Pelepasan 1000 Lampion di Borobudur
image of 1140x530

Siapa yang tak kenal kemegahan Candi Borobudur? Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia dimana pernah menjadi tujuh keajaiban dunia. Sebagai Candi Budha, maka tiap tahun Candi Borobudur selalu digunakan sebagai tempat Perayaan Waisak.

Akan tetapi pada peringatan Hari Raya Waisak tahun 2017 ini ada yang berbeda. Selain menggelar prosesi upacara dengan khusyuk, peringatan Hari Raya Waisak tahun ini juga akan diwarnai dengan pelepasan 1000 lampion di Borobudur. Prosesi pelepasan 1000 lampion di Borobudur berlangsung cukup meriah dan langsung mampu muncul sebagai primadona wisata baru di Jawa Tengah khususnya Candi Borobudur. Lalu apa maksud yang terkandung dibalik pelepasan 1000 lampion di Borobudur?

 

Makna Dibalik Pelepasan 1000 Lampion di Borobudur

Edy Setijono selaku Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko mengatakan kalau dalam prosesi upacara pelepasan 1000 lampion pada Perayaan Waisak terkandung sebuah yang sangat penting. Edy Setijono menyatakan jika dalam setiap pelepasan lampion terkandung sebuah harapan dan doa untuk diri sendiri, keluarga juga bangsa dan negara.

 

Prosesi Pelepasan 1000 Lampion Menjadi Primadona Wisata Baru

Secara garis besar tidak ada perbedaan Perayaan Waisak tahun ini dengan tahun – tahun sebelumnya. Yang membedakan adalah para pengunjung Candi Borobudur sekarang akan dibedakan pada saat prosesi upacara Waisak dan pada saat atraksi pelepasan 1000 lampion di Borobudur. Hal ini semata-mata dengan tujuan untuk menghormati umat Budha yang tengah merayakan Waisak agar dapat menjalankan prosesi upacara dengan khusyuk.

Acara yang baru digagas pada tahun 2017 ini ternyata mendapatkan sambutan yang cukup positif dari para wisatawan. Acara pelepasan 1000 lampion di Borobudur mampu menarik animo para wisatawan untuk berkunjung ke Candi Borobudur.

Banyaknya jumlah lampion yang akan diterbangkan ke angkasa memang akan dapat menciptakan sebuah pemandangan yang cukup indah di atas langit Borobudur. Langit yang berwarna gelap bakal dihiasi dengan ribuan titik – titik cahaya berwarna jingga dari lampion yang dilepaskan. Selain itu pemandangan yang terpampang kian sempurna dengan latar belakang Candi Borobudur.

Acara pelepasan lampion ini tak ayal jadi buruan para wisatawan yang datang ke Borobudur. Setiap orang yang datang ke Borobudur dapat turut serta ikut berpartisipasi dalam acara pelepasan lampion. Namun untuk dapat melepas satu lampion peserta harus memberikan kontribusi sebesar Rp 100.000,-

 

Panduan Berlibur di Borobudur Ketika Waisak

Candi Borobudur masih terbuka untuk umum sepanjang penyelenggaraan acara prosesi ritual upacara Peringatan Waisak oleh umat Budha. Akan tetapi selepas jam 5 sore, Candi Borobudur bakal digunakan untuk beragam acara sehingga akan terjadi pembedaan antara wisatawan dan umat Budha yang akan melakukan ritual peribadatan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga ibadah umat Budha berjalan dengan suasana khusyuk.

Pada malam pelepasan 1000 lampion juga ada pembatasan akses untuk para wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur. Pada saat pelepasan lampion para wisatawan akses masuk naik ke Candi Borobudur tertutup untuk para wisatawan dan pengunjung umum. Prosesi pelepasan 1000 lampion sendiri akan dilaksanakan di Lapangan Gunadarma dengan pengamanan ketat dari pihak Kepolisian. Pihak Kepolisian akan mengerahkan 1.256 personel untuk turun ke lapangan demi menjaga ketertiban selama berlangsungnya perayaan Hari Raya Waisak di Candi Borobudur.

Para wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur untuk mengikuti kemeriahan pelepasan lampion diharapkan menghormati prosesi peribadatan Waisak yang dilakukan oleh Umat Budha dan menggunakan gaya berpakaian yang sopan. Sebagai catatan, para wisatawan yang ingin berkunjung ke Borobudur diharapkan datang sebelum sore hari dikarenakan akses masuk di sekitaran jalan Candi Mendut bakal ditutup sejak siang hari.

Apakah Anda juga penasaran dengan kemeriahan pelepasan lampion di Candi Borobudur saat perayaan Hari Raya Waisak? Simak dan perhatikan jadwalnya baik – baik agar Anda tidak terjebak dalam kemacetan. Anda harus memperhatikan jadwal dari Panitia Pelaksana Upacara Waisak di Borobudur sehingga bisa masuk ke dalam lingkungan Candi Borobudur dan terlibat dalam acara pelepasan 1000 lampion di Borobudur.

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply