Asal Mula Nama Banjarmasin
image of 1140x530

Pasti setiap orang pernah mendengar nama kota Banjarmasin. Tapi tahukah kamu darimana asal mula nama kota ini berasal? Campa Tour mencoba menuliskannya:

Gapura Banjarmasin
Gerbang Selamat Datang Kota Banjarmasin sebagai tanda perbatasan kota. Terdapat ikon ujung jungkung; jungkung adalah sebutan bagi perahu khas di Banjarmasin (Kalimantan Selatan). Banjarmasin disebut juga sebagai kota seribu sungai, masyarakatnya sudah terbiasa mengunakan sungai sebagai jalur transportasi. (Fitri Utami/Campa Tour)

Sejarah pemerintahan di Kalimantan Selatan diperkirakan dimulai ketika berdirinya Kerajaan Tanjung Puri pada sekitar abad ke-5. Letak kerajaan ini cukup strategis, yaitu di kaki Pegunungan Meratus dan tepi sungai besar sehingga di kemudian hari menjadi Bandar yang cukup maju. Kerajaan Tanjung Puri dapat juga disebut Kerajaan Kahuripan yang cukup dikenal sebagai wadah pertama hibridasi, yaitu percampuran antarsuku dengan segala komponennya. Setelah itu, berdiri kerajaan atau Negara Dipa yang dibangun perantau dari Jawa.

Pada abad ke-14, muncul Kerajaan atau Negara Daha yang memiliki unsur-unsur kebudayaan Jawa dan akibat pendangkalan sungai di wilayah Negara Dipa. Sebuah serangan datang dari Jawa dengan maksud menghancurkan kerajaan Dipa. Untuk menyelamatkan kerajaan, dinasti baru pimpinan Maharaja Sari Kaburangan segera naik tahta dan memindahkan pusat pemerintahan ke arah hilir, yaitu ke arah laut di Muhara Rampiau. Negara Dipa terhindar dari kehancuran total, bahkan dapat menata diri menjadi besar dengan nama Negara Daha dan raja sebagai pemimpin utamanya. Negara Daha akhirnya mengalami kemunduran dengan munculnya perebutan kekuasaan sejak Pangeran Samudra mengangkat senjata dari arah muara. Selain itu, dia juga mendirikan rumah bagi para patih yang berada di muara.

Pemimpin utama para patih itu bernama “masih”. Tempat tinggal para masih ini dinamakan Bandarmasih. Raden Samudra mendirikan istana di tepi Sungai Kuwin untuk para patih tersebut. Kota ini kelak dinamakan Banjarmasin yang berasal dari kata Bandarmasih.

Pasar Terapung Lokbaintan
Aktivitas masyarakat di Pasar Terapung Lokbaintan. Masyarakat biasa melakukan aktivitas jual beli di sungai menggunakan jungkung. Selain Lokbaintan, pasar terapung juga dapat ditemui setiap hari di Kuin dan pusat kota Banjarmasin (dekat Menara Pandang Banjarmasin) pada hari Minggu. (Fitri Utami/Campa Tour)

Ada pula pendapat lain tentang etimologi Banjarmasin. Dalam bahasa Jawa, Banjarmasin berarti taman asin, sedangkan sejarah Jawa Barat mencatat nama Banjarmasin berasal dari keluarga keraton Kerajaan Mahasin di Singapura yang mengungsi ke daerah Banjar karena serangan Sriwijaya, kemudian berdirilah Kerajaan Banjar Mahasin, namun nama asli kota Banjarmasin adalah Banjar-Masih, pada tahun 1664 orang Belanda masih menulisnya Banjarmasch atau Banzjarmasch.

Pendapat manakah yang paling benar? Apapun pilihanmu tentang asal mula nama kota Banjarmasin, yang pasti Banjarmasin selalu menarik untuk dikunjungi.

Sumber:
Kopassus. (2012). Ekspedisi Khatulistiwa 2012: Peduli dan Lestarikan Alam Indonesia. Jakarta: Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Tidak diterbitkan.
https://www.wikipedia.org/

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply