Kisah Jakarta adalah sebuah cara menjelajah Kota Jakarta dan sekitarnya dengan cara yang berbeda. Kami memilih berwisata untuk lebih mengenal dekat keunikan dan keindahan sudut Kota ini. Banyak cerita tersimpan dan terbenam bersama dengan hiruk pikuk yang semakin penuh di kota ini.

Jakarta bukanlah apa adanya seperti saat ini tetapi kita bisa menggali jutaan cerita yang orang tidak akan mengenal hanya dengan sekedar membaca literasi di buku atau Wikipedia. Cerita tentang heroiknya seorang pahlawan hingga kisah kesederhanaan seseorang ayah yang mencari nafkah setiap harinya akan di kemas apik dalam sebuah perjalanan lintas waktu menelusuri gedung-gedung atau sudut yang menyimpan rapi rekaman kisah.

Kisah Jakarta juga menampilkan berbagai kreasi anak sekitar Ibu Kota dalam mengembangkan karya wisatanya melalui aneka aktivitas yang unik dan menarik, sehingga kami berharap setiap generasi dapat menikmati suguhan cerita dan aktivitas di Kota Jakarta yang bermutu dan memiliki nilai edukatif dan rekreatif.

PAKET TRIP JAKARTA

One Day Tour
Reguler
Fleksibel
One Day Tour
Reguler
Fleksibel

Tour Kebun Kumara

Kebun Kumara adalah sebuah representasi kebun urban yang dibangun diatas tanah ibu kota Jakarta. Dengan memadukan konsep pelmaculture dan kembali
One Day Tour
Reguler
Fleksibel
One Day Tour
Reguler
Fleksibel

PAKET TRIP JAKARTA

Kota Lama Jakarta

Ke Jakarta belumlah sempurna jika tidak ke Kota Tua Jakarta, atau sebutan Batavia Lama (Oud Batavia), adalah sebuah Wilayah khusus ini memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka). Dahulu lokasi ini Dijuluki “Permata Asia” dan “Ratu dari Timur” pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa, Jakarta Lama dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah.

Pulau Onrust

Jakarta unik karena selain berupa daratan utama juga terdapat kabupaten yang mempunyai ratusan Kepulauan. Salah satunya adalah Pulau Onrust terletak di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta yang letaknya berdekatan dengan Pulau Bidadari. Pada masa kolonial Belanda, rakyat sekitar menyebut pulau ini adalah Pulau Kapal karena di pulau ini sering sekali dikunjungi kapal-kapal Belanda sebelum menuju Batavia. Di dalam pulau ini terdapat banyak peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda dan juga sebuah rumah yang masih utuh dan dijadikan Museum Pulau Onrust.

Nama ‘Onrust’ sendiri diambil dari bahasa Belanda yang berarti ‘Tidak Pernah Beristirahat’ atau dalam bahasa Inggrisnya adalah ‘Unrest’. Ada sumber lain yg mengatakan bahwa nama Onrust tersebut diambil dari nama penghuni pulau yang masih keturunan bangsawan Belanda, yaitu Baas Onrust Cornelis van der Walck.

Kebun Kumara

Generasi milinial Jakarta tidak pernah diam dan terus bergerak. Salah satu karya nyatanya adalah lahirnya Kebun Kumara didirikan oleh Soraya Cassandra pada Juli 2016.

Kata “Kumara” sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti “generasi yang akan datang”. Awalnya, pendirian Kebun Kumara memang didasari oleh keresahan Sandra terhadap minimnya minat generasi muda di Indonesia untuk bertani. Harapannya, Kebun Kumara dapat dijadikan sebagai wadah bagi generasi muda untuk memahami pentingnya bercocok tanam.  Sandra juga menemukan masalah lain, yaitu sempitnya lahan pertanian di daerah perkotaan dan banyaknya masalah sampah, baik organik maupun non-organik, yang tidak kunjung usai.

Di Kebun Kumara, semua pengunjung diajak untuk bercocok tanam dengan mengutamakan prinsip permakultur, yaitu menanam dan mengondisikan kebun sebagaimana alam bekerja. Jadi, pengunjung tidak hanya sekedar menanam, tetapi juga memahami prinsip bagaimana tanaman itu bisa tumbuh dan berkembang. Kegiatan bercocok tanam di Kebun Kumara juga dilakukan dengan berbagai cara yang menghemat lahan. Contohnya, menanam tanaman di pot atau menaruh benih di media cangkang telur.

Citayem Fashion Week

Sering dikaitkan dengan symbol perlawanan kaum menengah kebawah terhadap dominasi kaum milinial yang berduit. Bahwa eksistensi di Jakarta bukanlah hanya dimiliki oleh orang-orang berduit yang bisa dengan bebas menggunakan social medianya untuk merekam jejak gaya hidupnya. Dari anak Citayam menjelma menjadi anak-anak yang terkenal yang merajai dunia social media. Saksi Jakarta adalah tempat bergerak dan mencari jatidiri.

Kampung Tugu

Siapa yang tidak kenal dengan music Keroncong. Salah satu lokasi yang diduga sebagai munculnya music ini adalah Kampung Tugu. Kampung Tugu mempunyai bahas sendiri yaitu Kreol Tugu dan mempunyai budaya bermusik sendiri yang masih tersisa musik Orkes Keroncong Cafrinho Tugu, Guido Quiko menuturkan, keberadaan komunitas masyarakat Kampung Tugu tak lepas dari sejarah kota perdagangan di Malaka, Malaysia.

Sekitar periode tahun 1511-1641, Malaka berada di bawah kendali pasukan Portugis.

Lanjut Guido, tahun 1648, Belanda menguasai Malaka. Tentara Portugis yang berasal dari Goa, Bengal, Malabar, dan daerah-daerah jajahan lain menjadi tawanan dan dikumpulkan di daerah Tugu kini.

Kampung Betawi

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan adalah salah satu tempat yang dikhususkan menjadi ruang reka cipta sebagai dapurnya Budaya Betawi. Di sana pengunjung dapat melihat dan berinteraksi dengan Kebudayaan Betawi baik fisik maupun non fisik. Dengan adanya kampong ini masyarakat mendapatkan informasi tentang Budaya Betawi yang lebih lengkap dan akurat dan bisa menjadi panduan anda mengenal Budaya Betawi lebih jauh.

MRT Jakarta

Pada tanggal 15 Agustus 2018, MRT Jakarta meluncurkan maskot yang bernama Marti bersamaan dengan aplikasi mobile MRT-J. Marti adalah seorang anak laki-laki berumur sembilan tahun yang melambangkan rasa ingin tahu serta keinginan yang cerah menyongsong masa depan. Maskot ini digambarkan berbentuk bulat dan mirip dengan tampak depan Ratangga. Peluncuran maskot Marti bertujuan untuk memperkenalkan moda transportasi MRT Jakarta kepada masyarakat sebagai sebuah moda transportasi publik baru untuk masa depan Jakarta.