Curug Bidadari, Sentul Paradise Bogor

Bogor sebagai kota hujan memang identik dengan panoraman alam yang sejuk dengan banyaknya daerah pegunungan dan hutan sehingga tempat ini cocok dijadikan tempat wisata.

Bogor memiliki banyak sekali curug dan leuwi.  Masing-masing dari curug dan luewi ersebut mempunyai ciri khas dan keunikannya masing-masing.

Curug Bidadari adalah sebuah objek wisata yang berada di kawasan Sentul Paradise Park. Curug berarti air terjun, lokasinya di kota Bogor dengan akses mudah dari Jakarta. Air terjun Bidadari menawarkan keindahan alami air terjun di daerah perbukitan yang asri.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 – 75 meter dengan lebar 7 meter. Dahulu, dikenal sebagai Curug Bojong Koneng, sesuai nama desa tempat air terjun ini berada. Airnya bersumber dari kumpulan mata air alami hutan lindung di daerah tersebut.

Munculnya pelangi di air terjun ini, menumbuhkan kepercayaan tentang asal usul nama Curug Bidadari. Pelangi tersebut dipercaya sebagai jembatan bagi tujuh bidadari untuk turun mandi di sini. Menurut cerita lokal, dari sinilah asal penamaan air terjun ini menjadi Curug Bidadari.

Perjalanan yang perlu ditempuh dari tempat parkir menuju air terjun tidaklah terlalu jauh. Pihak pengelola sudah membuat tangga-tangga dan jembatan kecil sebagai akses untuk memudahkan wisatawan. Ada juga sebuah cerukan dangkal yang berfungsi sebagai pintu air di musim penghujan.

Pict by: jejakpiknik.com

Tepat di bawah Air Terjun Bidadari ada taman air dengan luas sekitar 6.000 m². Waterpark didesain layaknya pantai dengan panjang 150 meter dilengkapi pasir putih dari Bangka. Air di area ini berasal dari pegunungan, itulah mengapa airnya sangat dingin.

Tempat ini cocok untuk keluarga, khususnya yang berlibur bersama anak-anak. Kolam di sisi kiri tergolong dangkal, sangat cocok untuk area bermain air. Waterpark ini menjadi kolam bermain anak untuk berenang,  bermain pelampung, dan sepeda air.

Di ujung kolam dilengkapi juga dengan seluncuran air seperti halnya pada waterboom. Water park ini sangat eksotis dengan latar belakang pemandangan alam yang menghijau dan asri. Diharapkan tetap memperhatikan anak-anak yang bermain karena kolam semakin dalam di sisi kanannya.

 

Fasilitas

Di destinasi ini, pengelola menyewakan berbagai macam perahu karet, sepert perahu kayuh, perahu donat dan juga perahu bebek.
Pengelola menyewakan pelampung donat ukuran double dengan harga 20 ribu rupiah, sedangkan untuk pelampung donat single disewakan dengan harga 15 ribu rupiah. Untuk perahutangan disewakan dengan harga 20 ribu rupiah.

Kolam yang ada diluar ukurannya sangat besar, jadi jangan khawatir jika anak-anak bermain tidak akan terjadi tabrakan.

Selain itu di destinasi ini juga tersedia perosotan yang tingginya sampai 7 meter yang bisa digunakan meluncur dari atas menuju kolam.

 

Di bawah perosotan terdapat gubug panjang yang melingkar sebagai tempat para pedagang yang menjual makanan. Jadi setelah lelah bermain seharian bisa langsung mengisi perut kembali.

Tersedia permainan lain, yaitu flying fox. Flying Fox ini terbentang dari air terjun sampai ke water park. Wisatawan dapat menantang adrenalin dengan meluncur menikmati pemandangan area Curug Bidadari dari ketinggian.

Pilihan lain yang tersedia yaitu kolam terapi ikan. Di sini, wisatawan dapat merasakan gigitan lembut ikan-ikan kecil sebagai terapi sekaligus relaksasi. Untuk menikmati terapi ini, wisatawan dikenakan tarif untuk jangka waktu 30 menit.

Di destinasi ini juga tersedia gazebo yang bisa disewa oleh wisatawan. Jadi wisatawan yang kelelahan setelah bermain, bisa beristirahat di gazebo. Gazebo tersebut pun dibuat dari bambu sedemikian rupa agar terlihat menyatu dengan alam.

 

Harga tiket dan jam buka

Harga yang diberikan untuk masuk ke destinasi ini adalah Rp 30.000 – Rp 50.000. Pada hari biasa sebesar Rp 25.000 dan pada akhir pekan sebesar Rp 30 .000
Pada hari besar atau hari libur nasiolah harga tersebut biasanya akan naik sebesar Rp 40.000 perorang hingga Rp 45.000 perorang.

Destinasi ini buka dari jam 08.00 pagi hingga 17.00 sore.

 

 

 

Buat kamu yang tertarik untuk berkunjung ke Curug Bidadari ini atau ke tempat-tempat menarik lainnya, langsung aja kunjungi Campatour yaaa..

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply