Menikmati Gondola di Pantai Timang
image of 1140x530

Yogyakarta merupakan salah satu Provinsi di Pulau Jawa yang memiliki beragam destinasi wisata. Nah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang kaya akan destinasi wisata pantai adalah di Gunungkidul. Sudah tak asing lagi bukan dengan kabar-kabar pantai cantik dari Gunungkidul, dari yang paling terkenal hingga pantai-pantai baru yang masih perawan. Nah salah satunya adalah pantai Timang.

Lokasi Pantai Timang

Pantai Timang sendiri terletak di kawasan pantai Indah Gunungkidul tepatnya di daerah bagian timur. Berbeda dengan pantai yang berada di kawasan Barat yang memiliki fasilitas lengkap dan akses jalan yang mudah, akses menuju pantai Timang terbilang menantang karena untuk mencapainya anda harus melewati jalan bebatuan yang terjal. Belum ada penerangan sama sekali, sehingga sebaiknya datang ke pantai Timang pagi hari, dan pulang sebelum petang. Medannya juga naik turun melewati bukit, maka sebaiknya mempersiapkan kondisi fisik tubuh dan fisik kendaraan yang prima. Namun sekalinya anda sampai di pantai, semuanya akan terbayarkan dengan indahnya pantai yang tersembunyi di balik bukit ini.

Jarak tempuh lokasi pantai Timang dari Kota Yogyakarta paling tidak membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Sedangkan jarak dari kota Wonosari adalah sekitar 35 km. Dari kota Wonosari, arahnya sama menuju ke pantai Baron, kemudian dari pertigaan Mulo belok ke arah pantai Siung. Kemudian sesampainya di Dakbong, perhatikan plang Pantai Timang. Jalan masuknya merupakan jalan berbatu. Nah dari sini tingga menyusuri jalanan kecil berbatu tersebut sampai menemui pantai Timang.

Destinasi Utama di Pantai Timang

Pantai Timang memiliki keunikan dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul. Di sebrang bibir pantai, anda akan menemukan sebuah bongkahan batu besar dengan atasnya yang datar namun disisinya terdapat tebing-tebing dengan batu yang curam. Batu tersebut diberi nama sebagai pulau Timang. Nah para pengunjung pantai Timang bisa lho untuk sampai ke pulau Timang ini tanpa harus berenang dan memanjat tebing batu ini.

Melihat potensi wisata di panti Timang, penduduk sekitar membangun sebuah gondola. Gondola ini menghubungkan pulau timang dengan pantai Timang. Dari titik yang tingginya sama dengan pulau Timang, dibuatlah jalur gondola. Para wisatawan bisa menyeberang menuju pulau Timang tersebut tanpa harus berenang, cukup menggunakan Gondola ini. Dari setiap ujungnya, sudah terdapat penjaga gondola yang siang menarik gondola agar dapat menyeberangi lautan hingga sampai ke pulau Timang.

Dari ketinggian 9 hingga 11 meter, anda akan menyeberangi lautan di atas gondola. Gondola ini memiliki panjang sekitar 100 meter, sehingga dibutuhkan paling tidak 10 menit untuk melakukan penyeberangan. Namun selain butuh kesabaran, yang paling penting adalah dibutuhkan mental yang kuat. Tarifnya sendiri setiap orang dipatok harga Rp 150.000 untuk pulang pergi. Namun kamu juga bisa hanya berfoto di atas gondola dengan tarif Rp 50.000. Akan tetapi kini sudah dibangun jembatan kayu. Hal ini memudahkan akses para wisatawan yang ingin menyeberang. Akan tetapi tetap saja anda butuh mental karena anda akan melewati lautan sepanjang 100 meter dengan ketinggian 11 meter.

Kawasan pantai Timang ini terbagi menjadi dua lokasi. Lokasi pertama berada di sebelah timur dimana lokasi pantai berada, titik dimana lautan dan pasir pantai bertemu. Di sini lokasi yang cocok untuk bermain air atau beristirahat di pinggir pantai bersamaan kawan anda.

Nah pada bagian barat pantai ini merupakan bukit dengan tebing yang tinggi, dimana tidak terdapat pasir namun tebing tinggi dan curam yang mengarah langsung ke dalam laut. Akan tetapi tebing di daerah barat pantai Timang inilah terdapat gondola yang menghubungkan ke pulau Timang. Untuk mencapainya, anda harus berjalan kaki dari sebelah timur pantai dan sedikit mendaki bukit ini. Jangan khawatir sudah ada jalan setapak yang disiapkan warga untuk memudahkan akses menuju titik penyeberangan.

Jika anda berniat mengunjungi pantai Timang, sebaiknya jangan lupa membawa bekal sendiri. Di sini terdapat beberapa warung namun tidak terlalu banyak dan tidak terlalu lengkap. Bawalah perlengkapan-perlengkapan penting seperti obat-obatan, dan paling penting bekal makanan dan minuman.

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply