Air Terjun Grojogan Sewu, Keelokan Wisata Alam Kulon Progo
Air Terjun Grojogan Sewu Jogja

Salah satu wisata unik yang wajib dikunjungi di Kulon Progo, Yogyakarta, ialah Air Terjun Grojogan Sewu. Grojogan Sewu berarti “seribu pancuran”. Disebut Grojogan sewu karena air terjun ini memiliki debit air yang besar, sehingga seperti seribu pancuran. Konon, air terjun ini berkaitan erat dengan legenda pewayangan Mahabharata. Ceritanya, Prabu Kresna meminta kakaknya, yaitu Prabu Baladewa untuk bertapa di air terjun ini. Hal ini bertujuan agar kakaknya tidak ikut berperang. Sebab, pada saat itu, perang besar yang disebut Baratayuda akan terjadi. Prabu Kresna pun berpikir bahwa suara gemuruh dari air terjun ini mampu meredam suara peperangan itu. Perang besar itu pun terjadi. Namun, benar saja, Prabu Baladewa tidak mengetahui peristiwa tersebut sedang berlangsung dan terus bertapa.

Air Terjun Grojogan Sewu, Keelokan Wisata Alam Kulon Progo

Asal mula Air Terjun Grojogan Sewu ini dikenal oleh wisatawan yaitu karena program wisata anak-anak KKN dari UGM. Lalu menjadi berkembang dengan ide dari Pak Dukuh setempat. Tempat wisata ini mulai menjadi viral dan dikenal banyak orang sejak tahun 2015. Sejak saat itu maka sering berdatangan pengunjung ke Air Terjun Grojogan Sewu di Kulon Progo.

Setelah sampai di lokasi retribusi Air Terjun Grojogan Sewu, kamu perlu berjalan kaki sekitar 200 meter. Suara air terjun sangat menjernihkan kepala yang penat dan saat kamu sampai di lokasi, suguhan kecantikan Air Terjun Grojokan Sewu ini akan terbayar. Lamanya waktu tempuh dan jarak lokasi yang jauh dari kota Yogyakarta pun tak terasa.

Jalan Menuju Grojogan Sewu Jogja
Jalan Menuju Grojogan Sewu Jogja via jogja.tribunnews.com

Selain pemandangan alam yang mempesona, berbagai hal, seperti air yang jernih, udara yang sejuk, perbukitan yang asri, dan suasana yang segar merupakan daya tarik Gerojokan Sewu. Banyak orang mengunjungi air terjun ini pada sore hari, yakni pada pukul tiga hingga sore hari. Air terjun ini berpadu dengan embung beraliran air berwarna kebiru-biruan. Hal ini membuat Gerojokan Sewu tampak cantik dan eksotis. Pada pagi hari, ada kabut di atas gerojogan ini. Sehingga, air yang jatuh tampak lebih cantik.

Baca Juga: Paket Tour Jogja 4D3N (Gua Jomblang dan Pantai Timang)

Keindahan Air Terjun Grojogan Sewu

Beberapa tingkatan air terjun pun terpampang indah. Ada yang mempunyai sudut 90 derajat, ada pula yang berbentuk seperti perosotan. Sebuah kedung atau embung yang berada di atas air terjun paling atas ini biasa digunakan untuk mandi oleh para pengunjung. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan. Pengunjung tetap arus berhati-hati karena kedung ini cukup dalam.

Kalau tidak ingin menceburkan diri, kamu bisa juga menikmati suasana alam ditemani suara air sambil melihat pemandangan di Gazebo. Iya, Air Terjun Grojogan Sewu ini sudah Family Friendly jika membawa orangtua maupun anak-anak. Orangtua yang notabene ingin merelaksasi diri dan supaya lebih fresh bisa santai duduk di gazebo. Adapun kursi-kursi di sekitarnya untuk tempat duduk para pengunjung.

Daya Tarik Air Terjun Grojogan Sewu Jogja
Daya Tarik Air Terjun Grojogan Sewu Jogja via wisatamy.blogspot.com

Dimana Lokasi Air Terjun Grojogan Sewu?

Air Terjun Grojogan Sewu ini berada di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun jauh dari Kota Yogyakarta, jangan khawatir. Jalan menuju kesana sudah bagus dan layak untuk dilewati.

Jarak tempuh dan Rute ke Lokasi Wisata

Jika posisi kamu ada di Kota Yogyakarta, kamu perlu waktu sekitar satu jam dengan jarak tempuh sekitar 30.5km. Rutenya pun bisa melalui tiga alternative pilihan jika kamu berada di Pusat Yogyakarta (Patokan disini adalah Tugu Yogyakarta) yaitu melewati Jalan Godean dan Jalan Nanggulan-Giri Mulyo atau Jalan Raya Kaligesing, melalui Jl. Yogyakarta – Wates dan Jalan Goa Kiskendo dan melalui Jalan Kebon Agung.

Baca Juga: Paket Tour Jogja 4H3M (Pantai Timang dan Pantai Wedi Ombo)

Sangat mudah sekali jika posisi kamu berada di sekitar Tugu Yogyakarta. Kamu hanya perlu mengikuti Jalan Pangeran Diponegoro lalu ke Jl. Kyai Mojo sampai bertemu Jalan Godean. Kamu hanya perlu mengikuti jalan besar sepanjang Jalan Godean (Jalannya lurus terus kalo dari arah Tugu Yogyakarta) sampai melewati Jalan Kaligesing dan menemukan Jembatan Singkung. ambil arah Jalan Godean dan Jalan Nanggulan-Giri Mulyo atau Jalan Raya Kaligesing. Ikuti terus arahan dari Jalan Raya Kaligesing sampai menemukan pertigaan sebelum memasuki arah Goa Kiskendo belok kiri dan sampailah di Air Terjun Grojogan Sewu.

Biaya dan Tiket Masuk Wisata

Untuk masuk ke objek wisata ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar 6.000,- rupiah per orang. Biaya parkir motor di gerojogan ini sebesar 2.000,- rupiah untuk motor, sedangkan untuk mobil sebesar 3.000,- rupiah.

Fasilitas Wisata

Tergolong tempat wisata yang masih baru, Air Terjun Grojogan Sewu mempunyai fasilitas cukup lengkap, di antaranya warung makan, toilet umum, tempat parkir, mushala, dan gazebo.

Jika tertarik dan ingin mengunjungi Air Terjun Grojogan Sewu atau destinasi wisata lainnya di Jogja, segera pesan paket wisata Jogja atau paket tour Jogja murah di Campa Tour Travel and Event.

Baca Juga: Paket Tour Jogja 4D3N (Rafting Sungai Elo dan Sky View Heha)

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply