Mengenal Setitik Surga Tersembunyi Bogor

Kota hujan ini seakan tidak ada habisnya untuk menyajikan keindahan alamnya. Seolah tidak habis dengan kekayaan budaya dan alamnya yang menyejukkan sejauh mata memandang. Salah satunya adalah yang akan kami bahas disini yaitu Curug Cibingbin. Ya, Benar! Sedikit asing di telinga namun curug ini benar adanya. Lokasinya yang berada jauh dari pemukiman sehingga curug ini tidak begitu banyak dikunjungi oleh para wisatawan, sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin merasakan ketenangan dalam menikmati ciptaan-nya.

Curug ini berada di Jl. Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju Curug Cibingbin, kamu harus berkendara sejauh kurang lebih 7.5 km dari Jungleland dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Sejauh perjalanan kamu akan melewati perkampungan, persawahan dan perkebunan dengan pola menanjak dan turunan. Tiba di pintu masuk, kamu harus memakirkan kendaraan dan kembali harus berjalanan kaki sejauh 15 menit. Tiket masuk untuk akses menuju Curug Cibingbin dipatok dengan harga sekitar Rp. 15.000/orang. Untuk parkir dipatok dengan harga Rp. 5.000

Selama perjalanan menuju lokasi air terjun, kamu akan disajikan dengan suara gemericik air dari curug dan tidak lupa suara kicau burung yang akan menemani sepanjang perjalananmu. Adapun beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin berkunjung ke Curug Cibingbin. Yaitu:

  • Gunakan alas kaki yang tidak licin agar tidak mudah tergelincir.
  • Jika berkunjung bersama buah hati, maka pastikan selalu dalam jangkauan.
  • Gunakan pakaian yang nyaman.
  • Pastikan kamu membawa powerbank agar kamu tidak ketinggalan untuk mengabadikan momen selama berada di kawasan Curug Cibingbin.

Tiba di lokasi, kamu akan melihat air terjun setinggi kurang lebih 5 m dengan debit air yang cukup deras. Keunikan dari Curug Cibingbin sendiri adalah curug ini bertingkat. Diatas terdapat curug tunggal yang memiliki kolam kecil, dan di bawahnya terdapat curug yang memiliki bebatuan. Di sini kamu bisa bermain air sepuasnya. Air yang dihasilkan pun cukup jernih dengan berwarna hijau tosca mengingat lokasinya yang berada ditengah-tengah pegunungan dan jauh dari keramaian.

Jika kamu ingin berlama-lama menikmati keindahan Curug Cibingbin, maka pengelola juga menyediakan penyewaan tenda yang di banderol dengan harga mulai Rp 50.000. Namun, tak apa jika kamu membawa peralatan camping sendiri dari rumah.

Lokasinya yang jauh dari pemukiman membuat curug ini tidak terlalu banyak dikunjungi sehingga sangat cocok bagi kamu yang bosan dengan hiruk pikuk-nya kota dan ingin menikmati alam yang masih terjaga keasriannya. Pepohonan yang rindang, suara gemericik air terjun dan kicauan burung-burung yang bersahutan akan menemani kamu kala menikmati alam. Air terjun ini juga memiliki kedalaman yang cukup aman bagi anak-anak.

Kamu tidak perlu khawatir akan kelaparan jika berkunjung kesini. Pengelola curug telah memfasilitasi seperti kamar mandi, mushola dan juga warung makan. Namun makanan yang disediakan tidak beragam.

Nah, itulah sepenggal informasi mengenai setitik surga tersembunyi yang patut kamu kunjungi ketika berada di kawasan Bogor. Pastikan untuk memasukkan Curug Cibingbin kedalam list liburanmu yah!

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply