Cerita Makhluk Halus di Raja Ampat
image of 1140x530

Raja ampat merupakan salah satu tempat destinasi wisata yang istimewa dimiliki oleh Indonesia. Di Raja Ampat, anda akan benar-benar menemukan arti sebenarnya dari keindahan alam. Jauh dari hiruk pikuk gedung pencakar langit, di Raja Ampat yang akan anda temukan adalah hutan dengan pepohonan rindang dan lautan sebiru permata dengan beragam mahluk air di bawah permukaanya. Sudah banyak media Internasional menuliskan bagaimana keindahan Raja Ampat bahkan menyandang sebutan surga di tanah barat Papua.

Lokasi dan Sejarah Raja Ampat

Raja Ampat berada di Papua Barat tepatnya di “Kepala” pulau Papua di sebelah barat laut. Satu hal yang menjadi tujuan utama di Raja Ampat adalah kehidupan bawah lautnya. Raja Ampat sendiri merupakan sebuah archipelago yang terdiri dari kepulauan dan karang-karang nan canitk. Di Raja Ampat terdapat empat pulau utama yaitu pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo.

Nama Raja Ampat sendiri dipercaya dari sebuah legenda dimana seorang wanita menemukan tujuh telur. Kemudian telur tersebut menetas, empat dari telur tersebut menjadi raja-raja di pulau utama di Raja Ampat. Sedangkan ketiga sisanya menjadi seorang wanita, mahluk halus, dan sebuah batu. Cerita lain adalah Raja Ampat dari kata empat raja, dahulu ada 4 raja yang menguasai kawasan ini.

Surga Bawah Air Raja Ampat

Bagi anda para penyelam atau penikmat panorama bawah laut, Raja Ampat merupakan tempat yang harus anda kunjungi. Anda akan menemukan begitu indahnya dunia bawah air di Raja Ampat. Dengan luas area Raja Ampat hingga mencapai 71 ribu kilometer, termasuk pulau dan lautan, Raja Ampat merupakan tempat dimana anda bisa menemukan 540 jenis koral. Selain itu juga terdapat 1.000 jenis ikan koral serta 700 jenis moluska. Hal inilah yang menjadikan dunia bawa laut di Raja Ampat bagaikan miniatur lautan dunia dengan beragam karang yang cantik dan biota-biota lautnya. Berdasarkan laporan dari Lembaga Konservasi Internasional, sekitar 75% spesies biota laut berada di Raja Ampat. Tak jarang lautan di Raja Ampat disebut sebagai miniatur lautan di dunia. Hal inilah yang menjadikan Raja Ampat menjadi surga bagi para penyelam ataupun para snorkel. Berikut ini terdapat beberapa spot wisata yang harus anda ketahui.

Kepulauan Wayag

Kepulauan Wayag sangat terkenal sebagai salah satu spot destinasi di Raja  Ampat. Kepulauan ini terletak di desa Waige barat. Untuk dapat mengakses kepulauan Wayag, anda bisa menggunakan kapal dari Sorong. Perjalanan dengan kapal dari Sorong membutuhkan waktu sekitar 6 jam. Memang aga lama, namun begitu anda sampai disana pasti akan takjub dengan keindahan alamnya.

Kepulauan Wayag terdiri dari kumpulan pulau-pulau kecil. Pulau tersebut merupakan pulau karang yang ditumbuhi pepohonan. Di sekitarnya hamparan laut biru nan jernih akan menjadi teman anda. Saking jernih airnya, anda bisa melihat ikan berenang di dalamnya dan juga anda bisa melihat beragam terumbu karang yang subur. Keasrian inilah yang menjadikan kepulauan Wayag menjadi salah satu spot terbaik di Raja Ampat.

Stasiun Pencucian Pari Manta

Dari beragamnya spot destinasi, lokasi ini patut anda kunjungi bagi pecinta biota bawah laut. Di lokasi ini anda akan dapat dengan mudah menemukan Pari Manta yang sedang membersihkan diri. Pari manta tersebut berkumpul di suatu spot yang kemudian di kelilingi oleh ikan-ikan kecil yang membersihkan tubuhnya dari parasit-parasit yang menempel. Lokasi stasiun ini berada di Waigeo. Disana sudah banyak pemandu dengan perlengkapan yang disewakan seperti hardcolar untuk menyaksikan para pari manta di bawah laut.

Pulau Salawati

Lokasi terakhir yang harus dikunjungi di Raja Ampat adalah pulau Salawati. Pulau ini merupakan saksi bisu perang dunia kedua. Di kawasan perairan pulau Salawati dapat ditemukan dengan mudah beragam jejak sejarah perang dunia dua seperti pesawat dan kapal laut yang berada di dasar laut. Bangkai-bangkai bekas peperangan tersebut kini menjadi destinasi wisata yang unik. Besi-besi berkarat tersebut kini menjadi tempat tinggal para ikan-ikan cantik. Dengan suasana perairan yang asri dan jernih, pulau Salawati selalu menjadi magnet kuat bagi para wisatawan pemburu keindahan bawah laut.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply