Lautan Istimewa dari Borneo
image of 1140x530

Kalimantan Timur memang terkenal dengan sungai-sungainya yang membelah kota. Namun Kalimantan juga memiliki pantai yang patut diperhitungkan. Lokasi tersebut berada di pulau Derawan. Bahkan beberapa orang menjadikan diving di derawan sebagai tujuan utama wisata di pulau ini. Pulau Derawan ini berada di Provinsi Kalimantan Timur. Dari bandara Berau butuh perjalanan darat sekitar 2 jam dan penyeberangan menggunakan speedboat selama 30 menit dari Pelabuhan Tanjung Batu. Derawan ini sebetulnya merupakan kepulauan. Di kawasan kepulauan Derawan ini terdapat beberapa pulau-pulau kecil yang dimana setiapnya menyimpan potensi wisata.

Penginapan Apung

Sebelum kamu mulai diving di Derawan, sebaiknya cari penginapan dulu untuk istirahat setelah perjalanan jauh sampai ke Derawan. Salah satu penginapan yang unik di Derawan yang harus kamu coba adalah penginapan Apung Derawan. Berbeda dengan penginapan lain yang berada di darat atau dekat pantai, penginapan ini berada di tengah laut. Yang meskipun tidak terlalu jauh dari bibir pantai, namun suasananya cukup menarik mengingat dibawah penginapan ini terdapat deburan ombak cantik. Penginapan ini berada di pulau utama kepulauan Derawan yaitu pulau Derawan. Dari semua pulau yang ada di Derawan , hanya di pulau inilah yang terdapat penduduk dan pemukiman.

Snorkeling dan Diving di Derawan

Nah untuk spot snorkeling dan diving di Derawan memang ada beberapa, salah satunya yang rekomended adalah di Pulau Maratua.  Warna air laut yang hijau toska beserta beserta biota lautnya yang dapat kamu saksikan dari atas permukaan pastinya akan memuaskan hasratmu untuk berburu keindahan bahari di Derawan. Kondisi air laut di Pulau Maratua ini terbilang bening dan jernih dan pastinya sangat cocok untuk berenang, snorkeling ataupun menyelam.

Menyelami Goa Haji Mangku

Nah di Derawan ini spot yang unik. Spot diving ini sering disebut sebagai Goa Haji Mangku. Tapi tunggu dulu, goa ini bukan goa yang berada di daratan, melainkan berada di bawah permukaan laut. Goa ini merupakan goa vertical dengan air laut yang menggenang di dalamnnya. Sehingga jika ingin menjelajahi goa ini harus dengan berenang ataupun menyelam. Akan tetapi jika hanya berenang kamu pasti kurang puas, karena lebar mulut gua ini tidak terlalu besar. Paling cocok adalah dengan menyelaminya.

Tapi lokasinya sedikit membutuhkan perjuangan. Dari resort pulau Maratua, kamu harus naik speedboat sekitar 20 menit. Tapi akses menuju lokasinya hanya bisa dilalui speedboat saat air laut pasang. Kemudian kamu harus trekking ringan selam 10 menit untuk mencapai mulut goa. Ciri khas dari goa vertical ini adalah air birunya bersinar cantik dengan pantulan cahaya matahari.

Diving di Derawan Bersama Ubur-Ubur

Di kepulauan Derawan terdapat salah satu pulau yang terkenal karena terdapat ubur-ubur dalam jumlah banyak. Pulau tersebut adalah pulau Kakaban. Di pulau ini terdapat Danau yang dipenuhi dengan ubur-ubur tanpa sengat. Karena sudah mengalami evolusi, ubur-ubur di danau ini tidak memiliki sengat karena tidak adanya predator. Disinilah lokasi paling eksis bagi yang ingin berenang, snorkeling atau bahkan menyelam. Ubur-ubur tersebut tidak akan melukai kamu, oleh karena itu bisa dipegang.

Laguna Tersembunyi di Kehe Daing

Setelah puas berenang bersama ubur-ubur kamu bisa pindah lokasi ke laguna tersembunyi di Kehe Diang. Disini ada laguna yang masih perawan yang harus kamu coba. Laguna ini begitu cantik dengan airnya yang jernih. Cocok untuk mengisi hari anda dengan suasana yang asri dan tenang.

Puncak Diving di Derawan

Nah puncaknya diving di Derawan adalah jelajah Goa bawah laut yang berada di Kakaban. Goa ini bernama Light Cave akan memberikan sensasi yang berbeda bagi anda para penyelam. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena bibir goa perada di atas permukaan laut. Disana anda akan menemukan beragam biota laut yang tinggal di goa. Sensai yang berbeda pastinya akan anda dapatkan. Berbeda dengan menyelami lautan, di dalam goa pastinya memiliki suasananya yang lebih menegangkan. Namun tenang saja, sudah banyak para penyelam senior yang bersertifikasi untuk menemani anda menyusuri goa eksotis ini.

 

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply