Pesona diving di Gorontalo

Dibandingkan dengan provinsi lain, Gorontalo merupakan provinsi yang terbilang baru. Provinsi yang berada di pulau Sulawesi ini resmi diresmikan pada Desember tahun 2000 sebagai. Gorontalo resmi berdiri sebagai provinsi setelah berpisah dengan Sulawesi Utara sebagai provinsi ke 32 dan Kota Manado sebagai ibu kotanya. Dibalik itu semua Gorontalo menyimpan banyak kekayaan alam yang patut dijadikan sebagai destinasi wisata. Salah satu wisata yang dimiliki Gorotalo adalah wisata bahari dimana pastinya memiliki beragam spot diving di Gorontalo yang patut diperhitungkan. Berikut ini beberapa tempat wisata di Gorontalo yang patut anda kunjungi.

Masjid Walima Emas Gorontalo

Masjid Walima Emas di Gorontalo ini merupakan spot destinasi wisata pertama yang harus anda kunjungi. Masjid dengan kubah emas ini merupakan ikon dari Gorontalo. Selain itu arsitekturnya juga sangat ingat. Akan tetapi ada yang lebih menarik yaitu letak masjid ini yaitu berada di perbukitan, tepatnya di Desa Bongo Kecamatan Batuda. Untuk meraihnya anda harus mendaki anak tangga. Tapi percayalah begitu sampai di atas anda akan takjub karena posisi masjid persis menghadap teluk sehingga anda bisa menyaksikan keindahan laut dari ketinggian.

Pulau Cinta

Setelah wisata religi, destinasi selanjutnya adalah destinasi wisata yang romantis di pulau cinta. Di salah satu kabupaten di Gorontalo, tepatnya di Kabupaten Boalemo terdapat pulau-pulau kecil. Menariknya antara pulau-pulau tersebut dibangun pondok-pondok yang berada sedikit menjorok ke laut dari bibir pantai. Untuk mencapainya kita harus melewati dermaga atau jembatan kecil menuju pondok tersebut. Jangan khawatir lokasinya berada di lingkungan laut yang dangkal dengan ombak kecil. Dibawah pondok tersebut anda bisa melihat langsung di dasar laut karena airnya yang jernih.

Pondok-pondok tersebut bisa disewa baik untuk pasangan atau kelompok. Anda bisa menikmati suasana dengan berenang ataupun snorkeling. Namun tidak jauh dari pulau cinta juga terdapat spot diving di Gorontalo .

Desa Wisata Bongo

Setelah seharian anda diving di Gorontalo, tempat yang paling tepat untuk mengisi tenaga anda kembali adalah di desa wisata Bongo ini. Desa yang terletak di kota Gorontalo ini berada di lingkungan yang asri dengan suasana sejuk yang tidak sepanas di dekat pantai. Di sana anda bisa menyewa rumah-rumah kecil yang bisa dihuni beberapa orang. Cocok untuk keluarga. Ditambah lagi bangunan-bangunan rumahnya yang unik menambah sensasi unik.

Pulau Saronde Spot Diving di Gorontalo

Meskipun tidak memiliki pondok romantis layaknya pulau Cinta, Pulau Saronde tetap memiliki pesonanya. Pulau yang berukuran kecil ini berada di dekat Teluk Kwandang di Kabupaten Gorontalo Utara. Namun meskipun kecil, namanya sudah tembus internasional.

Pulau Saronde terkenal dengan kondisinya yang sangat alami dengan kesegarannya. Pasir putih dan air yang tenang menjadi pesona utamanya bagi para wisatawan. Di sini ada beberapa jenis wisata yang bisa anda nikmati seperti berenang, ski air, berselancar, atau bahkan menyelam. Pulau Saronde memiliki beberapa spot diving di Gorontalo yang terbaik. Keindahan biota laut yang tersembunyi akan dapat anda saksikan saat menyelami di bawah lautan. Akses pulau ini juga terbilang mudah. Lokasinya berada di Kota Kwandang, dimana dari kota Gorontalo hanya berjarak 50 km. Nah dari kota Kwandang, perjalanan dilanjutkan dengan kapal yang membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Tidak ada tiket masuk atau semacamnya, anda hanya perlu transport saja untuk mencapai pulau mungil ini.

Pulau Diyonumo

Destinasi terakhir wisata di Gorontalo adalah Pulau Diyonumo. Pulau ini sedang naik daun karena terbilang baru sebagai objek wisata. Lokasinya berada di Gorontalo Utara, tepatnya di Sumalata Timut, di desa Deme. Dari desa Deme, kita harus berlayar sekitar 10 menit untuk mencapai pulau ini. Sudah banyak warga sekitar yang menyewakan perahu mereka yaitu ketinting untuk mengantar ke pulau diyonumo.

Yang menarik di sini adalah pulaunya yang berbukit-bukit. Di atas bukitnya ditumbuhi padang rumput yang melambai-lambai. Anda bisa menjelajahi bukit di pulau ini sembari menikmati keindahan laut di sekitarnya. Namun perlu diingat, karena terbilang baru belum ada terlalu banyak fasilitas umum di pulau ini.

 

 

 

About Author

client-photo-1
Campa Tour & Event

Comments

Leave a Reply