Festival Gandrung Sewu Banyuwangi Libatkan Ribuan Penari

Festival Gandrung Sewu merupakan sebuah festival yang digelar setahun sekali di Banyuwangi, Jawa Timur. Seperti namanya, festival ini melibatkan penari gandrung yang jumlahnya lebih dari seribu orang penari. Festival Gandrung Sewu digelar di sepanjang Pantai Boom selama enam hari serturut-turut. Para penari sangat piawai membawakan tarian khas Banyuwangi ini di hadapan para wisatawan yang hadir.

Tari Gandrung merupakan tarian asli dari Banyuwangi yang lahir dan berkembang di Banyuwangi. Pada awalnya, Tari Gandrung dibawakan oleh pria yang berdandan seperti wanita. Namun seiring perkembangan agama islam, penari pria ini digantikan oleh penari wanita setelah penari pria generasi terakhir meninggal dunia. Sejak saat itu, Tari Gandrung mayoritan dimainkan oleh wanita. Sejarahnya, Tari Gandrung ini dipersembahkan bagi warga untuk Dewi Sri atau Dewi Padi sebagai rasa syukur mereka terhadap hasil panen.

Sejak tahun 2002, Tari Gandrung telah dipatenkan menjadi ikon Banyuwangi menggantikan patung ular berkepala Gatot Kaca. Tak heran jika penari Gandrung sangat bangga jika bisa bergabung dengan penari lain untuk mempersembahkan tari Gandrung di hadapan wisatawan yang hadir pada Festival Gandrung Sewu. Perhelatan ini tak hanya menyajikan sebuah kolosal tarian, melainkan simbol persatuan dan kesatuan berbagai pihak yang jumlahnya terbilang sangat banyak.

Tari Gandrung adalah salah satu tarian yang telah mendapat penetapan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Pada tahun 2017 kemarin, Festival Gandrung Sewu dimeriahkan dengan berkolaborasi dengan penari Barong Ja’ripah. Acara semakin meriah lantaran pada acara tersebut diiringi lagu ‘Kembang Pepe’ yang menggambarkan bagaimana masyarakat Blambangan pada jaman dulu melawan penjajah.

Mengingat meriahnya acara Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi ini, sangat sayang untuk dilewatkan. Jika ingin menyaksikan ribuan penari bergabung menjadi tarian akabr ini, Anda bisa mengikuti jadwalnya di situs wisata resmi milik Banyuwangi. Sangat disarankan untuk ikut dalam event tour yang biasa dibuka oleh biro jasa travel untuk mempermudah akses dan akomodasi selama menikmati festival budaya asli Banyuwangi tersebut.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply