelabuhan Uloe Lheue. Pelabuhan inilah satu-satunya akses menuju pulau Weh. Untuk sampai ke pulau Weh kamu harus menyeberang. Penyeberangan dapat kamu lakukan dengan kapal cepat atau kapal ferri untuk sampai di Pelabuhan Balohan di Sabang.

Nah sesampainya di pulau Weh, kamu sudah bisa mengunjungi spot-spot wisata di kota Sabang ini. Tinggal pilih mau keliling kota, menikmati pantai, wisata bahari semuanya ada di Sabang.

Pantai Iboih

Sebagai pulau “kecil”, pulau Wah memiliki banyak pantai cantik yang bisa dikunjungi. Salah satu pantai di pulau Wah yang sudah terkenal adalah pantai Iboih. Dari pelabuhan Balohan jaraknya sekitar 50 km. Sudah banyak wisatawan mancanegara megunjungi pantai eksotis ini.

Di pantai ini sudah banyak fasilitas umum dan fasilitas untuk wisata. Sudah banyak warga sekitar yang menyewakan perahu-perahunya kepada para wisatawan yang ingin menikmati lautan. Namun bagi anda yang lebih senang terjun langsung, ada juga fasilitas untuk snorekeling dan diving. Beberapa kawasan di sekitaran pantai Iboih terkenal sebagai spot diving di Sabang. Jadi jangan heran jika banyak wisatawan dengan perlengkapan selamnya yang lalu lalang.

Nah setelah kamu seharian beraktifitas, pastiti lelah donk dan butuh tempat istirahat. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke pusat kota Sabang untuk mencari penginapan. Di sekitaran pantai sudah ada penginapan yang siap dihuni seperti pondok, barak, atau bahkan homestay yang dimiliki warga sekitar. Oh iya satu lagi mayoritas penginapan di sekitar pantai Iboih di kelola oleh warga sekitar. Perlu diperhatikan juga di pantai Iboih terdapat beberapa aturan yaitu pengunjung wanita dilarang menggunakan bikini dan pada hari Kamis dan Jumat pantai Iboih ditutup.

Danau Aneuk Laot

Lokasi wisata kedua di Pulau Sabat yang rekomended adalah danau Aneuk Laot. Danau ini merupakan salah danau yang mencukupi kebutuhan air bersih bagi para penduduk di Pulau Weh. Oleh karena itu disebut sebagai danau Aneuk Laot atau yang berarti anak laut.

Wisatawan yang mengunjungi danau ini bisa menikmati keindahan danau. Dengan air yang tenang dikelilingi pohon-pohon yang rimbun, sangat cocok menjadi tempat untuk memberikan ketenanganmu. Sebaiknya kamu mengunjungi sore hari saat cuaca tidak terlalu panas. Kamus bisa menyewa perahu kecil untuk berkeliling danau, atau juga bisa menikmati suasana asri di tepian danau. Jika hari beranjak sore jangan buru-buru pulang, disini kamu bisa melihat sunset karena tepat di di samping danau adalah lautan. Pastinya momen berharga dimana kamu bisa melihat sunset di danau dan laut yang berdampingan.

Pulau Rubiah

Destinasi selanjutnya di Subang yang harus kamu sambangi adalah pulau Rubiah. Menurut cerita masyarakat sekitar, disini terdapat makan tokoh masyarakat yang bernama Cut Nyak Rubiah. Selain makannya, terdapat pula beberapa makam anaknya yang berdampingan. Oleh karena itu pulau ini diberi nama Pulau Rubiah.

Namun jangan khawatir, pulau ini tidaklah angker, berhantu atau sejenisnya. Justru pulau ini menawarkan keindahann alam yang sayang untuk dilewatkan. Kawasan disekitar pulau Rubiah terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Terdapat beragam terumbu karang dan ikan-ikan hias. Selain itu kawasan lepas pantai di sini tidak terlalu dalam jadi cocok untuk snorkeling atau berenang. Tentu saja dengan jernihnya air laut, pastinya memudahkan kamu menikmati kecantikan bahari. Kawasan ini juga termasuk dalam spot diving di Subang lho, meskipun tidak terlalu banyak.

 

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply