Sejarah Kejayaan Rempah Rempah Indonesia Dari Banda Naira

Berbicara mengenai Banda Naira Kepulauan Banda, Maluku Tengah, Maluku, Indonesia tidak akan bisa dilepaskan dengan berbagai jalur komoditas perdagangan yang terjadi di masa sebelum kemerdekaan. Komoditas terbesar yang menjadi perebutan bangsa bangsa di masa itu adalah Pala yang sampai dengan saat ini masih Berjaya dan menjadi salah satu penghasil Pala terbaik serta terbesar yang berada di Indonesia. Perdagangan Pala di masa lalu juga tidak dapat dilepaskan degan perjalanan bangsa Belanda melalui VOCnya.

Di masa lalu, Belanda membangun jalur jalur perdagangannya di seluruh Indonesia termasuk adalah Kepulauan Banda yang merupakan rumah kejayaan Rempah Pala. Beberapa jenderal VOC pun pernah mendarat di Banda ini yang salah satunya menjadi gubernur jenderal VOC yakni Jan Pieter Zoon Coen.

Istana Gubernur VOC Di  Banda Naira merupakan salah satu peninggalan bersejarah dimana kala itu Jan Pieter Zoon Coen mengendalikan komoditas perdagangan Pala melalui VOC dengan bertempat tinggal di Istana yang saat ini dinamakan dengan Istana Mini.

Istana Gubernur VOC Di Banda Naira ini diketahui dibangun dan diresmikan di abad ke 16 masa silam. Istana ini menjadi tempat kerja sekaligus rumah tinggal bagi Gubernur Jendral VOC Jan Pieter Zoon Coen pada masa silan sebelum dirinya berpindah ke Batavia atau yang saat ini disebut dengan Jakarta. Istana Mini ini pada masanya dibangun sebelum adanya istana Merdeka yang berlokasikan di Ibukota Jakarta. Desain dari Istana Merdeka sendiri diketahui hampir mirip dengan Istana Gubernur VOC Di Banda Naira ini.

Arsitek serta gaya pembangunannya juga hampir mirip. Besar kemungkinan bahwa Istana Merdeka dengan gaya serta desainnya merupakan hasil mengambil contoh dari  Istana Mini yang ada di Banda ini. Terlepas dari itu semua, Istana Gubernur VOC Di Banda Naira ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah bangsa Indonesia yang patut dilestarikan sampai dengan saat ini.

Istana Mini ini juga sangatlah cocok dikunjungi oleh para penikmat wisata sejarah baik asing maupun lokal. Sejarah Indonesia yang melekat pada Istana Mini ini patut digali dan digali sebagai bahan bahan pengetahuan di masa depan kelak.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply