Mengulik Wisata Tour Jogja Religi dan Mistis di Goa Cerme

Kabupaten Bantul, Yogyakarta, mempunyai banyak destinasi wisata. Nah, salah satu destinasi wisata religinya ialah Goa Cerme. Kata “cerme” yang digunakan untuk nama goa ini berasal dari kata “ceramah” yang bermakna sebuah pembicaraan. Konon, Goa Cerme sering dikaitkan dengan Walisongo yang sering singgah di goa ini dalam rangka melakukan syiar agama Islam di Pulau Jawa. Dahulu, goa ini digunakan oleh para wali untuk pertemuan atau membicarakan berbagai hal mengenai Islam dan penyebarannya. Bahkan, di sini juga digunakan untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak. Sekarang, setiap hari Senin atau Selasa pasaran wage, ada upacara syukuran meminta berkah kepada Tuhan.
Mari membahas Goa Cerme lebih detail dan informasi berikut pastinya akan sangat berguna bagi kamu yang berencana datang ke sana. Check it out!

Mengulik Wisata Tour Jogja Religi dan Mistis di Goa Cerme

Berada di ketinggian sekitar 500 mdpl, Goa Cerme tidak hanya menawarkan keindahan salakmit dan stalaktit. Keindahan air terjun dan sungai bawah tanah juga terpapar nyata. Goa ini memiliki panjang 1,5 kilometer. Satu mulut goa berada di Bantul, sedangkan pintu keluarnya di Gunungkidul. Dengan kedalaman sekitar 750 meter, Goa Cerme termasuk goa yang panjang dan dalam. Untuk mencapai dasar gua, pengunjung harus meniti sebanyak 760 anak tangga. Di dalam gua ini, terdapat sarang kelelawar. Ada pula air yang menggenang sekitar 1 hingga 1,5 meter. Sehingga pengunjung harus berhati-hati.

Selain itu banyak peninggalan sejarah di ruangan di dalam gua, di antaranya panggung pertemuan, air suci 9 zam-zam, watu kaji, pelungguhan atau paseban, gamelan kahyangan, Grojogan Sewu, air penguripan, batu hilang, dan lain sebagainya. Ada pula batu padi dan goa yang dulunya terdapat pusaka berbentuk kubah emas. Nah, pada sekitar tahun 1965, pusaka kubah emas itu menghilang secara misterius. Konon, tak sembarang orang bisa mengambil benda pusaka tersebut.

Baca Juga: Paket Tour Jogja 3D2N (Sukarame, Pantai Timang dan Gumuk pasir)

Meskipun menjadi tempat wisata, Goa Cerme masih kental dengan suasana mistis. Jangan heran jika disana nantinya akan ada banyak sesajen dan bau kemenyan yang menyengat atau bisa saja bertemu dengan orang yang sedang bertapa di dalam goa. Tidak usah panik karena hal tersebut sudah biasa dan pemandu tentunya akan membantu kamu.

 

Keseruan menyusuri Goa Cerme via: jejakpiknik.com

Setelah masuk ke dalam Goa Cerme kamu akan disuguhkan dengan keindahan stalaktit dan stalakmit yang menawan. Pilar-pilar yang tersorot lampu senter ataupun headlamp makin menarik jika dilihat lebih dekat. Harus diingat, semua ornamen tersebut melalui proses alami. Jadi ketika menyusuri goa di dalamnya harus menjaga etika untuk tidak menyentuh dinding ornamen karena bisa merusaknya.

Dimana Lokasi Goa Cerme?

Goa Cerme beralamat di Jalan Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi Goa Cerme ini lumayan jauh dengan pusat Kota Yogyakarta.

Cara dan Rute ke Goa Cerme

Meskipun sudah ada teknologi google maps, kamu yang suka berpetualang bisa menempuh Goa Cerme dengan cara naik kendaraan umum. Dari terminal Giwangan kemudian pilih naik angkutan umum rute Jogja-Imogiri-Cerme. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Goa Cerme. Disarankan tiba di lokasi goa saat masih pagi hari karena rute perjalanan susur goa yang panjang dan jangan explore pada saat musim hujan karena debit air akan sangat tinggi. Jika tetap ingin explore Goa Cerme saat musim hujan baiknya cari info dahulu sebelumnya. Tentunya kamu nggak mau datang dengan kecewa bukan?

Arah ke Goa Cerme dari kota Yogyakarta via: Merahputih.com

Jika kamu naik kendaraan pribadi dari kota Yogyakarta ke arah Selatan melewati Terminal Giwangan dan Jalan Imogiri Timur. Selanjutnya bisa mengikuti jalan menuju ke arah Siluk atau Selopamioro. Kemudian melewati jembatan Sungai Oyo Siluk akan menemui persimpangan jalan, pilihlah jalan ke arah kanan. Beberapa meter berselang ada simpangan lagi pilih ke arah kiri atau lurus dengan kondisi jalan naik. Ikuti jalan tersebut hingga ujung atau area parkir wisata Goa Cerme.

Baca Juga: Paket Tour Jogja 3H2M (VW Tour Borobudur dan Gereja Ayam)

Biaya Tiket Masuk dan Parkir Goa Cerme

Untuk memasuki objek wisata ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar 3.000,- per orang. Sedangkan, biaya parkirnya sebesar 2.000,- rupiah untuk motor dan 5.000,- rupiah untuk mobil. Sementara itu, pengunjung juga bisa menyewa headlamp seharga 5.000,- rupiah dan jasa pemandu sebesar 30.000,- rupiah.

Perlengkapan yang Diperlukan

Goa Cerme merupakan salah satu Goa vertikal di Yogyakarta. Tentunya akan lebih mudah pengunjung untuk menyusuri Goa ini. Tidak perlu perlengkapan artifisial seperti di Goa Djomblang. Tetapi yang harus diperhatikan di Goa Cerme adalah beberapa titik memiliki debit air yang lumayan tinggi. Jika musim kemarau bisa mencapai pinggang bahkan sedada orang dewasa. Jika musim hujan bisa lebih tinggi lagi, jadi disarankan saat masuk tetap berkonsultasi dengan pemandu lokal.

Perlengkapan yang diperlukan untuk masuk susur Goa Cerme adalah headlamp bisa menyewa di lokasi, senter pun bisa digunakan jika tidak ingin menyewa, baju ganti karena pasti basah, memakai alas kaki sepatu karena licin dan bebatuan. Sediakan plastik kedap air untuk menyimpan handphone jika dibawa masuk menyusuri goa dan dry bag untuk perlengkapan lainnya seperti baterai kamera, air minum, P3K pribadi dan lain-lainnya.

Perlunya pemakaian helm karena stalaktit banyak yang tajam via: tripilarwisata.com

Fasilitas di Goa Cerme

Fasilitas di destinasi wisata ini sudah lumayan lengkap, di antaranya toilet, pusat informasi, warung, tempat pertemuan, penyewaan headlamp, dan jasa pemandu.

Jika tertarik dan ingin mengunjungi Goa Cerme atau destinasi wisata lainnya di Jogja, segera pesan paket wisata Jogja di campatour.com.

Baca Juga: Paket Tour Jogja 3H2M (Kebun Teh Nglinggo dan Pantai Teras Kaca)

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply