Ketahui 5 Manfaat Trekking dan Tips Ajak Anak Trekking

campatour – Tips ajak anak trekking. Trekking dan hiking adalah dua macam kegiatan out door yang sekilas hampir sama namun sebenarnya cukup berbeda. Jika hiking adalah sebuah kegiatan pendakian yang hanya berlangsung selama beberapa jam saja. Sedangkan trekking bisa dilakukan satu hari, beberapa hari, satu minggu hingga satu bulan lamanya.

Dalam artikel berikut ini, Kami akan membagikan informasi tentang manfaat trekking untuk anak dan tips ajak anak trekking bersama keluarga. Simak ulasannya hingga selesai ya.

Ketahui Manfaat Lakukan Kegiatan Trekking Untuk Anak

Sekilas melakukan kegiatan trekking menjadi aktivitas yang cukup berbahaya dan beresiko jika mengajak anak-anak khususnya. Namun ternyata, banyak kalangan ahli parenting yang justru menyarankan untuk mengajak anak ikut trekking bersama orang tua dengan catatan jalur trekking yang dipilih aman dan tak berbahaya.

Simak Juga : Rekomendasi Tempat Trekking Sentul yang Seru

Di bawah ini ada beberapa manfaat untuk mengajak anak trekking khususnya untuk kalangan anak-anak lengkap beserta tips ajak anak trekking yang aman.

  1. Cinta alam dan lingkungan

Dengan trekking, maka anak akan belajar untuk lebih mencintai alam dan lingkungan yang ada di sekitarnya. Selama trekking mereka diharuskan bisa ikut menjaga kelestarian dan kebersihan jalur trekking yang mereka lalui.

  1. Bertanggung jawab dan penuh perhitungan

Bahwa selama melakukan kegiatan trekking mereka harus belajar untuk bertanggung jawab pada diri mereka sendiri. Itu artinya, setiap langkah yang mereka ambil selama melakukan trekking harus benar-benar diperhitungkan agar supaya tetap selamat dan tak membahayakan diri maupun orang lain.

  1. Mengetahui kapasitas diri

Anak yang mengikuti kegiatan trekking akan mengetahui seberapa jauh kemampuan dirinya untuk melakukan aktivitas tersebut. Manfaatnya adalah dia akan mengetahui batas kemampuan diri dan tubuhnya sehingga bisa tetap menjaga agar tetap sehat dan fit selama melakukan berbagai kegiatan.

  1. Melatih sikap tangguh dan tak mudah menyerah

Kegiatan trekking juga akan membantu anak untuk melatih sikap tangguh dan tak mudah menyerah. Karena selama perjalanan trekking, anak akan menemui banyak halangan dan rintangan yang sebisa mungkin dihadapi sendiri. Orang tua hanya membantu jika dibutuhkan.

  1. Melatih kedisiplinan anak

Trekking juga bermanfaat untuk melatih kedisiplinan anak. Diantaranya ketika melakukan pendakian, saat beristirahat biasanya dianjurkan untuk mengenakan jaket untuk bisa menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Namun umumnya karena kondisi dingin membuat banyak anak merasa malas untuk mengambil jaket dari tas mereka. Hal inilah yang akan efektif untuk melatih kedisiplinan yang bertujuan untuk kebaikan mereka juga.

Tips Ajak Anak Ikut Trekking yang Aman

Sebelum Anda memutuskan untuk mengajak anak untuk ikut kegiatan trekking, sebaiknya perhatikan tips berikut ini.

  • Pilih tempat trekking sesuai kemampuan anak

Sesuaikan pemilihan jalur trekking sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh anak. Biasanya yang perlu diperhatikan adalah usia dan apa saja kemampuan dasar yang sudah dimiliki anak yang akan diajak trekking.

  • Lihat cuaca sebelum trekking

Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi cuaca sebelum melakukan kegiatan trekking. Hindari melakukan kegiatan trekking dalam kondisi cuaca yang buruk.

  • Beri gambaran tentang trekking pada anak

Sebaiknya sebelum melakukan trekking Anda memberikan gambaran terlebih dahulu tentang apa saja yang dilakukan selama kegiatan trekking. Dari situ anak akan paham apa saja yang harus dia persiapkan untuk menghadapinya.

  • Biarkan anak melakukan persiapan sendiri

Beritahu anak tentang apa saja perlengkapan dan persiapan sebelum trekking. Biarkan anak mempersiapkan segala sesuatunya sendiri dan Anda cukup melakukan pengecekan sebelum berangkat.

  • Persiapkan kesehatan fisik dan mental anak

Persiapan sebelum berangkat tentu saja dengan makan terlebih dahulu dan berikan suplemen kesehatan agar supaya kesehatan anak tetap terjaga selama trekking dilakukan. Jangan lupa pakaian baju yang nyaman dan bisa melindungi tubuh anak selama trekking.

  • Pastikan untuk selalu mendampingi anak

Usahakan untuk selalu berada di samping anak dan memantau serta mengawasi semua yang dilakukan anak selama trekking. Namun hindari untuk memberikan pertolongan pada semua hal yang anak lalui. Berikan pertolongan hanya ketika anak tak bisa mengatasinya.

  • Beritahu anak untuk mengkomunikasikan keadaannya pada orang tua

Selama perjalanan trekking sebaiknya orang tua selalu menanyakan kondisi anak sehingga bisa memantau kesehatannya dengan baik. Minta pada anak untuk mengkomunikasikan semua yang mereka rasakan tanpa respons yang berlebihan. Beritahukan bahwa wajar mengalami berbagai hal saat pengalaman trekking pertama kalinya.

  • Pastikan gunakan waktu istirahat dengan baik

Usahakan untuk menggunakan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya sehingga anak bisa mendapatkan energi baru sebelum melanjutkan perjalanan trekking yang harus dilaluinya.

  • Yang penting usaha bukan hasil

Jika itu merupakan pengalaman trekking pertama Anda bersama anak, pastikan untuk melakukannya sesuai kemampuan. Tak mengapa jika Anda tak bisa mencapai puncak trekking bersama anak. Beritahukan untuk mencapainya di lain waktu. Yang penting adalah usaha bukanlah hasil yang paling utama. Sekian ulasan tentang beberapa tips ajak anak trekking. ingin tau seputar trekking sentul yuk mampir ke instagram kami di @campatour

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

January 14, 2022
[…] Simak Juga : Ketahui 5 Manfaat Trekking dan Tips Ajak Anak Trekking […]

Leave a Reply