5 Daya Tarik Desa Wisata Gerabah Kasongan Jogja yang Wajib Dikunjungi

Campa Tour – Desa Wisata Gerabah Kasongan Jogja bisa jadi rekomendasi apabila Anda ingin berlibur sambil belajar. Ada banyak keseruan dan pengetahuan dapat ditemukan di tempat ini. Terlebih, daerahnya memiliki ciri khas tersendiri dengan kebanyakan masyarakat berprofesi sebagai pembuat gerabah.

Tentang Desa Wisata Gerabah Kasongan Jogja

Desa Gerabah Kasongan merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang dapat Anda temukan di Jogja. Tempat ini memiliki lebih dari 300 pengrajin yang menghasilkan gerabah bervariasi. Nantinya berbagai gerabah tersebut akan dijual baik kepada wisatawan lokal hingga diekspor ke luar negeri. simak juga : 8 Alasan Pantai Indrayanti Jadi Favorit yang Wajib Anda Ketahui

Lokasinya sampai saat ini masih menjadi sentral kerajinan gerabah atau tanah liat secara turun-temurun. Pada jalur utamanya sendiri banyak warga yang memajang karya gerabah hasil buatan tangan mereka. Baik itu dalam bentuk guci, peralatan rumah tangga, pot bunga dan lainnya.

Terlebih pembuatan gerabah di desa ini telah dilakukan sejak ratusan tahun lalu. Termasuk saat Perang Diponegoro tahun 1825 sampai dengan 1830. Gerabah-gerabah yang masyarakat buat memiliki ketahanan tinggi sehingga tidak mudah pecah saat digunakan.

Lokasi Desa Wisata Gerabah Kasongan

Anda dapat menemukan desa wisata ini di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Yogyakarta. Jika berangkat dari pusat kota Jogja, maka cukup tempuh waktu sekitar 30 menit saja menggunakan kendaraan. Tepatnya melalui Jalan Bantul menuju arah selatan.

Kemudian begitu tiba di perempatan Dongkelan maka bisa melanjutkan waktu 15 menit ke kanan jalan akan ada tulisan Wisata Desa Kasongan. Tentu sangat mudah untuk menemukan desa wisata ini. Akan ada gerbang selamat datang yang menjadi ciri khas destinasi wisatanya.

Pengunjung juga bisa menemukan titik lokasinya yang jauh lebih akurat menggunakan aplikasi Google Maps. Pastinya tidak akan kesulitan apabila ingin datang ke lokasi meski berangkat dari luar kota. Terbukti dengan banyaknya wisatawan yang selalu datang ke tempat ini.

Daya Tarik dan Keseruan Berlibur di Desa Gerabah Kasongan

Saat berkunjung ke desa wisata ini, maka belum lengkap apabila Anda masih tidak mengetahui apa saja daya tariknya. Terlebih kerajinan gerabah di Desa Kasongan benar-benar telah melegenda sehingga menjadi daya tarik paling utama bagi para pengunjung. Berikut selengkapnya:

  1. Banyak Produk Gerabah Dijual

Desa wisata ini sangat cocok sebagai lokasi wisata untuk belajar mengenai seni dan budaya. Lokasinya dikenal sebagai pusat kerajinan gerabah yang telah ada sejak zaman dahulu. Ada banyak olahan gerabah dengan nilai seni tinggi dapat Anda temukan nantinya.

Mulai dari guci, kendi, pot, sampai dengan mainan anak. Tidak heran jika bukan hanya pengunjung saja yang berdatangan. Akan tetapi, ada banyak juga para pelajar berkunjung ke lokasi untuk menimba ilmu. Pasalnya, desa tersebut sangat unik sebagai sentra industri gerabah di Jogja.

  1. Fasilitas Lengkap

Desa Kasongan menawarkan banyak fasilitas kepada para pengunjung yang berdatangan. Tidak heran jika hal ini menjadikan mereka semakin betah berlibur ke lokasi. Fasilitas di dalamnya benar-benar sangat lengkap termasuk area parkir dengan ukuran cukup luas.

Tidak hanya itu, di lokasi sekitar sentra kerajinan gerabah ini juga telah tersedia mushola untuk beribadah. Nantinya, para pengunjung juga dapat menemukan tempat beristirahat, toilet, dan masih banyak lagi. Pastinya tidak kalah seru dengan beberapa desa wisata di Jogja lainnya.

  1. Tersedia Kursus Membuat Gerabah

Seperti yang Anda ketahui, desa wisata ini sangat terkenal dengan kerajinan gerabahnya. Tentu para pengunjung bisa membelinya untuk menjadikannya sebagai oleh-oleh. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk mencoba mengikuti kursus pembuatan gerabah.

Hal ini karena para pengrajin setempat memang sering membuka kursus atau pelatihan dalam membuat gerabah. Pastinya sangat cocok apabila ingin terjun dan merasakan langsung seperti apa sensasi membuat karya seni dengan bahan utama berupa tanah liat.

  1. Pasar Kasongan

Anda juga bisa mengunjungi tempat lain yang tidak kalah menarik di desa ini. Tidak lain yakni Pasar kasongan, Yogyakarta. Tentu belum lengkap rasanya apabila tidak mengunjunginya. Pasalnya, lokasinya memang menjadi surga bagi pecinta kerajinan tangan dan juga seni.

Dengan begitu, para pengunjung tidak hanya dapat menemukan kerajinan gerabah saja. Akan tetapi, masih ada banyak penjual lainnya yang menawarkan berbagai produk seni dan kerajinan dari bahan lain. Seperti kerajinan kayu, batih, dan lainnya dengan harga cukup terjangkau di kantong.

  1. Berburu Kuliner Lokal

Anda juga bisa menikmati keseruan lainnya di desa ini. Salah satunya adalah dengan berburu kuliner lokal khas daerah setempat. Terlebih, Jogja memang dikenal sebagai destinasi wisata dengan cita rasa masakan sangat khas dan memanjakan lidah para pengunjungnya.

Tentu Anda bisa mencari wisata kuliner di daerah Kasongan, Jogja tersebut. Ada banyak jenis masakan yang cukup lezat untuk dicicipi. Seperti tempe mendoan, gudeg, soto, dan lainnya. Pastinya sangat memanjakan lidah sehingga jangan sampai melewatkannya. yuk subscribe youtube kita di @campatourcom

Anda kini sudah mengetahui apa saja daya tarik dari Desa Wisata Gerabah Kasongan Jogja. Tentu tidak mengherankan apabila sampai saat ini desa wisata tersebut masih menjadi favorit para pengunjung untuk disinggahi. Pasalnya, ada banyak keseruan bisa ditemukan di tempat ini.

Ingin ke Desa Wisata Gerabah Kasongan Jogja dan beberapa destinasi trip jogja,? yuk bareng Campa Tour, kami siap bantu rencanakan semua perjalananmu. anti ribet, nggak pakai bingung!

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Tinggalkan Balasan